9 Tempat Snorkeling di Indonesia yang Indah dan Memukau

AsuransiTravel

Berasal dari berbagai kepulauan, membuat Indonesia memiliki pantai dan pulau yang sangat cantik dan indah. Snorkeling menjadi kegiatan yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke destinasi tersebut.

Terdiri dari berbagai kepulauan membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan dan keindahan alam tak terhingga. Bisa dikatakan, setiap daerah di Indonesia memiliki keindahan alamnya masing-masing. Mulai dari pegunungan, pantai, air tejun, dan lainnya.

Salah satu destinasi yang banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia bahkan dunia adalah pantai. Tidak dipungkiri, pantai-pantai di Indonesia memiliki keindahan yang luar biasa. Mulai dari air yang biru yang jernih, pasir putih yang bersih, hingga ekosisitem biotiknya yang sangat cantik. Tidak heran jika banyak sekali yang ingin snorkeling untuk menikmati secara langsung keindahan dasar laut di pantai-pantai di Indonesia. Jika Anda memiliki hobi snorkeling, wajib sekali kunjungi pantai dan pulau-pulau di Indonesia berikut ini.

Tempat Snorkeling di Indonesia

Raja Ampat, Papua

tempat snorkeling Raja ampat

Salah satu yang menjadi tempat terfavorit untuk snorkeling adalah Raja Ampat. Hal itu tentu dikarena pesona alamnya yang sangat luar biasa. Sementara menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation International, ada sekitar 75 persen spesies biota laut dunia yang tinggal di sini. Terdapat banyak biota laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat cantik tertangkap bersama potretmu di bawah laut.

Pulau Menjangan, Bali

Pulau Dewata Bali salah satu destinasi terbaik di dunia. Keindahan alam di Pulau Bali memang tidak bisa ditolak oleh para turis mancanegara, salah satunya adalah pantai. Ada banyak pantai-pantai di Bali yang memberikan pemandangan indah, salah satunya adalah Pulau Menjangan. Selain menikmati keindahan sunset dan sunrise-nya, si sana Anda bisa melihat pemandangan terumbu karang dan ikan warna-warni yang bisa memanjakan mata.

Baca juga: 10 Spot Diving Indonesia Ini Tak Kalah Dari Great Barrier Reef!

Taman Nasional Wakatobi, Sulteng

tempat snorkeling wakatobi

Taman nasional ini merupakan taman laut terbesar kedua se-Indonesia yang sudah diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1996. Taman ini memiliki berbagai keragaman kekayaan alam yang tentu sangat indah di dasar laut. Ternyata Wakatobi merupakan singkatan dari Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Dari tempat-tempat tersebut, Tomia lah yang menajdi saah satu tempat terbaik untuk Anda menyelam dan menikamti keindahan bawah laut. Ketika Anda berenang dan menyelam ke dasar laut Anda akan disuguhkan pemandangan yang bagus seperti terumbu karang dan ikan warna-warni.

Gili Labak, Madura

Tidak banyak yang tahu jika di kota yang khas dengan kuliner satenya ini memiliki keindahan bawah laut yang mempesona.Madura meski pulau kecil tapi menyimpan satu kekayaan yang tak ternilai harganya.Yakni Gili Labak atau sering dikenal dengan nama Pulau Tikus.Pulau yang memiliki luas tak lebih dari 5 hektare ini menyimpan keindahan laut yang memukau.Selain itu, ombak di sana cukup tenang sehingga dapat digunakan untuk kegiatan menyelam.

Baca juga: 7 Wisata Pulau Derawan yang Pantang Dilewatkan

Teluk Biru, Banyuwangi

Teluk biru merupakan salah satu surga tersembunyi bagi para penyelam. Teluk Biru berada di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Tengah. Seperti namanya, laut ini memiliki air yang berwarna biru bening, sehingga keindahan di bawah lautnya bisa tampak dari atas. Selain itu, terumbu karang di sini masih sangat alami dan terdapat banyak jenis ikan yang akan menemani Anda saat melakukan kegiatan menyelam.

Pantai Nglambor, Yogyakarta

Pantai Nglambor merupakan pantai eksotik yang terletak di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Nglambor memang letak berdekatan dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Namun, Pantai Nglambor sangat cocok digunakan untuk aktifitas menyelam dikarenakan memiliki ombak yang tenang dan terumbu karang yang masih alami.Serunya lagi, Pantai Nglambor bisa digunakan untuk para pemula yang ingin mencoba menyelam dan menyediakan pemandu yang handal.

Baca juga: Taman Nasional Bunaken, Menyelami Keindahan Dalam Laut

Pulau Panjang, Jepara

Jawa Tengah terkenal akan budaya dan kulinernya yang memanjakan wisatawan. Namun,rupanya tidak sedikit pula destinasi wisata bahari yang bisa didapatkan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Salah satunya yaitu, keindahan alam bawah laut yang ada di Pulau Panjang, Jepara, Jawa Tengah. Ombak yang tenang, perairan laut yang cukup dangkal, serta terumbu karang, dan berbagai jenis ikan akan menjamu pengunjung Pulai Panjang. Selain itu juga banyak pepohonan rindang di sekitar pantai sehingga meneduhkan.

Pulau Karimunjawa

tempat snorkeling karimunjawa

Selain pulau-pulau di atas, salah satu destinasi wisata yang banyak dikenal turis mancanegara adalah Kepulauan Karimunjawa. Di Karimunjawa, Anda akan menemui beberapa pulau kecil. Mulai dari ada penghuninya hingga yang tidak berpenghuni sekali pun. Selain itu, pantai di Karimunjawa juga sangat pas untuk dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan menyelam karena memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Pemandangan alam bawah laut yang akan bisa ditemui yaitu 90 jenis karang, 240 jenis ikan serta biota laut lainnya bahkan Anda juga bisa merasakan pengalaman menyelam yang unik bersama ikan hiu.

Kepulauan Derawan

Pulau ini berada di Kalimantan dan bisa disebut merupakan surganya Kalimantan. Anda akan menemukan berbagai pemandangan indah saat berkunjung kesana. Hamparan pasir putih serta pemandangan bawah lautnya yang cantik menjadi salah satu daya tarik bagi para turis. Ada berbagai spot terbaik untuk menyelam salah satunya adalah di Pulau Sangalaki dan didalamnya terdapat Penyu dan Ikan Pari raksasa.

Pantai Tangsi di Pulau Komodo

Sebagaimana yang kita tahu Bila pantai Tangsi terletak di Pulau Komodo dan memiliki pasir berwarna pink. Ternyata tak hanya pantainya saja yang indah pemandangan lautnya juga sama. Pemandangan di dasar lautnya terdapat terumbu karang yang indah, berbagai jenis ikan dan biota laut yang cantik. Bahkan lautnya memiliki ombak yang tenang sehingga Anda pun bisa berwisata dengan nyaman dan tenang.

 

Comments are closed.