5 Penyakit dari Gejala Batuk yang Harus Diwaspadai

Asuransi KesehatanFamilyHealth

Batuk yang tak kunjung sembuh bisa sangat menggangu sekali, tapi jangan pernah menyepelakan batuk Anda kalau tidak mau terkena penyakit-penyakit ini!

Jangan pernah menyepelekan bila batuk menyerang Anda. Bila batuk tak kunjung reda selama lebih dari dua minggu meski telah minum obat, jangan pernah menunda untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. Pasalnya, batuk-batuk bisa menjadi salah satu tanda penyakit serius, sehingga tidak bisa dianggap sepele.

5 penyakit ini patut Anda waspadai, bila batuk tak kunjung sembuh.

Baca Juga: Mengobati Batuk Dengan Bahan Herbal

Pertusis

Lebih dikenal dengan batuk rejan, merupakan penyakit menular akibat infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan.

Indikasi gejala awalnya pertusis atau batuk rejan ini yakni pilek, batuk ringan, dan demam. Tapi lama kelamaan batuk ternyata tak kunjung sembuh, batuk menjadi keras dan terus-menerus setelah tarikan napas panjang.

Kanker Paru

Batuk seringkali menjadi gejala yang mudah terdeteksi saat kanker paru muncul. Menurut Jurnal Chest, ada sekitar 60% pasien yang menderita kanker paru-paru mengalami batuk kronis.

Bila batuk tak kunjung reda disertai batuk berdarah, suara jadi serak, lendir berwarna, rasa nyeri saat menelan, nyeri di dada dan berlangsung selama lebih dari dua minggu bisa jadi ada indikasi sakit kanker paru-paru.

Kanker paru-paru sangat rentan menyerang perokok, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk diwaspadai juga bagi yang tidak merokok.

Pneumonia

Gejala awal indikasinya batuk yang terus membandel setelah 10 hari, napas menjadi sulit, dada terasa nyeri, demam, lendir batuk berwarna hijau atau bisa jadi berwarna kekuningan dan batuk terus memburuk pada malam hari.

Hal ini bisa menjadi salah satu gejala umum dari pneumonia. Jika sudah mengalami indikasi gejala seperti tersebut sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter, bila perlu lakukan tes darah dan rontgen dada untuk mengetahui apakah adanya penyakit ini atau tidak.

PPOK

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paru-paru yang paling banyak ditemui. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), sebagian besar banyak dialami oleh perokok.

Batuk kronis pada pagi hari dengan banyak lendir, itu indikasi dan gejala-gejala awal batuk PPOK. Orang yang merokok ataupun mantan perokok patut waspadai PPOK, dan jangan diabaikan untuk penyakit ini Karena bisa menurunkan fungsi paru.

Tuberkulosis

Gejala Tuberkulosis ini bisa batuk-batuk yang tak kunjung reda bahkan terus-menerus, nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, bahkan terkadang sampai batuk darah.

Penyebab Tuberkulosis (TB) adalah kuman tuberkulosis. Kuman tuberkulosis bisa menyebar ke persendian, tulang belakang, otak dan jantung. Tuberkolosis sangat bisa berakibat fatal bila tidak diobati sampai tuntas.

Seseorang yang kekebalan tubuhnya lemah, sangat berisiko terkena tubrkulosis. Cara mengobatinya dengan meminum antibiotik dari resep dokter secara rutin. Jangan sepelekan konsumsi obat antibiotik Karena bisa menyebabkan kuman tuberculosis melawan terhadap antibiotik yang bisa menyebabkan penyembuhan jadi semakin sulit.

Baca Juga: 9 Manfaat Berhenti Merokok

Itu lima penyakit yang dirangsang dan diawali dari gejala batuk, jadi sebaiknya bila Anda sedang batuk-batuk perhatikan gejala-gejalanya. Sebaiknya kalau dalam tiga hari belum reda langsung saja pergi ke dokter.

Menjaga kesehatan itu sangat penting sekali dari kemungkinan ancaman penyakit menyerang, salah satu menjaga kesehatan adalah dengan perlindungan diri pada asuransi kesehatan online yang akan memberikan Anda rasa bebas khawatir, aman, dan nyaman.

Baca Juga: Gejala Bronkitis dan Tuberkulosis

gejala batuk

Leave a Reply