Kapulaga dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Asuransi KesehatanHealth

Dari mulai mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga pencegah kanker alami. Inilah sejumlah manfaat kapulaga untuk kesehatan.

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan masyarakat Indonesia dalam menu olahan masakan. Aromanya yang khas dan menggugah selera makan membuatnya jadi primadona. Selain untuk menambah cita rasa masakan, rempah ini juga sering dijadikan campuran jamu ataupun obat herbal tradisional.

Rempah yang dijuluki grains of paradise atau biji-bijian surga oleh orang Inggris ini, dikenal dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan juga menjaga kesehatan jantung. Melihat segudang manfaat kapulaga ini tak heran jika rempah-rempah ini dibanderol dengan harga mahal.

Baca juga: Penyebab Mahalnya Biaya Pengobatan Diabetes

Selain mengkonsumsi bahan makanan yang baik untuk tubuh, Anda juga disarankan untuk menjaga dan melindungi finansial jika terjadi hal buruk yang tidak diinginkan. Asuransi kesehatan memiliki peranan untuk melindungi hal tersebut. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mencarinya di Futuready karena ada berbagai pilihan produk asuransi dari perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia.

Rempah Asli Indonesia

Kita harus bangga karena tanaman surga ini diketahui berasal dari Indonesia. rempah ini merupakan salah satu jenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman. Rempah ini masuk ke dalam keluarga jahe-jahean, tepatnya genera Elettaria dan Amomum yang berasal dari berbagai negara, yaitu, Bhutan, Bangladesh, Nepal, India, Pakistan, dan tentunya Indonesia.

Rempah ini dikenal dengan berbagai nama. Orang Malaysia menyebutnya kepulaga, puar, atau pelaga. Di Indonesia, namanya pun beraneka ragam, seperti kapulogo (Jawa), kapol (Sunda), kapolagha, palagha (Medan), kapulaga, karkolaka (Bali), kapulaga, garidimong (Sulawesi selatan), pelaga, puwar pelaga (Sumatera), palaga, puwa palago (Minangkabau), kapulaga, kardamunggu (Betawi).

Kapulaga kini menjadi komoditi mahal di pasar internasional. Rempah ini menjadi rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla. Sayangnya meski menjadi tanaman rempah asli Indonesia, negara kita sendiri belum mampu memaksimalkan industri kapulaga dengan baik.

Indonesia justru kalah dari Guatemala yang kini menjadi negara penghasil kapulaga terbesar. Guatemala sendiri mengenal rempah ini ketika tanaman ini dibawah oleh India sebelum Perang Dunia I. Sejak saat itu perkebunan kapulaga terus dikembangan di Guatemala hingga kini.

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

"Manfaat

Sejumlah penelitian di dunia membuktikan bahwa rempah ini memberikan banyak manfaat untuk pengobatan. Berikut beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan:

Antimikroba

Minyak dari biji kapulaga dapat membunuh bakteri dan jamur. Satu studi menemukan bahwa minyak atsiri rempah ini efektif dalam membunuh beberapa jenis bakteri dan jamur. Para peneliti menilai kandungan antibakteri minyak atsiri dapat merusak membran sel bakteri tertentu.

Minyak atsiri kapulaga menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap hampir semua mikroorganisme dalam penelitian, sementara penelitian lain menyimpulkan bahwa minyak ini dapat menjadi komponen dalam obat antimikroba baru. Namun, orang tidak boleh mengonsumsi minyak esensial rempah ini tanpa resep dokter. Sebab penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan efek samping.

Sindrom Metabolik dan Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rempah ini dapat membantu mengatasi sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kondisi abnormal tubuh yang menyebabkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Itu termasuk:
• kegemukan
• gula darah tinggi
• hipertensi
• trigliserida tinggi
• kolesterol Tinggi
• kadar kolesterol “baik” yang rendah

Membantu Masalah Pencernaan

Fungsi kapulaga

Source idntimes

Kapulaga telah digunakan selama ribuan tahun untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Seringkali dicampur dengan rempah-rempah obat lain untuk menghilangkan rasa tidak nyaman, mual dan muntah. Rempah ini juga ditengarai dapat menyembuhkan bisul.

Kesehatan Jantung

Sifat antioksidannya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Rempah ini juga mengandung serat, nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Bumbu ini juga dapat menurunkan kadar tekanan darah – dan ini menguntungkan jantung. Bahkan kapulaga hitam dinilai punya manfaat tambahan untuk kesehatan jantung.

Pencegahan Kanker

Kapulaga telah menunjukkan potensinya sebagai pengobatan kanker alami. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa rempah-rempah dapat digunakan untuk mencegah, menunda, dan bahkan membalikkan pembentukan kanker. Rempah ini juga mengurangi peradangan umum yang menghambat pertumbuhan sel kanker dan mendorong kematian mereka. Studi lainnya menyatakan bahwa kapulaga memiliki potensi untuk mengobati kanker perut.

Baca juga: Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Pernafasan dan Aliran Oksigen

Senyawa dalam rempah ini dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru dan meningkatkan pernapasan. Ketika digunakan dalam aromaterapi, kapulaga dapat memberikan aroma yang menyegarkan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen secara maksimal.

Menurunkan Tingkat Tekanan Darah

Menurut sebuah penelitian di India, rempah ini secara efektif menurunkan tekanan darah. Anda bisa dengan mudah memasukkan kapulaga ke dalam sup dan semur atau bahkan makanan yang dipanggang untuk menjaga kadar tekanan darah tetap terkendali.

Membantu Mengobati Sakit Tenggorokan

Campuran kapulaga, kayu manis, dan lada hitam dapat bekerja luar biasa untuk mengobati sakit tenggorokan. Sementara kapulaga menenangkan sakit tenggorokan dan mengurangi iritasi, kayu manis menawarkan perlindungan antibakteri.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Kapulaga untuk kesehatan

Source BeritaBeta.com

Kapulaga memiliki sifat antimikroba yang meningkatkan kesehatan mulut. Menurut European Journal of General Dentistry, rempah ini dapat melindungi tubuh terhadap patogen oral seperti Streptococci mutans. Rasa rempah ini yang tajam bahkan merangsang aliran salivanya dan ini dapat membantu mencegah karies gigi. Kapulaga juga dapat bekerja dengan baik dalam mengobati bau mulut. Terutama ketika Anda mengambil campuran rempah-rempah, termasuk biji adas manis, kapulaga, dan adas – bau mulut tidak akan menjadi masalah lagi.

Membantu Melawan Depresi

Menurut laporan kesehatan, rempah ini memang bisa membantu orang mengatasi depresi. Cukup tumbuk beberapa bijirempah ini dan rebus dalam air bersama dengan teh sehari-hari yang Anda minum. Minumlah teh secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

Kesehatan Hati

Dalam pengobatan Ayurvedic, orang menggunakan rempah ini untuk sifat detoksifikasi. Meskipun ada kurangnya bukti ilmiah untuk mengkonfirmasi manfaat ini, kapulaga dinilai dapat menghilangkan racun dari tubuh.

Nah itu dia manfaat kapulaga untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. Memanfaatkan rempah-rempah bisa menjadi alternatif untuk pengobatan jika Anda tidak menginginkan pengobatan secara medis. Tapi tetap hati-hati dalam menggunakannya ya!

Baca juga: Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi kapulaga secara rutin memang dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Namun itu saja tidak cukup, jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat baik fisik maupun psikis imbangi dengan olahraga teratur, konsumsi makanan bergizi dan hindari makanan instan. Karena sakit sering tak bisa diprediksi datangnya memiliki asuransi kesehatan jadi hal wajib.

Comments are closed.