Tidak Sulit, Begini Prosedur Mengurus STNK Hilang Tanpa Pungli!

AsuransiLifestyle & Leisure

Mengurus STNK hilang itu sebenarnya tidak sulit. Anda bisaa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan calo ataupun pungutan liar

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan salah satu dokumen yang harus selalu ada ketika Anda memiliki kendaaraan. Hampir sama seperti KTP atau SIM, STNK ini juga disebut sebagai surat identitas untuk kendaraan bermotor Anda.

Dilihat dari fungsinya di atas, tentu kedudukan STNK ini sangatlah penting. Namun, bagaimana jika STNK hilang? Apa yang harus dilakukan untuk mengurus STNK hilang? Pada dasarnya mengurus STNK itu tidak sulit. Anda tentu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan calo ataupun pungutan liar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa step yang harus Anda lakukan untuk mengurus STNK hilang.

Buat Laporan Kehilangan STNK

Jika sudah dipastikan STNK hilang, segera buat laporan kehilangan STNK di kantor polisi dekat rumah Anda. Ceritakan kronologis mengapa STNK Anda bisa hilang, setelah itu, polisi akan memberikan suran keterangan hilang untuk Anda bawa ketika urus STNK hilang.

Lengkapi Berkas Peryaratan

Ada beberapa berkas yang harus Anda bawa dan siapkan ketika urus STNK hilang. Dokumen-dokumen tersebut cukup umum, seperti KTP asli pemilik kendaraan, Fotokopi STNK yang hilang, Surat Keterangan Kehilangan STNK dari kantor polisi yang Anda kunjungi, dan BPKB Asli atau tanda kepemilikan kendaraan tersebut dari daller jika masih proses cicilan.

Datang Ke Kantor Samsat Sesuai Domisili

Jika sudah lengkap semua, Anda bisa datang ke Kantor Samsat sesuai dengan domisili Anda dengan membawa semua berkas yang menjadi persyaratan urus STNK hilang. Ada pun berikut ini tata acara yang harus Anda ketahui ketika mengurus STNK yang hilang di Kantor Samsat.

Cek Fisik Kendaraan

Setiap kendaraan memiliki nomor rangka dan mesin yang berbeda-beda. Selum datang ke Kantor Samsat, Anda harus terlebih dahulu gesek nomor rangka dan mesin tersebut kemudian hasil gesek nomor tersebut Anda fotokopi buat data cadangan.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Ketika datang ke Samsat hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir yang tersedia dengan lengpa dan benar dan ketika sudah selesai diserahkan ke loket STNK hilang sekaligus berkas-berkas penunjang lainnya yang sudah disiapkan sebelumnya.

Mengurus Surat Keterangan Hilang dari Samsat

Setelah itu, Anda juga harus mengurus surat keterangan hilang STNK dari Samsat yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait (tidak dalam kondisi diblokir atau dalam pencarian)

Mengurus Pembuatan STNK Baru di Loket BBN II

Ada loket khusus untuk mengurus pembuatan STNK baru di Kantor Samsat. Anda harus menyerahkan semua berkas kelengkapan dan surat eterangan kehilangan dari Samsat di Loket BBN (Bea Balik Nama) II. Jika tidak tahu tempatnya, tanyakan pada satpam yang bertugas di area tersebut.

Membayar Pajak Kendaraan

Untuk poin ini biasanya dilakukan jika Anda belum membayar pajak kendaraan bermotor Anda. Jika memang untuk tahun terkait sudah dibayar, maka Anda akan bebas dari pembayaran pajak.

Membayar Biaya Pembuatan STNK Baru

Ada biaya tertentu untuk pembuatan STNK baru, tetapi biaya tersebut berdasarkan jenis atau tipe kendaraan bermotor Anda.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.