Sudahkah Anda Ketahui Syarat Umum Klaim Asuransi Perjalanan Secara Online?

Berlibur memang merupakan kegiatan yang digemari setiap orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki jadwal kegiatan yang padat sehari-harinya. Bagi mereka yang sibuk, waktu berlibur haruslah berkualitas.
Ê
Sebelum melakukan perjalanan liburan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti tiket pesawat, penginapan, hingga mendaftar asuransi perjalanan online terbaik.
Ê

Definisi Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan elemen penting bagi Anda yang hobi berpergian. Asuransi perjalanan diperlukan bagi traveler untuk melindungi mereka dari risiko selama perjalanan. Tentu saja saat berlibur Anda tidak boleh merasa was-was akan terjadinya risiko yang tidak terduga dan kejadian buruk seperti jatuh sakit, delay pesawat, kehilangan bagasi sampai kasus terorisme.
Ê
Negara-negara Eropa misalnya, mewajibkan wisatawan yang memiliki asuransi travel sebelum keberangkatan. Namun banyak turis yang tidak tahu bagaimana cara klaim asuransi tersebut saat risiko terjadi.
Ê
Beberapa perusahaan asuransi melayani klaim secara online. Anda bisa mengajukan klaim dengan mengunggah dokumen yang diperlukan kepada perusahaan tersebut.
Ê
Ê

Manfaat Memiliki Asuransi Perjalanan

Secara umum manfaat asuransi perjalanan adalah melindungi traveler terhadap hal-hal berikut ini:
Ê
  • Perlindungan Diri dari Risiko Kecelakaan
Perlindungan ini meliputi penggantian uang jika terjadi risiko terhadap kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.
Ê
  • Perlindungan Ganda untuk Kecelakaan dalam Pesawat Terbang Komersil Terjadwal
Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan jika kecelakaan terjadi pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal.
Ê
  • Penggantian Biaya Pengobatan Darurat
Jika Anda sakit selama perjalanan, asuransi perjalanan menawarkan manfaat pengobatan darurat.
Ê
  • Pemulangan Jenazah Jika Terjadi Risiko Kematian
Asuransi bisa melindungi tertanggung untuk dua alternatif perlindungan meliputi: Biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.
Ê
  • Perawatan Anak dan Kunjungan Duka Pada Satu Orang Kerabat atau Keluarga
Asuransi bisa memberikan penggantian biaya kunjungan duka atau selama perawatan yang diberikan pada satu orang kerabat atau keluarga. Jika tertanggung menjalani perawatan selama perjalanan atau selama dirawat di luar negeri.
Ê
  • Evakuasi Medis
Asuransi perjalanan menawarkan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.
Ê
  • Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi
Jika terjadi kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi Anda, termasuk barang-barang di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberi ganti rugi jika ada keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.
Ê
  • Terkait Perjalanan
Jika Anda ikut program asuransi perjalanan, salah satu manfaat yang ditawarkan adalah perlindungan terhadap penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang di luar kekuasaan pemegang polis dan biaya akomodasi.
Ê
  • Perlindungan Rumah
Jika terjadi musibah misalnya kebakaran di rumah Anda, selama bepergian, maka asuransi perjalanan akan membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.
Ê

Dokumen Pelengkap untuk Pengajuan Klaim

  1. Formulir klaim yang diisi lengkap
  2. Fotokopi Kartu Identitas, Passport, atau Kartu Keluarga
  3. Kronologis kejadianÊ
Ê
Ê

Cara Klaim Asuransi Perjalanan Secara Online

  1. Download formulir klaim asuransi perjalanan online terbaik yang telah Anda pilih.Ê
  2. Klaim harus dilakukan dalam waktu 30 hari sejak peristiwa yang menimbulkan klaim Anda.
  3. Di formulir klaim, lengkapi seluruh bagian dan pertanyaan yang relevan dengan klaim Anda. Terlewat pengisian detail menyebabkan pihak asuransi harus menghubungi Anda untuk melakukan klarifikasi dan penundaan proses klaim.
  4. Pastikan Anda telah menyusun dan melampirkan formulir klaim Anda, serta seluruh dokumen pendukung yang diperlukan. Ketidaklengkapan dokumen pendukung menyebabkan pihak asuransi harus menghubungi Anda untuk melakukan klarifikasi dan penundaan proses klaim.
  5. Kirim formulir klaim Anda beserta seluruh dokumen pelengkapnya ke situs asuransi perjalanan yang telah Anda pilih.
  6. Pengiriman klaim via email akan mendapat konfirmasi dalam waktu minimal 3 hari kerja dan maksimal 5 hari kerja untuk pengiriman via pos, terhitung sejak pihak asuransi telah menerima dokumen Anda.
Dengan menggunakan asuransi perjalanan, tentu Anda tidak perlu lagi khawatir jika sewaktu-waktu mengalami hal yang tidak diinginkan ketika di luar negeri. Selain itu, syarat klaim asuransi perjalanan online terbaik memang memudahkan Anda karena lebih cepat dan praktis.

Leave a Reply