Admedika, Budaya Perusahaan dan Sejarah Perkembangan

Asuransi KesehatanHealth

Mengawali debut pada tahun 2002 kini Admedika telah menjadi perusahaan layanan administrasi asuransi terbesar di Indonesia.

Asuransi kesehatan menjadi salah satu jaminan hidup yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hal itu, menghasilkan berbagai perusahaan asuransi bermunculan dan bersaing mendapatkan perhatian dari calon pengguna asuransi. Seiring dengan berkembangnya perusahaan asuransi, berkembang pula yang disebut dengan Third Party Administrator  atau TPA, salah satunya perusahaan Administrasi Medika.

Admedika hadir sebagai suatu sarana administrasi antara asuransi dan juga jaringan rumah sakit. Keberadaannya tentu mempermudah proses klaim antara perusahaan asuransi, rumah sakit bahkan pengguna asuransi. Dengan inovasi layanan yang memudahkan itulah Administrasi Medika berkembang dengan sangat pesat. Berikut penjelasan mengenai perkembangan dan budaya perusahaan yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Perkembangan Perusahaan Admedika di Indonesia

perusahaan Admedika

Source twiter @AdMedika

Sejarah suatu perusahaan biasanya dapat mencerminkan seberapa berkembangnya bisnis yang sudah dijalani. Dengan menilik sejarah, kekuatan atas keberhasilan bisnis yang telah diraih mampu menjadi dasar integritas bagi sebuah perusahaan. Sejarah berkembangnya perusahaan asuransi administrator ini bisa jadi dasar bagi Anda yang mungkin ingin menjadi salah satu pelanggannya atau bahkan karyawannya.

Berfokus pada layanan administrasi asuransi, Administrasi Medika sudah melayani sejak tahun 2002. Klien yang sudah sangat banyak, tak heran di dalamnya termasuk perusahaan-perusahaan asuransi besar. Berada di bawah naungan PT Administrasi Medika,perusahaan ini kemudian bergabung dengan perusahaan raksasa Telkom Group sejak tahun 2010. Dari situ, Administrasi Medika pun semakin bergaung.

Dengan pelanggan awal sebanyak 1000, kini Administrasi Medika berhasil memegang jutaan pelanggan dibarengi dengan ratusan klien yang ditangani. Bahkan, provider rumah sakit rekanan Admedika telah mencapai angka 4.200 rumah sakit.

Untuk dapat Anda ketahui, perusahaan ini bukanlah perusahaan asuransi, melainkan pihak ketiga dalam usaha mendistribusikan berbagai produk asuransi ke pelanggan. Bahkan, data terbaru di laman web mereka, Administrasi Medika berhasil mengelola 4,3 juta pelanggan. Total 200 klien dari perusahaan asuransi mereka tangani.

Administrasi Medika sendiri berfokus untuk menjadi penyedia solusi kesehatan di Indonesia. Oleh sebab itu, layanan mereka memang berfokus pada distribusi asuransi kesehatan. Perusahaan ini menyebut diri mereka sebagai Third Party Administrator (TPA).

Baca juga: Yuk, Miliki Produk Asuransi Kesehatan Murah dan Terbaik Hanya di Futuready

Tak lupa, berbagai penghargaan pun telah disabet oleh Admedika. Salah satunya adalah penghargaan Indonesia Contact Center Association (ICCA) 2015 sebagai The Best Contact Center Supervisor. Kemudian, mendapatkan penghargaan di ajang The International Business Awards 2017, Marketing Award 2017, dan banyak lagi.

Layanan yang Dimiliki Admedika

Menghadirkan layanan yang inovatif dan memudahkan merupakan hal yang terus dikembangkan oleh Perusahaan asuransi administrator ini. Dengan memadukan sistem offline dan online, berikut beberapa layanan terbaik dari Administrasi Medika.

Layanan Administrasi Admedika

Layanan Administrasi Klaim Asuransi Kesehatan

Layanan ini memberikan keleluasan dan kemudahan bagi pihak perusahaan asuransi. Sebab, manajemen klaim dan urusan administrasi asuransi akan ditangani oleh Administrasi Medika. Termasuk pula urusan rumah sakit rekanan asuransi administrator ini, sehingga pihak perusahaan asuransi tak perlu repot mengurusnya.

Admedika Mobile Health untuk Peserta

Sementara itu, untuk peserta asuransi sendiri, mereka bisa menggunakan layanan Administrasi Medika Mobile Health. Lewat aplikasi MyPersona, peserta asuransi bisa mengakses berbagai kebutuhan asuransi mereka. Misalnya, mereka bisa mencari rumah sakit rekanan Administrasi Medika, melihat benefit, klaim, dan sebagai kartu digital.

Layanan Klaim Berbasis Digital

Layanan yang diberikan oleh Administrasi Medika juga berbasis digital. Dengan demikian, pihak perusahaan pun cukup mudah untuk melakukan pembayaran ke rumah sakit rekanan Admedika.

Budaya Perusahaan

Setiap perusahaan yang maju, pasti memiliki budaya perusahaan yang mencerminkan keprofesionalan dalam melaksanakan fungsi dan sistem di dalamnya. Dengan terus berkembangnya iklim bisnis mengikuti tren global maka sistem dan budaya yang diterapkan sangat penting untuk menentukan arah dan sikap dalam mewujudkan keberhasilan.

Administrasi Medika memiliki keyakinan untuk bias mengembangkan sistem dan budaya sehingga sesuai dengan tuntutan dan perubahan bisnis untuk mewujudkan cita-cita agar perusahaan ini terus maju, dicintai pelanggannya, serta mampu kompetitif di industrinya dan dapat menjadi role model untuk perusahaan lainnya.

Budaya perusahaan Admedika

Sebagai bagian dari Telkom Group, AdMedika mengadaptasi Kode Etik dan Budaya Perusahaan dari Telkom Indonesia sebagai landasan pengelolaan bisnis dan juga sebagai landasan penerapan GCG di perusahaan. Berikut penjelasan tentang landasan yang diterapkan di perusahaan ini:

  • Always the Best adalah sebuah “basic belief” untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan. Always the Best memiliki esensi “Ihsan” yang dalam pengertian ini diterjemahkan “terbaik”. Karyawan yang memiliki spirit Ihsan akan selalu memberikan hasil kerja yang lebih baik dari yang seharusnya, sehingga sikap ihsan secara otomatis akan dilandasi oleh hati yang ikhlas. Ketika setiap aktivitas yang di lakukan adalah bentuk dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Philosophy to be the Best : Philosophy to be the Best menuntut setiap insan Telkom memiliki integritas (Integrity), antusiasme (Enthusiasm), dan totalitas (Totality).
  • Principles to be the Star : Principles to be the Star dari The Telkom Way adalah 3S yakni Solid, Speed, Smart yang sekaligus menjadi Core Values atau Great Spirit.
  • Practices to be the Winner : Practices to be the Winner dari The Telkom Way adalah IFA yakni Imagine, Focus, Action sekaligus sebagai Key Behaviors. Di mana masing-masing poinnya sebagai berikut:

Baca juga: Cashless dan Reimbursement dalam Asuransi Kesehatan

Imagine

  • Berawal dari akhir.
  • Identik dengan visi atau mimpi seorang pemimpin.
  • Mulai dari desireablity (keinginan) bukan fasitility (kebiasaan).

Focus

  • Utamakan yang utama.
  • Tetapkan bukti-bukti kemenangan.
  • Alokasi sumber daya berdasarkan otoritas.

Action

  • Hanya imajinasi dan aksi yang dapat merubah dunia.
  • Visi tanpa aksi itu fantasi, aksi tanpa visi itu sensasi (sesaat).
  • Meraih quick wins.

Didalam kode etik karyawan Telkom Group menyatakan bahwa setiap karyawan senantiasa:

  • Menjunjung tinggi kejujuran dan kewajaran dalam bertindak dan menjalankan tugas.
  • Mengutamakan kepentingan Perusahaan di atas kepentingan pribadi, kelompok atau golongan.
  • Menghormati hak individual dan keragaman sebagai sumber kekuatan Telkom Group.
  • Menjunjung tinggi budaya Perusahaan.
  • Menjaga keamanan aset dan melindungi kerahasiaan informasi Perusahaan.
  • Memberikan kualitas produk dan layanan terbaik kepada pelanggan.
  • Senantiasa mengejar laba dan pertumbuhan usaha dengan tetap mematuhi ketentuan hukum dan etika bisnis.
  • Bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang dijalankan.
  • Menjaga dan meningkatkan reputasi Telkom Group.
  • Peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.

Customer Perceived Value : Empathy – Accurate – Timely

Selain 3S yang menjadi Core Values atau Great Spirit, Administrasi Medika juga menjalankan nilai-nilai layanan yang bernama EAT yakni Empati (Empathy), Akurat (Accurate), Tepat Waktu (Timely).

Nilai-nilai ini dibentuk sebagai bagian dari program Customer Centricity dan Service Excellence untuk menciptakan Customer Perceived Value yang positif dan sebagai panduan seluruh karyawan dalam memberikan pelayanan kepada klien dan peserta Administrasi Medika.

Nilai-nilai layanan EAT dirancang selaras dengan Great Spirit 3S. Dalam penerapan budaya EAT di kegiatan operasional sehari-hari, para karyawan harus bisa menempatkan diri sendiri seakan-akan menjadi klien dan peserta Administrasi Medika sehingga karyawan dapat memberikan standar kualitas layanan yang terbaik. Penjabaran EAT dan korelasinya dengan Great Spirit 3S adalah sebagai berikut:

Empathy (Solid-Speed-Smart)

  • Mengerti dan memahami keinginan pelanggan.
  • Menempatkan diri terhadap apa yang dirasakan pelanggan.
  • Memberikan pelayanan yang dilandasi kepedulian dan kebersamaan.

Accurate (Solid-Smart)

  • Pelayanan yang cerdas dan tepat.
  • Menjaga serta meningkatkan ketelitian dan ketepatan hasil layanan.
  • Memberikan hasil pelayanan sesuai dengan harapan pelanggan ,sasaran dan rencana perusahaan.

Timely (Speed-Smart)

  • Respon yang cepat terhadap permintaan pelanggan.
  • Meningkatkan kecepatan pelayanan untuk kepuasan pelanggan.
  • Selalu memenuhi target waktu yang telah ditetapkan.
  • Berusaha menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu yang ditetapkan.

Baca juga: Penting Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan: Ini Perbandingan Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga dan Individu

Menjadi sarana penghubung antara elemen-elemen kebutuhan asuransi, Administrasi Medika menghadirkan solusi kemudahan dalam pengaplikasian sebuah asuransi kesehatan. Jadi, apakah asuransi yang Anda gunakan termasuk dalam salah satu jaringan Admedika?

Comments are closed.