Selain Tak Memiliki Asuransi Perjalanan, Ini 5 Kesalahan Traveler Saat Perjalanan ke Luar Negeri

Asuransi

Meski sudah merencanakan dan menyiapkan segala kebutuhan untuk liburan, masih ada beberapa wisatawan yang melakukan kesalahan saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Selain tidak memiliki asuransi perjalanan, inilah 5 kesalahan lain yang sering dilakukan wisatawan saat pergi ke luar negeri.

Libur lebaran ke luar negeri mungkin menjadi impian Anda saat ini. Tak terasa musim libur panjang pasca lebaran semakin dekat. Tentunya Anda sudah merencanakan perjalanan dengan matang mulai dari tiket pesawat, penginapan, dan transportasi. Tapi tahukan Anda, banyak wisatawan yang sering melakukan kesalahan saat mereka liburan ke luar negeri? Tak jarang, kesalahan yang dilakukan membuat bangkrut di akhir liburan.

Ada banyak penyebab kesalahan itu terjadi diantaranya lupa menyiapkan asuransi perjalanan. Yuk kenali kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para wisatawan saat berlibur ke luar negeri dan cari tahu bagaimana cara mengatasi kesalahan tersebut bila Anda tak ingin kesalahan tersebut menimpa Anda.

Lupa Mengurus Asuransi Perjalanan

Melakukan perjalanan ke luar negeri memerlukan perlindungan diri dari berbagai macam risiko yang mungkin saja terjadi saat perjalanan dan berada di negara yang dituju. Misalnya kehilangan bagasi, ketinggalan pesawat, sakit, hingga kecelakaan mungkin saja bisa menimpa Anda. Tanpa asuransi perjalanan, Anda akan mengalami kerugian finansial bahkan kebangkrutan. Cara mengatasinya, uruslah asuransi perjalanan Anda bersamaan saat Anda telah memesan tiket pesawat, penginapan, dan persiapan lain untuk liburan. Supaya lebih murah, Anda bisa menggunakan annual policy bila Anda mempunyai rencana liburan ke luar negeri lebih dari sekali dalam setahun. Untuk kemudahan dalam membandingkan premi dan benefit yang ditawarkan, sebaiknya memesan asuransi secara online di Futuready.com. Selain menyediakan berbagai macam produk asuransi, di Futuready.com Anda juga bisa membandingkan asuransi perjalanan mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

asuransi perjalanan

Malas Menukar Mata Uang Lokal

Saat berada di luar negeri, usahakan untuk menggunakan mata ulang lokal di negara yang Anda tuju untuk transaksi. Bila Anda menggunakan uang rupiah, kemungkinan besar Anda akan menjadi korban praktik licik yang disebut konversi mata uang dinamis. Dalam hal ini, Anda wajib membayar lima persen lebih banyak dari biaya yang seharusnya Anda keluarkan setiap bertransaksi di negara tersebut. Rugi, kan? Nah, supaya kesalahan ini tidak menimpa Anda. Periksa selalu mata uang yang digunakan negara tersebut. Tukarkan uang rupiah dengan mata uang lokal sebelum melalukan pembayaran.

Menggunakan Kartu Debit dan Kredit yang Salah

Sebagian wisatawan memang mengandalkan kartu debit atau kartu kredit untuk keperluan di luar negeri. Alasannya kartu-kartu tersebut lebih mudah digunakan dibandingkan dengan transaksi secara langsung. Padahal menggunakan kartu debit dan kredit untuk setiap pembayaran di luar negeri justru lebih mahal. Ada biaya tambahan yang harus Anda bayar lagi apabila menggukan kartu debit dan kartu kredit di luar negeri. Namun bila Anda tetap ingin menggunakan kartu dibandingkan melakukan pembayaran secara langsung sebaiknya kunjungi bank sebelum ke luar negeri. Sebab saat ini sudah banyak bank yang mengeluarkan kartu kredit maupun debit untuk pembayaran khusus selama berada di luar negeri.

Menukar Mata Uang di Bandara

Lupa dan tak sempat menukarkan uang, tak jarang banyak wisatawan memilih menukar mata uang di bandara. Menukar mata uang di bandara sebenarnya membutuhkan biaya lebih banyak. Anda harus membayar biaya ekstra. Demi faktor kenyamanan dan liburan tetap hemat sebaiknya lakukan penukaran mata uang secara langsung sebelum Anda berangkat ke luar negeri. Lebih mudah dan murah.

Tas dan Koper yang Melebihi Batas Berat

Bukan rahasia umum lagi bila setiap maskapai penerbangan mengenakan biaya tambahan bila muatan penumpang melebihi bagasi yang telah ditentutan. Biaya tambahan untuk kelebihan bagasi pun tidaklah murah. Supaya liburan ke luar negeri tidak membuat Anda bangkrut, periksalah selalu batas maksimum yang diperbolehkan. Bila perlu timbanglah tas Anda terlebih dahulu. Untuk menyiasatinya, bawalah pakaian secukupnya.

Ternyata kesalahan ini bisa membuat liburan menjadi boros karena harus membayar biaya-biaya tak terduga. Meski demikian, kesalahan ini bisa hindari asalkan Anda mencegahnya dengan melakukan solusi-solusi tersebut.

Leave a Reply