Ternyata Ini Penyebab Premi Asuransi Jiwa Lebih Mahal

Asuransi

Anda pasti pernah merasa heran mengapa premi asuransi jiwa jauh lebih mahal dibandingkan yang lain. Agar tidak bertanya-tanya lagi, berikut ini ulasan selengkapnya.

Asuransi jiwa masih menjadi solusi yang tepat untuk memberikan ketenangan dalam kehidupan. Selain itu, asuransi jiwa juga bisa dijadikan sebagai investasi atau perencanaan keuangan untuk masa depan Anda. Ketika Anda memutuskan untuk memiliki asuransi jiwa, itu berarti Anda sudah mengambil langkah yang tepat untuk meminimalisir risiko finansial secara tak terduga.

Berbicara asuransi, tentu tidak pernah lepas dengan premi. Premi adalah sejumlah uang yang harus Anda bayarkan setiap bulannya sebagai salah satu tanggung jawab Anda sebagai nasabah dari perusahaan asuransi. Setiap produk asuransi memiliki premi yang berbeda-beda. Misalnya, premi asuransi perjalanan tentu berbeda dengan premi untuk asuransi jiwa. Lalu, apa ya yang mendasari premi asuransi jiwa lebih mahal dibandingkan yang lain?

[quads id=3]

Usia Tertanggung

Usia tertanggung merupakan salah satu penyebab harga premi asuransi jiwa menjadi lebih mahal. Sebab, hal ini berkaitan dengan statistik usia kematian seseorang. Untuk menentukan harga premi, semua perusahaan asuransi sudah mengantongi statistik tentang usia harapan hidup yang menjadi dasar mereka menentukan besar premi. Semakin muda usia tertanggung ketika mengajukan asuransi jiwa, kemungkinan besar juga premi yang harus dibayarkan jauh lebih murah dan begitu sebaliknya.

Contohnya, Anda baru mengajukan asuransi jiwa saat usia 40 tahun. Jika dibandingkan dengan usia di bawah 30 tahun, tentu biaya premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan jauh lebih mahal. Keuntungan lain jika Anda mengajukan asuransi jiwa di bawah 30 tahun, yaitu ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak mewajibkan pemeriksaan medis kepada calon tertanggung. Jadi, selagi masih mudah, yuk miliki asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perokok Aktif

Anda termasuk golongan perokok aktif, bersiaplah untuk membayar premi asuransi jiwa jauh lebih mahal dibandingkan orang yang tidak merokok. Hal ini disebabkan, rokok menjadi salah satu sumber penyakit yang bisa memberikan dampak buruh bagi kesehatan manusia. Mayoritas perusahaan asuransi menganggap untuk mereka yang merokok memiliki risiko penyakit dan kematian lebih besar dibandingkan yang tidak merokok.

Riwayat Kesehatan

Kesehatan juga menjadi acuan yang mempengaruhi besar kecilnya Anda membayar premi asuransi jiwa. Bila Anda memiliki riwayat kesehatan buruk atau menderita penyakit berat yang mematikan, kemungkinan besar premi yang harus dibayarkan juga lebih mahal.

Jenis Asuransi yang Dipilih

Penyebab terakhir yang membuat premi asuransi jiwa lebih mahal karena jenis asuransai yang Anda pilih. Asuransi jiwa memiliki beberapa jenis, misalnya asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, dan lainnya. Hal ini disebabkan, masing-masing jenis asuransi memiliki manfaat yang berbeda-beda. Jadi, jika Anda mendapatkan manfaat yang banyak dan menguntungkan, kemungkinan harga premi yang dibayarkan pun akan lebih mahal. Begitu pun sebaliknya.

Sekarang sudah tahu kan, apa saja yang menyebabkan calon nasabah membayar premi jauh lebih mahal dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, agar mendapatkan harga premi yang murah, yuk, perhatikan hal-hal di atas ya.

Comments are closed.