Tips Aman dan Nyaman Mudik dengan Mobil Pribadi

AsuransiTravel

Selain menggunakan trasportasi umum, ternyata mudik dengan mobil pribadi juga membutuhkan persiapan yang matang dalam segala aspek.

Siapa yang tidak pernah mudik? Mungkin hampir semua dari Anda pernah melakukan tradisi ini. Mudik identik dengan lebaran. Pasalnya seluruh masyarakat hanya bisa melakukan mudik ke kampung halaman dalam waktu yang cukup lama dan bertemu dengan seluruh sanak saudara pada Hari Raya Lebaran. Mudik lebaran menjadi agenda rutin yang harus dilakukan untuk para perantau yang memutuskan bekerja di Ibu Kota. Meskipun mudik selalu diwarnai dengan kemacetan dan kepadatan penumpang dari berbeagai armada transportasi, tetapi masyarakat tidak pernah mengeluh bahkan kegiatan ini menjadi hal yang menyenangkan meskipun pada akhirnya akan mengalami kelelahan.

Jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan mobil pribadi, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan dari berbagai segi. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tip yang harus Anda ikuti agar perjalanan mudik dengan mobil pribadi berjalan lancar, aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

 

Futuready menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari,bandingkan, pilih dan beli di www.Futuready.com cara belinya mudah dan aman karena sudah terlindungi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

 

Mudik dengan Mobil Pribadi

Persiapkan Segalanya dari Jauh-Jauh Hari

Jika Anda sudah bisa memprediksikan tanggal berapa Anda akan mudik ke kampung halaman, pastikan segala sesuatunya sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Mulai dari diri Anda hingga berbagai perlengkapan lainnya. Jangan sampai hal-hal yang penting tak dibawa, buatlah daftar barang bawaan untuk memudahkan.

Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu hal penting sekali yang harus diperhatikan. Jika badan Anda sedang kurang fit, sebaiknya jangan memaksakan untuk bepergian jauh. Apalagi jika Anda yang harus menyetir mobil tersebut. Sebaiknya undur saja waktu untuk mudik sampai badan fit kembali supaya mudik dengan mobil pribadi berjalan aman dan nyaman.

Namun, jika kesehatan Anda dalam keadan baik, sebaiknya juga harus memperhatikan waktu istirahat. Jangan memaksakan tetap berjalan padahal badan sudah lelah apalagi mengantuk. Untuk mudik lebaran ini, tentunya pemerintah pusat ataupun daerah membuat rest area dadakan di sepanjang jalur mudik lebaran yang bisa Anda datangi ketika badan sudah Lelah.

Baca Juga: Begini Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik dengan Tepat

Periksa Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya Anda harus periksa kendaraan terlebih dahulu. Baik dari bagian luar hingga bagian mesinnya, seperti air radiator, oli, rem, ban, dan lain-lain. Ada baiknya servis dahulu mobil yang akan digunakan untuk mudik lebaran. Hal ini dilakukan supaya kendaraan Anda dalam keadaan yang layak untuk digunakan dan perjalanan mudik dengan mobil berjalan nyaman dan lancar.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Saat hendak mulai melakukan perjalanan, pastikan Anda dan keluarga berdoa dulu ya. Doa ini sangat penting untuk dilakukan. Nah, selanjutnya jika memang membawa kendaaraan pribadi, jangan pernah berpikir untuk melanggar rambu-rambu lalu lintas. Ikuti saja jalur yang seharusnya dilalui. Hal ini dimaksudkan agar Anda sekeluarga selamat sampai tujuan.

Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang Bawaan & Tidak Membawa Jumlah Penumpang Melebihi Batas yang Seharusnya

Kelebihan muatan dalam mobil karena banyaknya barang bawaan dan jumlah orang yang dibawa dapat membuat laju kendaaran menjadi tidak stabil. Hal ini dapat berisiko kecelakaan. Oleh karena itu, jangan paksakan jumlah penumpang dalam kendaaraan Anda ya.

Bawa Persediaan Makanan

Dalam ajaran Islam, jika Anda bepergian jauh lebih dari 80 km tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun, jika Anda memaksa untuk tetap berpuasaa, tentu itu tidak akan menjadi masalah. Setiap menjelang waktu buka puasa, tentunya tempat makan akan selalu ramai dikunjungi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda membawa persediaan makanan yang tidak mudah basi untuk sekadar membatalkan puasa sambil menunggu tempat makan.

 

Leave a Reply