Saat ini, perusahaan asuransi menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi, baik itu dalam bentuk asuransi jiwa atau asuransi umum. Hal ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan kebutuhan jaminan hidup sudah mulai meningkat. Perbandingan asuransi jiwa dengan asuransi umum yang digunakan pun kian pesat meningkat. Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham perbedaan antara asuransi jiwa dengan asuransi umum. Uraian berikut akan membantu dalam memahaminya.Ê
Ê

Perbedaan Antara Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa

Mungkin Anda merupakan salah satu orang yang sering penasaran dengan perbandingan asuransi jiwa dengan asuransi umum. Salah satu alasan yang menjadi penyebab kepopuleran asuransi jiwa dibanding dengan asuransi umum adalah dalam segi segmen yang menjadi pangsa pasarnya. Berikut beberapa perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi umum, antara lain:
Ê

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perjanjian antara Anda sebagai pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang mana perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah nominal uang jika terjadi risiko kematian terhadap pihak pemegang polis asuransi.
Ê
Objek pertanggungan dari asuransi jiwa berupa orang dan yang dipertanggungkan adalah kehidupan seseorang tersebut. Selain jiwa, jaminan juga dapat diperluas dengan kesehatan dan kecelakaan. Jika Anda melakukan perbandingan asuransi jiwa, Anda akan menemukan kesamaan dalam hal objek pertanggungan ini.
Ê
Asuransi jiwa secara konvensional terdiri dari beberapa jenis antara lain, yang pertama whole life merupakan asuransi yang memberikan perlindungan jiwa sampai dengan usia tertentu pada umumnya sampai usia 99 tahun. Keistimewaan dari asuransi jenis ini adalah nilai tunai yang terbentuk akan selalu terus bertambah meskipun masa pembayaran preminya sudah habis.Ê
Ê
Kedua, term life merupakan asuransi murni yang tidak membentuk nilai tunai dan memiliki jangka waktu tahunan. Dan yang ketiga, endowment adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat berupa pembayaran tunai dan dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan di awal pertanggungan. Beberapa contoh dari jenis endowment yakni asuransi pendidikan dan asuransi dana pensiun.Ê
Ê
Ê

Asuransi Umum

Asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perjanjian antara Anda sebagai pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang mana perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah nominal uang jika terjadi risiko kematian terhadap pihak pemegang polis asuransi.
Ê
Objek pertanggungan dari asuransi umum ini berupa aset atau harta benda baik yang bergerak atau tidak seperti bangunan dan kendaraan. Asuransi umum terbagi menjadi dua golongan yaitu yang pertama adalah asuransi laut dan udara yang terdiri dari asuransi kapal laut, asuransi pengangkutan barang dan asuransi pesawat udara. Sedangkan golongan yang kedua adalah asuransi non laut yang terdiri dari asuransi harta benda, asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi kebakaran, asuransi kendaraan, asuransi konstruksi, asuransi rumah tinggal, asuransi gempa bumi, asuransi harta benda dan lain sebagainya.
Ê
Itulah perbedaan sekaligus perbandingan asuransi jiwa dengan asuransi umum yang dapat anda ketahui. Kedua jenis asuransi tersebut memberikan beberapa manfaat yang positif, tergantung dari kebutuhan setiap orang yang tentu saja berbeda-beda. Jangan sampai anda salah dalam memilih jenis asuransi, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Karena untuk mendaftar sebagai anggota asuransi memerlukan biaya yang tidak begitu sedikit dan jangka waktu pembayaran cukup lama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari jenis asuransi yang cocok untuk kebutuhan.
Ê

Intip Tips Memilih Asuransi Jiwa Berikut!

Seiring berkembangnya zaman, semakin marak penawaran asuransi jiwa melalui digital atau online. Hal ini memang membuat mudah dan praktis, namun sebagian orang masih ragu untuk mendaftarkan dirinya pada asuransi jiwa. Lalu bagaimana harusnya Anda memilih asuransi jiwa yang tepat dan baik secara online? Yuk, simak tipsnya!
Ê

1. Periksa keamanan dan privasi

Berbagai jenis asuransi jiwa tersedia secara online. Anda perlu mengetahui seberapa ketat keamanan dan kerahasiaan dijaga oleh asuransi perusahaan tersebut. Anda tentu tidak ingin jika ada yang mengakses data pribadi Anda atau hal-hal merugikan lainnya terjadi jika keamanan tidak terjaga. Ini menjadi pertimbangan saat Anda melakukan perbandingan asuransi jiwa yang akan Anda pilih.
Ê

2. Meninjau kebijakan asuransi tersebut melalui email

Setelah Anda meninjau perusahaan asuransi jiwa terbaik pilihan Anda serta mengaksesnya secara online, Anda akan sering menerima informasi melalui e-mail. Anda akan mendapat informasi cakupan Anda melalui e-mail Êdan dapat Anda tinjau. Kemudian, Anda juga dapat meninjau kebijakan asuransi dengan mengkonfirmasi rincian kebijakan asuransi jiwa tersebut.
Ê

3. Mencari informasi mengenai cakupan yang didapat

Ada baiknya Anda mengetahui segala informasi sedalam mungkin mengenai asuransi jiwa tersebut. Anda perlu mengetahui semua cakupan atau jaminan yang akan Anda dapatkan. Anda juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Kemudian, seberapa meyakinkan asuransi tersebut akan memberikan semua cakupan tersebut. Karena dengan mengetahui hal ini, Anda tidak akan khawatir mendapat asuransi yang mengecewakan.
Ê
Jadi, Anda tentu kini sudah paham perbedaan sekaligus perbandingan asuransi jiwa dengan asuransi umum. Jika Anda masih bingung memilih asuransi, Anda bisa mengunjungi website supermarket asuransi. Futuready supermarket asuransi memiliki berbagai jenis dan produk asuransi yang bisa Anda pilih.Ê
Ê

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *