Ini Syarat Visa Kanada yang Harus Anda Persiapkan!

AsuransiAsuransi PerjalananTravel

Pastikan jangan sampai salah dokumen ya! Berikut ini syarat visa Kanada yang harus Anda persiapakan agar permohonan visa tidak ditolak.

Hampir semua negara yang terletak di Amerika bagian utara merupakan surganya dunia. Tak terkecuali Kanada yang bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk Anda yang ingin merasakan petualang super menakjubkan. Ada banyak sekali destinasi-destinasi yang bisa Anda kunjungi di Kanada, seperti Niagara Falls yang merupakan air terjun raksasa dan terbesar di dunia. Selain itu ada juga Banff National Park, Kluane National Park, dan masih banyak lagi.

Sebagai warga negara Indonesia, ada banyak prosedur yang harus dilakukan untuk mengujungi Kanada, salah satunya adalah visa Kanada. Sebenarnya, syarat permohonan pengajuan visa untuk negara yang ada di wilayah Amerika tidak jauh berbeda dengan negara lainnya, bahkan cenderung sama. Jika Anda berencana ingin liburan ke Kanada dan belum memiliki visa, berikut ini syarat visa Kanada yang harus Anda persiapkan agar tidak ditolak.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Syarat Permohonan Visa Kanada

Tiket Pesawat

Anda merencanakan liburan ke Kanada, pasti tiket pesawat merupakan item pertama yang Anda persiapkan. Jika sudah membeli tiket pesawat, tentu sudah dipastikan tanggal berapa Anda akan berangkat ke Kanada dan dari situ Anda bisa menentukan waktu untuk membuat visa. Salah satu syarat visa Kanada adalah bukti bahwa Anda sudah memiliki tiket pesawat. Oleh karena itu, jangan sampai bukti reservasi tiket tersebut dibuang ya.

Asuransi Perjalanan

Selain tiket pesawat, asuransi perjalanan menjadi salah satu syarat visa Kanada yang harus Anda persiapkan. Tentu sebelum mengajukan permohonan visa, Anda harus sudah memiliki asuransi perjalanan, karena polis dari asuransi perjalanan tersebut harus Anda bawa ketika mengumpulkan berkas-berkas pengajuan visa.

Untuk memudahkan Anda mendapatkan asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mendapatkannya di Futuready.com. Ada banyak sekali produk-produk asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih dengan berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Selain mudah dalam mencari asuransi perjalanan, Anda juga akan mendapatkan polis dengan cepat karena Futuready.com akan memberikan e-polis yang akan dikirimkan langsung ke e-mail Anda.

Baca juga: Mengenal Lebih Mendalam Mata Uang Dunia dari Setiap Negara

Formulir Permohonan Visa Kanada

Kanada termasuk negara yang menggunakan jasa VFS Global sebagai tempat untuk permohonan pembuatan visa dan segala informasi tentang Kanada, Anda bisa mengunduh formulir permohonan visa ke Kanada dari website resmi VFS secara online atau datang langsung ke kantornya di Kuningan City Mall.  Untuk menerima formulir pemohonan ini sangat mudah dan cepat.

Siapkan Pas Foto

Setelah mendapatkan formulir, siapkan dua pas foto ukuran 3.5 cm x 4.5 cm berlatar putih dengan gaya foto formal sebagai syarat visa Kanada. Pastikan telinga Anda terlihat saat difoto. Siapkan foto ini sebelum menyerahkan formulir guna mempercepat proses pembuatan visa.

Siapkan Paspor

Anda harus memiliki paspor yang akan digunakan sebagai indentitas selama di luar negeri. Siapkan paspor asli maupun fotokopi untuk diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan. Paspor menjadi dokumen yang paling penting untuk Anda yang ingin mengajukan visa ke Kanada. Pastikan paspor Anda masih dalam keadaan aktif ya.

Baca juga: Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor

Bukti Keuangan

Syarat visa Kanada berikutnya adalah membawa bukti keuangan dengan melampirkan rekening koran dengan jangka waktu tiga bulan terakhir sebelum keberangkatan. Anda dapat mencetak di bank terkait kemudian meminta legalisir. Hal ini didasarkan untuk menanggung biaya yang dibutuhkan serta bukti keadaan keuangan pemohon yang ingin ke luar negeri. Meski begitu, pihak kedutaan tidak pernah menyebutkan secara pasti jumlah saldo minimum.

Bukti Reservasi Penginapan

Anda juga harus menyerahkan bukti reservasi penginapan yang akan Anda singgahi selama di Kanada. Jika Anda akan menginap di beberapa hotel, semua bukti reservasinya pun harus dilampirkan. Namun, bila Anda mempunyai saudara atau kerabat yang tinggal disana, Anda hanya perlu melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari Walikota setempat, surat pernyataan berapa lama Anda tinggal di sana, serta alamat lengkap tempat Anda menginap di sana.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah persyaratan penting untuk Anda yang berstatus sebagai karyawan. Surat ini termasuk syarat visa ke Kanada. Surat keterangan kerja bisa menjadi bukti bahwa Anda mempunyai pekerjaan tetap di Indonesia dan akan kembali lagi ke Indonesia setelah selesai kunjungan. Bila Anda seorang pengusaha atau profesional, Anda perlu melampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha atau Profesi. Untuk Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga, Anda wajib melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan suami bekerja. Sementara itu bagi Anda seorang pelajar, Anda perlu melampirkan surat keterangan kampus atau sekolah terkait.

Membuat Itinerary (Rencana Perjalanan)

Intinerary atau rencana perjalanan juga menjadi syarat visa ke Kanada. Pastikan intenerary dibuat dengan sedetail mungkin baik dari hari, tanggal, jam, dan kegiatan apa pun yang akan Anda lakukan di Kanada. Sebab, pengurus visa akan melihat jelas dan detail, lokasi mana saja yang akan Anda kunjungi dan durasi Anda berlibur di sana.

Jika dilihat, syarat visa Kanada hampir sama dengan pengajuan visa negara Eropa lainnya. Agar permohonan visa Anda tidak ditolak, pastikan Anda sudah mempersiapkan syarat-syarat tersebut dan pastikan semua dokumennya dibuat secara jujur. Jika ditemukan adanya pemalsuan, selain visa Anda ditolak, Anda juga bisa terjerat hukum pemalsuan dokumen yang tentu akan berimbas fatal bagi kehidupan Anda.

Comments are closed.