Berdasarkan Biaya yang Ditanggung Apa Saja Opsi Penggantian Biaya Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Sebelum Anda menentukan asuransi kesehatan terbaik, perhatikan juga biaya yang ditanggung dan juga opsi penggantian biaya asuransi kesehatan.

Banyak sekali manfaat yang diberikan asuransi kesehatan untuk melindungi diri. Baik saat mengalami kondisi kesehatan yang menurun atau risiko kesehatan lainnya. Ternyata, ada banyak jenis asuransi kesehatan dengan berbagai manfaat di dalamnya. Namun, Anda juga harus mengetahui apa saja opsi penggantian biaya asuransi kesehatan berdasarkan biaya yang ditanggung.

Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Berdasarkan biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi, asuransi kesehatan dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu:

Asuransi Kesehatan dengan Tanggungan Total

Asuransi kesehatan jenis ini biasa nya akan menanggung semua biaya kesehatan tertanggung. Dari mulai biaya rawat inap sampai dengan biaya rawat jalan semua nya akan dicover oleh perusahaan asuransi. Tentunya dengan besaran nilai sesuai dengan kontrak yang tertera pada polis asuransi.

Asuransi Kesehatan dengan Tanggungan Tinggi Saja

Asuransi kesehatan jenis ini  hanya meng-cover biaya perawatan yang dianggap besar saja. Seperti biaya rawat inap, biaya operasi, dll. Untuk biaya – biaya kecil seperti biaya diagnosa, biaya pemeriksaan lanjutan,  nantinya harus dibayar oleh tertanggung secara pribadi.

Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

Berdasarkan pihak yang ditanggung, produk asuransi kesehatan dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:

Produk Asuransi Kesehatan Personal

Produk asuransi kesehatan ini hanya memberikan manfaat perlindungan risiko kesehatan untuk satu orang saja. Hal tersebut berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi nya.

Produk Asuransi Kesehatan Kelompok

Produk asuransi ini dapat memberikan perlindungan risiko kesehatan untuk kelompok tertentu. Jenis asuransi ini biasa nya digunakan oleh perusahaan dan keluarga. Dalam prakteknya, meski pun produk asuransi kesehatan kelompok dapat memberikan perlindungan yang lebih luas. Namun, jika dihitung secara total maka besaran biaya premi yang harus dikeluarkan  cenderung jauh lebih murah.

Penggantian Biaya Asuransi Kesehatan

Saat ini ada dua mekanisme penggantian biaya yang diterapkan oleh perusahaan penyedia produk asuransi kesehatan. Ke dua mekanisme penggantian biaya tersebut adalah sebagai berikut:

Cashless

Mekanisme penggantian biaya cashless biasa nya akan dijalankan secara langsung tanpa perlu menggunakan uang pribadi tertanggung terlebih dahulu. Untuk menggunakan metode penggantian cashless. Pihak tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan asuransi kesehatan yang ia miliki ke pihak rumah sakit. Nantinya, pihak rumah sakit akan mengajukan klaim biaya ke perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

Reimbursment

Dalam mekanisme penggantian biaya reimburshment. Pihak tertanggung nanti nya harus membayar biaya perawatan mereka terlebih dahulu (menggunakan uang pribadi tertanggung). Kemudian baru diganti oleh perusahaan asuransi kesehatan.

Untuk mengajukan klaim penggantian biaya berobat, pihak tertanggung wajib menyertakan berbagai macam dokumen persyaratan dan dokumen bukti dari rumah sakit. Secara keseluruhan mekanisme penggantian biaya cashless cenderung jauh lebih praktis dan juga lebih menguntungkan untuk pihak tertanggung. Sayang nya, mekanisme penggantian biaya cashless hanya dapat digunakan di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi saja.

Sebaliknya, biaya reimbursment dapat digunakan untuk berobat ke semua rumah sakit resmi yang ada di seluruh dunia. Selama Anda dapat melengkapi dokumen persyaratan yang diminta oleh pihak perusahaan asuransi. Seperti biaya perobatan Anda akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Dalam prakteknya, jika jenis asuransi yang Anda gunakan adalah jenis asuransi dengan sistem penggantian cahsless. Maka mau tidak mau, jika ingin biaya pengobatan Anda ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sebaiknya, Anda harus berobat di rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

Jika Anda berobat di rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan perusahaan tempat Anda membeli asuransi. Maka, biaya pengobatan nya harus Anda tanggung sendiri menggunakan uang pribadi Anda. Untuk memudahkan para pengguna produk asuransi. Saat ini beberapa perusahaan asuransi sudah banyak menyediakan produk asuransi dengan sistem penggantian biaya ganda.

Dengan menggunakan jenis asuransi ini,  jika pihak tertanggung berobat di rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Maka, mereka dapat menerapkan sistem penggantian cashless. Namun, jika mereka berobat di rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan perusahaan tempat mereka membeli asuransi. Maka, mereka dapat menerapkan sistem penggantian biaya reimburshment.

Lindungi diri Anda dan masa depan keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga terbaik. Sebelum pasti pilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, cek lalu bandingkan asuransi kesehatan untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik sesuai kebutuhan Anda dengan premi terjangkau di Futuready.com

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

Comments are closed.