Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Asuransi KesehatanHealth

Meskipun hanya terbuat dari air mineral dan dicampuri berbagai macam buah-buahan, infused water memiliki banyak manfaat. Apa saja ya?

Infused water adalah minuman yang terbuat dari campuran air mineral dengan buah dan sayuran segar ini semakin populer dikalangan anak muda. Sebab jenis minuman ini memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak hanya membuat badan lebih segar dan sehat, tapi juga diakui bisa membuat mood seseorang jadi lebih baik.

Perpaduan buah yang biasanya digunakan untuk infused water adalah lemon, mentimun, stroberi, kurma, pakcoy, daun mint, dan sayuran lain yang kaya akan vitamin kompleks. Para pakar kesehatan juga membenarkan jika konsumsi infused water secara rutin dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga: Penyebab Mahalnya Biaya Pengobatan Diabetes

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi, sangat disarankan untuk melindungi finansial Anda dengan asuransi kesehatan. Ada banyak manfaat yang diberikan, seperti biaya rawat inap, pengobatan rawat jalan, dan lain-lainnya. Untuk mendapatkan produk asuransi kesehatan yang aman, Anda bisa kunjungi Futuready dan cari produk yang sesuai Anda butuhkan. Semudah itukan?

Manfaat Infused Water

Berbagai penelitian ilmiah di dunia juga turut menjelaskan bahwa infused water memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita, berikut diantaranya.

Menghidrasi Tubuh Lebih Baik

Tubuh kita membutuhkan air agar tetap terhidrasi. Namun, cairan yang masuk ke dalam tubuh harus mengandung mineral yang berisi elektrolit. Keberadaan elektrolit lah yang menjaga keseimbangan cairan dalam sel. Beberapa elektrolit utama adalah:

  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Sodium

Infused water diketahui kaya akan elektrolit, khususnya yang terbuat dari jeruk dan menntimun yang merupakan sumber elektrolit. Tidak heran lemon dan mentimun menjadi salah satu resep air infus buah paling populer.

Mendukung Metabolisme & Detox Alami

manfaat infused water

Inilah manfaat infused water yang paling populer. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa air minum yang kaya akan elektrolit dapat mendukung metabolisme dan dengan demikian membantu penurunan berat badan.

Telah ditemukan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat memperlambat metabolisme hingga 3%. Jika ingin membakar kalori secara efisien, maka kita harus tetap terhidrasi. Minum dua liter air per hari akan meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 95 kalori.

Minum segelas infused water setiap pagi sebelum mengonsumsi makanan berat diketahui dapat membantu tubuh mengeluarkan racun melalui urin dan feses. Berbagai masalah yang diakibatkan karena “sampah” di dalam tubuh, seperti pusing, mood yang naik turun dan sering cepat lelah, lambat laun akan segera menghilang seiring dengan rutinitas kita mengkonsumsi infused water.

Mengandung Banyak Nutrisi

Di dunia ini ada beberapa vitamin dan mineral tertentu yang larut ke dalam air sehingga kita bisa tetap mendapatkan nutrisinya. Namun, biasanya infused water tidak memberikan semua nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur, hanya yang terlarut saja. Vitamin dan mineral yang dapat larut dalam air adalah:

  • Vitamin C
  • B12
  • B6
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Asam Pantotenat
  • Biotin
  • Asam folat
  • Elektrolit

Baca juga: Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Mengurangi Rasa Lapar

Orang sering tidak bisa membedakan antara kelaparan atau kehausan. Tak pelak mereka yang haus justru malah makan sebanyak-banyaknya. Gejala kehausan, seperti kelelahan dan pusing memang mirip dengan gejala kelaparan. Selanjutnya, seiring bertambahnya usia, kita kehilangan persepsi tentang kehausan. Ini dapat menyebabkan kita salah mengira haus kelaparan dan makan berlebihan.

Danyale McCurdy-McKinnon dari Fit for Healthy Weight Clinic di University of California, Los Angeles merekomendasikan agar kita minum segelas air terlebih dahulu ketika merasa lapar. Jika masih merasa lapar setelahnya, Anda baru benar-benar lapar. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa air yang mengandung rasa buah yang manis dapat menunda lapar seseorang.

Mencegah Penuaan Dini

Mencampurkan air dengan buah dan sayur yang kaya akan antioksidan terbukti dapat mempertahankan elastisitas kulit. Antioksidan dan vitamin c diketahui dapat menghambat penuaan kulit, kedua senyawa tersebut membantu tubuh memproduksi kolagen yang berfungsi mengencangkan kulit.  Konsumsi infused water secara teratur dan padukan dengan kombinasi makanan sehat serta olahraga teratur niscaya kulit Anda akan berkilau setiap hari.

Meningkatkan Mood dan Tingkat Energi

Tahukah Anda bahwa dehidrasi ringan dapat mempengaruhi suasana hati, konsentrasi, dan tingkat energi? Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sekitar 1% dapat secara signifikan menurunkan suasana hati, mengurangi rentang konsentrasi dan menyebabkan sakit kepala (15 Sumber terpercaya, 16 Sumber terpercaya, 17 Sumber terpercaya, 18 Sumber terpercaya).

Satu studi mengamati orang dewasa yang mengonsumsi kurang dari 41 ons (1,2 liter) air per hari. Ketika mereka meningkatkan asupan air hingga 85 oz (2,5 liter) per hari, mereka lebih bahagia, memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih tenang. Jadi meningkatkan asupan air dapat meningkatkan suasana hati dan memberimu lebih banyak energi.

Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

fungsi infused water

Konsumsi buah-buahan dan sayuran dan bahkan jus buah dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin C khususnya telah terbukti bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh ketika dikonsumsi secara teratur. Memang jumlah nutrisi yang akan kita dapatkan dari infus seperti air detox cenderung minimal dan sangat bervariasi. Namun tetap dapat membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalannya.

Cara Membuat Infused Water

Cara membuat infused water sangatlah mudah. Kita hanya memerlukan air matang dan sejumlah buah-buahan, sayuran, serta rempah-rempah. Pilih satu diantaranya yang paling Anda suka.

Buah yang paling direkomendasikan untuk dibuat infused water adalah jeruk, lemon, stroberi, mangga, jeruk nipis. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan menambahkan rempah-rempah atau herbal seperti daun mint, jahe, kayu manis, dan sereh. Namun semakin banyak bahan yang dicampur rasanya akan semakin kuat, aromanya juga akan sangat khas.

Jangan lupa untuk mencuci semua bahan samapi bersih, potong buah, sayur atau rempah ke dalam wadah lalu tuangkan air matang (boleh air panas atau air dingin) ke dalamnya. Rendam buah selama kurang lebih 1 hingga 12 jam di mesin pendingin.

Konsumsi segera setelah Anda keluarkan infused water dari mesin pendingin, karena air ini dapat mengalami pembusukan. Atau keluarkan buah dan sayurnya saja untuk menghindari adanya pembusukan. Namun tetap perhatikan untuk konsumsi infused water kurang dari 3 hari. Sebab lebih dari 3 hari infused water sudah berubah menjadi rumah bakteri.

Kombinasi Infused water Terbaik

Kombinasi Infused Water Terbaik

Dari sekian banyak buah dan sayur yang ada di dunia, ternyata ada perpaduan paling sempurna untuk dijadikan infused water, di antaranya sebagai berikut.

  • Mentimun, stroberi, kemangi
  • Mentimun, kiwi
  • Stroberi, jeruk nipis, mint
  • Stroberi, lemon, kemangi
  • Oranye, blueberry
  • Jeruk, mentimun
  • Jeruk, daun ketumbar
  • Semangka, persik, jahe
  • Mangga, nektarin, mint
  • Blackberry, jeruk nipis, kemangi
  • Rosemary, grapefruit
  • Honeydew, raspberry, jeruk nipis

Itulah beberapa kombinasi buah, sayur dan herbs yang bisa Anda coba di rumah untuk dibuat menjadi infused water. Meski infused water memberikan jutaan manfaat untuk tubuh bukan berarti Anda hanya perlu duduk diam. Tanpa olahraga dan pola makan serta gaya hidup yang baik kondisi kesehatanmu tetap tidak akan berubah.

Baca juga: Cara Tangani Asam Lambung Naik Tanpa Harus ke Dokter

Karena itu mulailah dengan rajin berolahraga 30 menit sehari, kurangi junk food dan perbanyak air putih. Jangan lupa untuk memproteksi diri dengan asuransi kesehatan agar setiap kali sakit Anda tak khawatir dengan biaya yang ditimbulkan.

Comments are closed.