5 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Asuransi KesehatanHealth

Jangan merasa bahwa puasa adalah beban. Sebab, dibalik Manahan hawa  nafsu, lapar, dan haus ada manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci dan mulia. Biasanya dalam bulan ini umat islam diwajibkan berpuasa dan melakukan banyak kebaikan. Meskipun berpuasa menahan lapar dan haus, secara tidak langsung kegiatan ini menimbulkan pengaruh yang baik untuk kesehatan Anda. Ada banyak manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan, berikut ini lima manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan.

Kesehatan Jantung

Jantung termasuk salah satu organ penting yang rentan terkena penyakit. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti banyak orang, sebab bisa berdampak fatal. Namun, dengan berpuasa, jantung Anda akan menerima dampak yang positif. Ketika berpuasa, tubuh kita ternyata melakukan peningkatan kadar High Density Lipoprotein (HDL) dan penurunan Low Density Lipoprotein (LDL). Ternyata hal itu merupakan hal yang sehat bagi jantung dan pembuluh darah.

Sehat Bagi Ginjal

Bukan hanya jantung, ternyata manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan dirasakan juga pada organ tubuh ginjal. Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya apapun yang kita makan dan minum dan berpuasa membuat ginjal semakin sehat. Hal ini dikarenakan fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

Pencegah Diabetes

Salah satu Anda mengidap penyakit diabetes karena kelebihan kadar gula. Namun, dengan berpuasa konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi yang akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol tersebut.

Psikologi yang Tenang

Slain baik untuk organ tubuh, puasa juga bisa memberikan ketenangan dadlam psikis seseorang. Sebab, berpuasa mengharuskan Anda untuk menahan amarah sehingga berdampak baik untuk keadaan psikologis seseorang. Orang tersebut akan menjadi lebih tenang dan secara ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Minimnya adrenalin akan memberikan efek baik dimana hal ini dapat mengurangi risiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke, dan lainnya.

Pola Pikir Tajam dan Kreatif

Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan selanjutnya adalah menajamkan pola pikir dan kreatif.  Secara tidak langsung puasa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan justru membuatnya bekerja lebih tajam. Selain itu ditinjau dari segi insting, masalah rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.

 

Comments are closed.