Simak Alasan Logis Saat Anda Lebih Memilih Asuransi Mobil TLO

Pernahkah Anda merasa bingung ketika hendak memilih jenis asuransi mobil? Atau Anda penasaran perbedaan asuransi all risk dengan asuransi total lost only (TLO)? Simak ulasan berikut ini!

Asuransi

Pengertian Jenis Asuransi Total Lost Only (TLO)

Total Lost Only (TLO) merupakan jenis asuransi yang dikenal dalam asuransi kendaraan. Asuransi total lost only (TLO) adalah jenis pertanggungan asuransi kendaraan yang menjamin kerugian jika kendaraan mengalami kecelakaan dengan kerusakaan di atas 75% seperti kendaraan terbakar, hilang akibat dicuri, dan perampasan dipaksa.
Ê

Inilah Perbedaan Jenis Asuransi Mobil All Risk dengan Asuransi TLO!

1. Pembayaran Klaim

Kedua jenis asuransi mobil ini memiliki perbedaan dalam pembayaran klaim. Jenis asuransi mobil all risk akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Berbeda dengan TLO, perusahaan asuransi hanya menjamin kerugian jika kendaraan mengalami kecelakaan dengan kerusakaan di atas 75%. Perbedaan dalam hal harga, asuransi mobil all risk memiliki pembiayaan lebih mahal daripada TLO.
Ê

2. Perbedaan Masalah Premi

Asuransi all risk memiliki premi yang relatif lebih mahal dibandingkan asuransi TLO. Ini karena asuransi mobil all risk yang mencakup pembayaran klaim untuk segala jenis kerusakan sehingga wajar jika preminya pun lebih mahal sementara asuransi TLO memiliki premi yang relatif lebih murah.
Ê

3. Perlindungan Kendaraan

Asuransi all risk melindungi kendaraan Anda apabila menabrak kendaraan orang lain, atau dalam istilah asuransi disebut Third Party Liability (TPL) yang juga dapat masuk dalam kategori lingkup tanggungan asuransi ini sedangkan pada asuransi TLO tidak demikian.
Ê
Ê

Bisakah Polis Asuransi All Risk dan TLO Dikombinasikan?

Mungkin Anda masih kebingungan untuk mempertimbangkan akan memilih asuransi mobil jenis apa. Tidak perlu bingung lagi, Anda bisa mengombinasikan antara asuransi mobil all risk dengan asuransi TLO. Misalnya saja, jika mobil yang hendak diasuransikan baru saja keluar showroom, Anda bisa membeli polis asuransi all risk di tahun pertama dan kedua.
Ê
Setelah itu, Anda bisa mengasuransikan mobil Anda dengan membeli polis asuransi TLO di tahun ketiga hingga tahun berikutnya. Ini karena masalah keuangan berbanding dengan risiko kerusakan menjadi pertimbangan penting.
Ê
Mobil baru pastinya akan membutuhkan biaya relatif lebih tinggi, sekalipun kerusakan yang terjadi hanya kerusakan kecil. Saat usia mobil semakin tua, Anda mungkin bisa beralih ke asuransi TLO dengan pertimbangan tertentu.
Ê

Alasan Logis Memilih Asuransi TLO

1. Asuransi TLO Membuat Lebih Berhati-hati Berkendara

Asuransi all risk yang membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan membuat orang seringkali mempengaruhi pola pikir tidak hati-hati dan terkesan menggampangkan risiko. Sebaliknya, jika Anda memiliki asuransi TLO, Anda secara tidak langsung akan berpikir untuk hati-hati karena risiko yang dialami tersebut belum tentu ditanggung oleh asuransi.
Ê

2. Asuransi TLO Membuat Lebih Berhemat

Asuransi TLO juga membuat kita lebih berhemat. Ini karena premi dari jenis asuransi mobil ini lebih murah dengan cukup sekali klaim saja ketika menderita kerugian akibat kendaraan hilang atau rusak parah. Beda dengan asuransi all risk yang mensyaratkan premi mahal lantaran kita mengklaimnya berkali-kali. Seringnya pengajuan klaim ini membuat biaya operasional pihak asuransi membengkak dan itu dibebankan kepada nasabah.
Ê
Ê
Alasan logis memilih asuransi TLO di atas memang sering menjadi pertimbangan masyarakat dalam memilih jenis asuransi mobil. Jadi, bagaimana dengan pilihan Anda? Apakah Anda sudah memantapkan pilihan jenis asuransi mobil Anda?

Leave a Reply