Tanyakan Pertanyaan Ini Sebelum Anda Memutuskan Mengambil Asuransi Kesehatan

Sebelum membeli asuransi kesehatan, pastinya ada beberapa pertanyaan yang terbersit dalam pikiran Anda. Seperti apakah asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda? Apa pilihan Anda akan asuransi hidup?

Asuransi

Sebelum Mengambil Asuransi Kesehatan, Tanyakan Hal-Hal Ini

Pertanyaan-pertanyaan ini memang perlu ditanyakan, karena sebenarnya membeli asuransi sangatlah menguntungkan. Saat Anda merasa tertarik pada suatu perusahaan asuransi dan ingin beli asuransi, baik itu asuransi mobil, asuransi motor, atau asuransi kecelakaan diri, pastikan 5 pertanyaan pada daftar ini ditanyakan terlebih dahulu kepada agen asuransi.
Ê

1. Apakah Produk atau Program Asuransi Kesehatan yang Ditawarkan Pada Anda Sesuai dengan Kebutuhan?

Produk asuransi banyak ragamnya. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi bisnis, sampai asuransi kendaraan. Setiap asuransi tersebut memiliki program dan produk yang berbeda-beda pula
Ê
Berdasarkan fakta ini, Anda bisa tanyakan apa dampak dan manfaat produk asuransi yang ditawarkan agen asuransi untuk Anda. Seorang agen asuransi yang baik biasanya selalu sabar menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang Anda lontarkan dan memiliki niat baik untuk membantu Anda mengetahui produk-produk asuransi yang mereka tawarkan.
Ê
Ê

2. Bagaimana Cara Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan?

Sebelum Anda membeli asuransi, pastikan Anda mengerti urutan dan tahap-tahap dalam melakukan klaim asuransi. Coba tanyakan berapa lama waktu yang akan Anda perlukan untuk mencairkan dana yang dibutuhkan. Jangan sampai pengajuan klaim asuransi Anda ditolak oleh perusahaan asuransi.
Ê
Klaim asuransi adalah hal paling penting dan merupakan tujuan utama Anda memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi. Jadi, luangkanlah beberapa waktu untuk mencari, membaca, dan mendengarkan Êcara-cara melakukan klaim asuransi.
Ê

3. Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Pada Polis Asuransi Kesehatan yang Anda Miliki?

Perhatikan ini! ÊSebagai nasabah, Anda wajib mengetahui secara detail tentang polis asuransi yang telah Anda beli. Mulai dari risiko yang dijamin, risiko yang dikecualikan, prosedur klaim, kondisi yang dapat merugikan nasabah, hingga poin-poin lainnya, seperti revisi kontrak.
Ê
Polis asuransi biasanya menggunakan bahasa hukum. Inilah penyebab para nasabah enggan untuk membacanya. Padahal membaca polis sangatlah diharuskan, mengingat polis asuransi akan menjembatani kepentingan dari pihak perusahaan asuransi dengan nasabah itu sendiri.Ê
Ê
Untuk memahami isi di dalam polis asuransi, Anda bisa meminta penjelasan dari pihak asuransi mengenai masing-masing poin agar benar-benar mengerti hal-hal yang tertera di dalam polis asuransi.
Ê

4. Bagaimana Jika Anda Tidak Membayar Premi Asuransi Kesehatan Anda Tepat Waktu?

Pertanyaan ini penting untuk diajukan sebelum Anda membeli jasa asuransi suatu perusahaan. Bagaimana jika Anda terjebak dalam situasi utang dan Anda tidak dapat membayar premi tepat waktu?
Ê
Tanyakan juga tentang masa tenggang perusahaan asuransi yang ditawarkan dalam konteks ini, karena idealnya sebuah perusahaan akan menawarkan masa tenggang sekitar enam puluh hari. Jadi keraguan Anda akan menjadi jelas mengenai hal ini.
Ê

5. Bagaimana Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi Tersebut?

Kesehatan keuangan suatu perusahaan adalah salah satu indikasi dari perusahaan asuransi yang sehat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk Anda mencari tahu laporan keuangan tahunan perusahaan tersebut.
Selain itu, Anda juga perlu lihat siapa saja pemegang saham saat ini. Bagian mana pemengang saham terbesarnya dan bagaimana perkembangan perolehan premi asuransinya.
Ê
Apakah perusahaan aktif bergerak dan melakukan penetrasi market atau cenderung pasif namun perolehan premi besar dan dari mana perolehan preminya? Kalau ternyata perolehan premi besar namun Anda tidak melihat adanya aktifitas perusahaan tersebut, maka ada kemungkinan bahwa perolehan premi tersebut berasal dari anak perusahaan atau group perusahaan tersebut.
Ê
Membeli asuransi adalah sebuah investasi yang amat sangat menguntungkan. Anda tidak dapat memprediksi apabila terjadi sesuatu yang merugikan di masa depan. Oleh karena itu, perhatikan semua detailnya dan cari perusahaan asuransi yang sehat, agar dapat menikmatinya di kemudian hari.
Ê

Leave a Reply