Sebelum Beli Asuransi Kesehatan Terbaik Ini yang Harus Diperhatikan

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan perlindungan yang tepat bagi diri dan keluarga, jadi pastikan dahulu sebelu beli asuransi kesehatan untuk memerhatikan hal-hal berikut ini.

Asuransi kesehatan saat ini telah banyak tersedia berbagai macam pilihan, dari mulai rawat jalan, rawat inap dan fasilitas unggulan lainnya. Bahkan ada beberapa produk asuransi kesehatan yang juga menyediakan layanan untuk jaminan biaya persalinan. Namun, banyak sekali hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menentukan asuransi kesehatan terbaik. Untuk itu, ini berbagai pertimbangan bagi Anda sebelum beli asuransi kesehatan.

Sistem Pembayaran Non Tunai

Sistem pembayaran non tunai akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan klaim asuransi. Kapan pun Anda masuk (dirawat di) rumah sakit, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai sama sekali. Cukup dengan menggesek kartu asuransi Anda saja.

Hal ini berbeda dengan sistem klaim asuransi reimbursement yang mana Anda nanti nya harus menalangi biaya pengobatan Anda terlebih dahulu. Kemudian baru mengajukan penggantian ke perusahaan asuransi.

Sayangnya, sistem klaim asuransi dengan metode cashless hanya bisa digunakan di rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi saja. Jadi, jika rumah sakit tempat Anda berobat tidak menjalin kerja sama dengan perusahaan tempat Anda membeli asuransi kesehatan. Maka, mau tidak mau Anda harus menalangi biayanya terlebih dahulu untuk kemudian menyelesaikannya dengan sistem reimbursement.

Menyesuaikan Premi Dengan Kebutuhan

Jika premi yang Anda bayarkan kecil, maka secara otomatis nilai pertanggungan asuransi yang akan Anda dapatkan pun juga akan kecil. Jika sewaktu – waktu Anda harus dirawat inap di rumah sakit dalam waktu yang lama.  Mau tidak mau Anda harus menanggung biaya yang tidak tercover oleh plafond asuransi Anda.

Nah agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus merencanakan semua nya dengan matang. Buat perhitungan besaran plafond yang Anda butuhkan, lalu bicarakan ke perusahaan asuransi yang ingin Anda gunakan. Selain itu, jangan lupa pula untuk turut menyesuaikan besaran premi dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai hanya karena ingin mendapatkan asuransi dengan nilai tanggungan tinggi Anda jadi melupakan kesehatan finansial Anda.

Meski pun hal ini terlihat sepele, dalam prakteknya menentukan batas besaran premi yang harus Anda bayarkan setiap bulan tidaklah mudah. Dalam menentukan kamar misalnya, Anda mungkin akan memilih kamar yang bagus dan nyaman. Sehingga memilih produk asuransi berpremi mahal.

Namun kembali lagi, asuransi kesehatan terbaik adalah asuransi kesehatan yang sesuai dengan “kebutuhan dan kemampuan” Anda.

Tanpa Limit

Setiap asuransi kesehatan semua nya memiliki limit atau pun plafond yang terbatas. Namun begitu dalam prakteknya, ada dua jenis limit yang berlaku pada produk asuransi. Yaitu limit pertanggungan total dan limit per perawatan.

Dari ke dua jenis limit tersebut, jenis limit pertanggungan total cenderung akan lebih menguntungkan untuk pihak tertanggung. Kenapa lebih menguntungkan? Karena jika nantinya tertanggung mengalami penyakit tertentu yang mengharuskan ia membayar biaya perawatan yang besar. Maka biaya perawatan nya akan bisa ter-cover oleh plafond asuransi.

Hal ini berbeda dengan sistem limit per perawatan. Jenis limit ini akan membatasi biaya operasi sebesar 10 juta per tahun, biaya rawat inap sebesar 20 juta per tahun, biaya konsultasi sebesar 10 juta per tahun.

Nah, jika nantinya Anda mengalami penyakit tertentu dan harus dirawat inap di rumah sakit dengan biaya rawat inap lebih dari 20 juta. Anda harus menanggung sendiri biaya sisanya.

Maka dari itu, sebisa mungkin pilihlah produk asuransi kesehatan yang tidak menerapkan sistem limit per perawatan.

Rawat Inap

Biaya kesehatan normal nya mencakup dua jenis biaya, yaitu biaya rawat inap dan biaya rawat jalan. Karena biaya rawat inap cenderung lebih besar, maka prioritaskan lah produk asuransi yang memiliki nilai pertanggungan rawat inap yang besar.

Jika nanti nya Anda memiliki uang lebih, Anda tinggal membeli tambahan asuransi rawat jalan saja. Sehingga pertanggungan asuransi yang Anda miliki akan menjadi lebih lengkap.

Perhatikan Masa Tunggu Penyakit

Beberapa produk asuransi kesehatan yang ada pada saat ini memberlakukan sistem masa tunggu penyakit. Sistem ini mengharuskan pihak tertanggung untuk menunggu selama kurun waktu tertentu. Sebelum akhirnya, ia dapat mengajukan klaim biaya untuk pengobatan penyakit tersebut.

Asuransi Kesehatan Murni

Jika memungkinkan sebisa mungkin pilih lah jenis asuransi kesehatan yang berdiri sendiri alias asuransi kesehatan murni. Selain itu, hindari pula jenis asuransi jiwa unit-link. Kenapa? Karena produk asuransi kesehatan murni cenderung memiliki biaya premi yang lebih murah dibandingkan produk asuransi jiwa unit-link.

Alasannya cukup jelas. Di asuransi jiwa unit-link, premi asuransi yang Anda bayarkan nanti nya akan dibagi menjadi tiga, yaitu untuk asuransi jiwa, untuk investasi dan untuk asuransi kesehatan. Dampak nya, porsi biaya premi untuk asuransi kesehatan menjadi lebih kecil. Jika

Anda ingin mendapatkan plafond yang tinggi, maka secara otomatis mau tidak mau Anda harus membayar biaya premi yang jauh lebih mahal.

Di lain sisi, ketika Anda membeli jenis asuransi jiwa unit-link. Secara otomatis Anda akan dikenai dengan berbagai macam potongan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Hasil nya, porsi biaya premi yang ditujukan untuk asuransi kesehatan pun akhir nya menjadi semakin kecil.

Hal ini jauh berbeda dengan sistem asuransi kesehatan murni yang mana seluruh preminya ditujukan secara full untuk asuransi kesehatan. Selain itu, biaya potongan yang dibebankan untuk asuransi kesehatan murni juga cenderung lebih murah.

Opsi Pembayaran Banyak

Asuransi kesehatan terbaik sudah sepatutnya mudah untuk diakses oleh pengguna. Kemudahan ini harus mencakup semua yang berkaitan dengan produk asuransi tersebut, termasuk salah satu nya adalah opsi pembayaran.

Sebisa mungkin pilih lah produk asuransi kesehatan yang menawarkan kemudahan dalam proses pembayaran. Namun begitu, Anda juga harus waspada, terutama jika Anda ingin menggunakan sistem pembayaran dengan sistem auto debit menggunakan kartu kredit.

Pasalnya, dalam beberapa kasus ditemukan kejadian dimana premi bulanan masih tetap ditarik meski pun pihak tertanggung sudah berhenti berlangganan. Atau bisa jadi sudah melakukan pembayaran melalui mekanisme pembayaran yang lainnya.

Walau dalam prakteknya nanti hal seperti ini relatif mudah untuk diselesaikan, tapi dalam prosesnya  akan memakan banyak waktu tenaga.

Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Mayoritas perusahaan asuransi yang di Indonesia adalah perusahaan asuransi besar yang cukup mendunia. Sayang nya nama besar dan jangkauan operasional yang sudah mendunia tidak bisa dijadikan sebagai patokan kredibilitas perusahaan tersebut.

Nyatanya, saat ini ada banyak rumah sakit yang menolak pembayaran menggunakan metode cashless dari perusahaan asuransi tertentu. Dengan alasan sulitnya pengajuan klaim, padahal perusahaan asuransi tersebut adalah perusahaan asuransi yang cukup besar.

Nah, maka dari itu, sebisa mungkin pilih lah produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi yang benar – benar kredibel. Bertanya dan berdiskusi dengan orang yang sudah pernah menggunakan produk asuransi kesehatan. Hal tersebut mungkin akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam memilih perusahaan asuransi yang kredibel.

Memiliki Aturan Jelas

Asuransi kesehatan terbaik sudah semestinya memiliki aturan dan prosedur yang jelas. Dalam hal ini, perusahaan asuransi sudah sepatutnya menjabarkan secara rinci. Setiap hal yang terkait dengan produk asuransi kesehatan yang mereka terbitkan.

Jangan sampai ketika Anda mengajukan klaim asuransi perusahaan penerbit asuransi tersebut menolak klaim Anda. Dengan berbagai alasan prosedur dan persyaratan yang tidak terpenuhi.

Maka dari itu, sebisa mungkin beli lah produk asuransi yang memiliki aturan dan prosedur yang jelas. Jika masih kurang jelas, jangan sungkan untuk bertanya ke tim perusahaan asuransi mengenai semua aturan dan prosedur yang berlaku tersebut.

Lindungi diri Anda dan masa depan keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga terbaik. Sebelum pasti pilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, cek lalu bandingkan asuransi kesehatan untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik sesuai kebutuhan Anda dengan premi terjangkau di Futuready.com

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.