Asuransi Melahirkan, Jenis, dan Manfaatnya

Asuransi Kesehatan

Berikan perlindungan maksimal untuk orang tercinta dengan pilihan asuransi melahirkan yang tepat.

Selain asuransi kesehatan tak banyak yang tahu bahwa perempuan juga bisa diproteksi dengan asuransi melahirkan. Sayangnya tidak semua perusahaan memberikan layanan ini. Padahal kehamilan dan kelahiran memakan biaya yang tidak sedikit. Ini karena ada faktor resiko yang dihadapi ibu dan janin manakala kelahiran berjalan tidak lancar.

Asuransi melahirkan memberikan bnayak perlindungan, mulai dari pemeriksaan kehamilan, kelahiran sampai pemeriksaan bayi. Ada beberapa jenis asuransi melahirkan yang bisa dipilih dari yang ditawarkan pemerintah dan swasta. Berikut penjelasan selengkapnya.

Jenis Asuransi Melahirkan

Ada dua jenis atau produk asuransi melahirkan yang bisa Anda pilih, yakni yang ditawarkan oleh pemerintah melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan) dan dari perusahaan swasta. Tentu ada beda antara keduanya, simak perbedaannya berikut ini.

BPJS kesehatan, Kebidanan dan Neonatal

Pelayanan ini akan mengcover pemeriksaan kehamilan atau antenatal care, persalinan, pemeriksaan bayi baru lahir, dan pemeriksaan pasca persalinan atau postnatal care (PNC). Namun, ada sejumlah aturan yang harus dipahami ketika memilih BPJS ini, yaitu:

  1. Maksimal pemeriksaan ANC dan PNC yang dicover adalah empat kali. Lebih dari itu masuk dalam biaya kapitasi.
  2. Pemeriksaan ANC dan PNC dilakukan di tempat yang sama, kecuali dalam keadaan darurat. Tujuannya untuk keteraturan pencatatan partograf, monitoring perkembangan kehamilan, dan memudahkan administrasi klaim.
  3. Tarif persalinan merupakan tarif paket termasuk akomodasi ibu/bayi dan perawatan bayi.
  4. Penagihan klaim kebidanan dan neonatal dilakukan oleh fasilitas kesehatan. Pasien tidak boleh ditarik bayar dan tidak ada klaim perorangan dari Peserta ke BPJS Kesehatan.
  5. Tidak ada pembatasan jumlah persalinan atu kelahiran.

Asuransi Persalinan Perusahaan Swasta

Biasanya tiap produk asuransi punya fasilitas perlindungan untuk kehamilan maupun melahirkan. Setidaknya ada dua jenis yang jamak ditawarkan, yakni asuransi murni dan unit link. Di Indonesia baru ada beberapa perusahaan asuransi yang khusus menyediakan produk khusus persalinan. Biasanya, untuk persalinan ini digabungkan dengan produk asuransi kesehatan yang tentu limitnya cukup terbatas.

Manfaat Asuransi Melahirkan

Sebagai gambaran mengapa perempuan harus memiliki asuransi jenis ini, berikut ini manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari produk asuransi melahirkan.

Memberikan Kenyamanan pada Ibu Hamil

Kehamilan bukanlah hal mudah terutama mereka yang hamil beresiko, misalnya hamil kembar, hamil anggur, dan wanita hamil dengan gangguan komplikasi. Pemeriksaan rutin kepada dokter spesialis wajib dilakukan untuk memantau kondisi janin. Adanya jenis asuransi ini, biaya pemeriksaan yang begitu mahal dapat tertutupi sehingga calon orang tua tak perlu pusing memikirkan biaya pemeriksaan yang dikeluarkan tiap bulan bahkan tiap minggu jika mendekatai hari kelahiran.

Fasilitas Medis yang Lebih Baik

Tentunya ini harus disesuaikan dengan jenis atau tingkatan asuransi yang Anda pilih. Biasanya ragam pelayanan yang diberikan akan disesuaikan dengan premi yang diambil. Semakin besar premi semakin lengkap paket yang akan didapat. Nasabah tak perlu khawatir tentang fasilitas media karena dijamin akan mendapatkan yang terbaik.

Meringankan Biaya Persalinan

Sangat jelas bahwa asuransi ini mampu mengurangi beban biaya persalinan, apalagi jika harus ada tindakan operasi. Ibu bersalin harus menjalani sejumlah pemeriksaan, seperti tes darah dan tes kesiapan mental. Ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Keberadaan asuransi khusus melahirkan sangat membantu karena Anda tak perlu menunggu lama untuk bisa melewati semua proses pemeriksaan medis.

Tumbuh kembang bayi yang lebih baik

Dikarenakan beberapa asuransi ini memberikan perlindungan hingga pemeriksaan bayi, maka Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya pemeriksaan rutin yang biasa dilakukan di tiga bulan pertama kelahiran bayi. Saat semua biaya medis tercukupi bayi Anda pun bisa mendapatkan pelayanan prima sehingga dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

Rencanakan Sejak Dini

Ada banyak layanan yang biasanya ditawarkan oleh asuransi khusus melahirkan. Salah satunya adalah menutupi biaya persalinan normal, asuransi untuk melahirkan juga melindungi biaya persalinan dengan pembedahan (caesar), biaya keguguran (yang legal), dan biaya-biaya yang mungkin timbul sebelum dan sesudah melahirkan.

Ada juga yang memberikan perlindungan terhadap komplikasi kehamilan dan perawatan bayi di inkubator. Sebelum memutuskan beli asuransi bandingkan dulu mana yang paling sesuai dan pastikan sudah dibeli sebelum Anda hamil. Hal ini dikarenakan rata-rata produk asuransi ini punya masa tunggu 10-12 bulan. Jadi tidak bisa dibeli saat si pemegang premi sudah hamil.

Sebaiknya ambil premi yang paling tinggi. Sebab Anda tak pernah tahu hal apa yang bisa terjadi selama proses kelahiran. Siapkan biaya persalinan yang meliputi operasi pembedahan (caesar) untuk berjaga-jaga kelahiran harus melibatkan tindakan operasi. Bersiaplah selalu untuk kondisi yang terburuk.

Setelah membandingkan antara satu asuransi dengan lainnya, khususnya tentang manfaat yang ditawarkan saatnya Anda memilih lebih yang terbaik. Sebenarnya ada opti lain yang bisa Anda ambil yakni menabung. Namun tidak semua orang bisa tegas memaksa diri menyisihkan penghasilan.

Menabung tidak melulu berupa uang, logam mulia mialnya juga bisa dijadikan persiapan kalau-kalau membutuhkan dana cepat.Namun, semua kembali lagi kepada Anda lebih nyaman membeli asuransi untuk melahirkan atau menabung sejak jauh hari bahkan saat kehamilan belum jadi bagian dari rencana?

Ingat, persiapkan dana kehamilan dan melahirkan diatas standar, jangan sampai saat melahirkan nanti Anda kekurangan uang dan akhirnya berhutang. Meski sudah ditopang dengan asuransi upayakan untuk tetap memiliki dana darurat di rekening Anda. Dana darurat sangat diperlukan mana kala asuransi tidak bisa mengcover biaya persalinan diatas premi. Bicarakan dengan pasangan mengenai asuransi pilihan dan selamat berbelanja asuransi!

Comments are closed.