Sejahterakan Hari Tua Anda dengan Menabung Dana Pensiun Sejak Dini

Asuransi

Memiliki hidup sejahtera di hari tua merupakan idaman semua orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menabung khusus untuk dana pensiun mulai saat ini.

Salah satu tujuan setiap orang bekerja adalah untuk mendapatkan kehidupan yang mapan dan sejahtera hingga tua nanti. Biasanya orang mulai pensiun di usia 60 tahun dan di usia menjelang pensiun barulah mereka mulai memikirkan dana pensiun untuk masa tuanya. Padahal, cara ini tentu sangat salah besar. Memang, Anda tetap bisa menabung dana pensiun, tetapi pasti dana yang terkumpul hanya sedikit. Berbeda jika Anda menabungnya sejak memasuki dunia kerja.

Mungkin Anda tidak akan terlalu memikirkan dana pensiun jika bekerja di perusahaan atau lembaga yang memberikan dana pensiun saat usia senja. Meski demikian, bukan berarti Anda yang tidak bekerja di tempat seperti itu, akan hidup sengsara di hari tua. Banyak lho, cara yang bisa dilakukan untuk menjamin kesejahteraan hari tua salah satunya dengan menabung dana pensiun sendiri. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

Cara Menabung Dana Pensiun

Mulai Sedini Mungkin

Kalau Anda tak memulai sedini mungkin, Anda tidak akan bisa mengumpulkan cukup uang untuk menjalani kehidupan di masa depan. Ingatlah, nilai mata uang akan terus meningkat sehingga bisa jadi Anda membutuhkan dana yang cukup besar untuk kehidupan di masa depan. Setiap bulan, pastikan sisihkan sekitar 10 persen dari penghasilan untuk dijadikan dana pensiun mandiri.

Kurangi Pengeluaran Belanja

Mapan secara finansial biasanya membuat Anda gila belanja. Belanja besar sekali-sekali tidak apa-apa. Namun pikirkan juga tabungan untuk hari tua. Kurangi intensitas belanja terutama belanja barang mewah yang sebenarnya tidak begitu Anda perlukan. Kurangi pergi ke mal di waktu luang dan ganti dengan aktivitas lain. Jika ingin belanja pun bawa uang tunai seperlunya saat belanja agar Anda tidak kalap. Lebih baik uangnya ditabung daripada dihambur-hamburkan untuk hal yang tdak berguna bukan? Dengan begitu, Anda bisa menyisihkan uang lebih untuk ditabung.

Disiplinkan Diri Sendiri

Agar memperoleh dana pensiun yang cukup besar, Anda membutuhkan komitmen dan kedisiplinan serta tekad yang besar untuk memastikan bahwa kehidupan Anda di masa tua akan sejahtera seperti saat ini. Menjadikan diri sendiri disiplin untuk urusan menabung sangatlah mudah, contohnya Anda bisa membuat tanggal jatuh tempo setiap bulannya, yang mengharuskan Anda untuk menabung di tanggal tertentu. Pilihlah cara menabung yang memudahkan Anda untuk melakukannya, misalnya dengan meminta kantor langsung mengirimkan sebagian gaji ke rekening lain yang menjadi tabungan Anda.

Lakukan Investasi

Berinvestasi menjadi salah satu cara terbaik untuk memperoleh dana pensiun yang cukup besar. Sudah banyak sekali cara investasi yang bisa dipilih dan tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Melakukan investasi pasti untuk meraih keuntungan, kan? Oleh karena itu, pilih investasi yang memberikan keuntungan maksimal namun juga memiliki risiko rendah. Investasi properti dan asuransi menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda coba.

Ketahui Kebutuhan Anda Setelah Pensiun

Anda perlu memikirkan kebutuhan apa saja yang perlu Anda penuhi setelah pensiun. Ini tentu akan berpengaruh pada besarnya tabungan untuk dana pensiun nantinya. Cobalah membuat daftar kebutuhan apa saja kemudian perkirakan berapa banyak dana yang perlu dipersiapkan. Jadi, setidaknya Anda sudah memiliki gambaran seberapa besar dana yang harus terkumpul untuk mensejahterakan kehidupan di hari tua nanti.

Mempercepat Pembayaran KPR

Jika Anda memiliki tunjangan ketika menginjak waktu pensiun, seperti KPR contonya, Anda perlu mempercepat pembayaran KPR supaya tenang di hari tua nanti. Untuk itu, beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Ini bisa dengan cara menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Jika biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok. Dengan demikian, Anda akan merasa beban Anda berkurang dan tabungan Anda lebih efektif terkumpul.

Membayar Utang

Cobalah mencicil hingga utang Anda terbayar semua. Jangan sampai ketika Anda pensiun nanti, masih menyisihkan utang-utang yang malah akan menjadi beban kehidupan Anda di hari tua. Utang akan mengganggu fokus Anda dalam menabung. Jika utang Anda terbilang banyak, cobalah mencicilnya. Paksakan diri Anda untuk melunasinya secara teratur dan disiplin hingga kondisi keuangan Anda lebih stabil.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Memanfaatkan Tunjangan Perusahaan

Tunjangan perusahaan bisa Anda manfaatkan. Tunjangan ini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Supaya Anda mampu memaksimalkan fasilitas ini, cobalah dengan bertanya fasilitas apa yang bisa Anda dapat ketika nanti pensiun. Dengan begini, tabungan dana pensiun Anda untuk kebutuhan lain tentu lebih efektif.

Sebenarnya, untuk menyisihkan dana pensiun dengan menabung di usia dini tidaklah sulit. Bahkan cara ini bisa menjadi acuan Anda untuk semakin disiplin lagi dalam mengelolah keuangan. Apalagi saat ini pemerintah sudah memiliki program Jaminan Hari Tua yang bisa menjadi solusi Anda untuk mensejahterakan hidup di hari tua.

Anda bisa memanfaatkan program Jaminan Hari Tua ini juga sebagai opsi mengumpulkan dana pensiun untuk Anda. Agar di masa depan, Anda bisa tetap merasakan kehidupan yang berkecukupan bersama seluruh anggota keluarga tercinta. Tak salah jika Anda menerapkan hal ini juga kepada seluruh keluarga. Dengan kebersamaan ini nantinya Anda dan keluarga juga bisa le bibh banyak mengumpulkan dana untuk bisa digunakan di masa mendatang.

Satu hal terpenting, sesuaikan semuanya dengan kebutuhan Anda dan keluarga, ya!

Comments are closed.