Manfaat Jambu Monyet yang Belum Anda Tahu

Asuransi KesehatanHealth

Di balik rasanya yang sepat jambu monyet menyimpan segudang manfaat. Mulai dari Stroke, serangan jantung hingga kanker adalah salah satu manfaat jambu monyet jika dikonsumsi rutin.

Jambu monyet yang dalam bahasa latin disebut Anacardium Occidentale merupakan jenis buah asli hutan Amazon Brasil. Spesies tanaman yang satu ini berhasil menyebar ke seluruh dunia, setelah para penjelajah portugis mengembangbiakan tanaman ini. Tidak seperti jambu lain yang terasa manis, jambu monyet malah punya rasa sepat tak enak dilidah. Tapi dibalik sepatnya manfaat jambu bonyet ternyata sangat banyak.

Malai dari stroke, serangan jantung kanker dan bahkan dapat digunakan menurunkan darah. Tak heran jika kini banyak pengobatan berbagai penyakit yang melibatkan tanaman ini dalam prosesnya. Lantas apa saja manfaat jambu monyet untuk kesehatan manusia?

manfaat buah jambu monyet

Manfaat Jambu Monyet

Sumber Vitamin dan Mineral Penting

Jambu monyet diberkahi dengan kandungan nutrisi sangat lengkap, mulai dari karbohidrat, gula, serat, lemak bahkan protein. Tak heran jika buah yang satu ini jadi incaran konsumen bahkan menjadi buah unggulan untuk di ekspor. Mengonsumsinya sekali dalam sehari dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh, sehingga dapat lebih berenergi tanpa harus mengonsumsi banyak gula atau karbohidrat.

Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan magensium didalam jambu monyet berperan penting dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah, menjaganya tetap stabil sehingga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke dan juga aterosklerosis. Bila Anda memiliki masalah dengan kadar gula darah yang tinggi, cobalah rutin mengonsumsi jambu monyet dan petik manfaatnya.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Penangkal Radikal Bebas

Ternyata jambu monyet mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini berperan penting mendorong tubuh mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. Radikal bebas sendiri bisa timbul dari mana saja, mulai dari asap rokok, sinar UV sampai polusi kendaraan. Adalah kandungan Vitamin E dan Vitamin K yang memberikan khasiat jambu monyet begitu besar.

kegunaan buah jambu monyet

Pencegah Anemia

Meskipun jambu monyet mampu menurukan tekanan darah dengan signifikan. Namun buah ini juga punya manfaat mencegah anemia yang artinya dapat mempertahankan tingkat hemoglobin atau sela darah merah dalam tubuh agar tetap seimbang. Hemoglobin yang rendah akan menyebabkan penderitanya mengalami anemia. Zat besi yang terkandung dalam jambu monyet dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia.

Mempercantik Kulit dan Rambut

Bagi para wanita kulit dan rambut adalah harta paling berharga. Menjaga keduanya bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi jambu monyet. Kandungan selenium, zinc, zat besi, fosfor, dan magnesium didalamnya sangat penting untuk merawat kulit sehat. Kandungan vitamin Cnya juga membantu kulit mempertahankan kolagen dan elastin sehingga kulit jadi sehat, halus, dan bersih.

Sementara bagian rambut akan mendapatkan nutrisi karena jambu yang satu ini disebut mengandung copper yang mampu merawat kecantikan rambut. Anda akan memiliki rambut sehat, tidak rontok dan berkilau. Itulah beberapa khasiat jambu monyet untuk kesehatan kita. Lalu apa saja kandungan lengkap jambu yang satu ini hingga mampu memberikan segudang khasiat bagi tubuh?

Baca juga: Buang Racun Tubuh dengan Jus Buah

Kandungan Gizi Buah Jambu Monyet

Pada satu buah jambu monyet dengan berat 100gram, berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya:

Kalori                    73 kkl

Protein                 4,6 gram

Lemak                   0,5 gram

Hidrat arang    16,3 gram

Kalsium                33 miligram

Fosfor                   64 miligram

Zat Besi                8,9 miligram

Air                          78 gram

Vitamin A            2.689 SI

Vitamin C            65 gram

Selain buahnya, ternyata batang dan daun jambu monyet juga penuh khasiat. Berikut beberapa khasiat jambu monyet pada bagian batang dan daunnya yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati sejumlah penyakit:

  • Kulit Kayu: engandung tannin, zat samak, asam galat dan gingkol katekin.
  • Daun: mengandung tannin-galat, flavonol, asam anakardiol, asam elegat, senyawa fenol, kardol, dan metal kardol.
  • Buah: mengandung protein, lemak, vitamin (A,B dan C), kalsium, fosfor, besi, dan belerang.
  • Pericarp: mengandung zat samak, asam anakardat, dan asam elegat.
  • Biji: mengandung 40-45 % minyak dan 21% protein.
  • Minyak: mengandung asam oleat, asam linoleat, dan vitamin E.
  • Getah: mengandung furfural.

Khasiat Kacang Mede

kacang mede jambu monyet

Buah ini adalah tumbuhan yang cukup unik. Karena selain menghasilkan buah jenis tanaman suku Anacardiaceae tersebut juga membuahkan jenis kacang, meski begitu para ahli tidak mengelompokannya dalam keluarga kacang-kacangan. Kacang mede, inilah jenis kacang yang dihasilkan dari buah jambu monyet.

Berada ditengah bagian buah, kacang mede ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Bahkan para ahli sering merekomendasikannya sebagai camilan sehat. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam kacang mede adalah sebagai berikut:

Makronutrien

Pada satu gram mete mengandung protein sebanyak 4,3 gram. Didalamya terdapat sumber asam amino, lemak sehat sebesar 13 gram yang dapat menyuplai kebutuhan energi orang dewasa bahkan ibu hamil. Makronutrien ini pulalah yang berfungsi menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah dan melawan penyakit jantung. Setiap ons kacang mete juga mengandung 9 gram karbohidrat termasuk satu gram serat diet.

Zat Besi

Sama seperti pada bagian buahnya, kacang mede juga punya kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi ini membantu tubuh memproduksi hemoglobin didalam darah, sehingga dapat mencegah anemia dan berbagai penyakit lain yang diakibatkan karena kurangnya sel darah merah didalam tubuh. Bagi Anda yang sering mengalami tekanan darah rendah sangat direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi olahan jambu mede.

Tinggi Vitamin K

Kacang mete merupakan salah satu sumber vitamin K terbaiik, karena mengandung 9,8 mcg per ons, dengan 90 mcg yang harus dikonsumsi setiap hari jika sedang hamil. Ibu hamil sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi vitamin K karena dapat mengurangi resiko perdarahan janin terutama pada saat melahirkan.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Buah-Buahan dan Sayuran Berwarna Orange

Tembaga

Tembaga juga menjadi salah satu mineral yang memberikan peran penting pada kesehatan darah, sistem saraf dan jantung. Konsumsi satu miligram tembaga dalam menu makanan setiap hari dapat menyokong kesehatan jantung dan saraf Anda.

Jambu monyet memang memberikan berjuta manfaat untuk tubuh, namun jika tidak dikonsumsi dengan bijak justru dapat menimbulkan efek samping yang buruk. Ada beberapa racun yang diketahui terkandung dalam buah ini, berikut diantaranya:

  • Mengandung tannin, yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.
  • Kulit buahnya dapat menyebabkan dermatitis atau penyakit kulit.
  • Mengandung minyak acayu, 40-50 % tannin beracun dan asam anakardia yang menyebabkan kulit terbakar atau menggelembung. Beberapa kasus juga menunjukkan bibir melepuh dan gatal ketika memecah cangkang kacang mete menggunkan gigi.

Itulah manfaat-manfaat dari buah jambu monyet yang mungkin banyak belum diketahui masyarakat Indonesia Menjaga kesehatan tubuh dan mengatur pola hidup menjadi lebih baik wajib dilakukan jika Anda ingin tetap sehat. Namun, selain usaha tersebut, Anda juga butuh perlindungan untuk kesehatan Anda. Asuransi kesehatan menjadi jawaban yang tepat sebagai pelindung Anda. Meskipun orang di dunia ini tidak ada yang ingin sakit, tetapi mencegah dan melindungi diri jika hal tersebut terjadi menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Comments are closed.