Tips Aman Liburan ke Lombok Naik Kapal Laut

AsuransiTravel

Selain Bali, Lombok adalah salah satu destinasi favorit wisatawan yang ingin berlibur menikmati keindahan alam. Selain naik pesawat, menuju Lombok bisa melalui jalur laut dengan menggunakan kapal feri. Futuready memaparkan beberapa tip aman untuk Anda jika memilih jalur laut menuju Lombok.

Merasa bosan liburan di Pulau Dewata, Bali? Mengapa Anda tidak mencoba mencari nuansa liburan baru ke Lombok? Jarak antara Bali dan Lombok sangat dekat, Anda hanya perlu menyeberang ke pulau eksotis yang tak kalah indahnya seperti Bali yaitu Lombok. Untuk sampai ke Pulau Lombok dari Bali, transportasi yang bisa Anda gunakan adalah kapal feri. Transportasi ini kian populer karena menggunakan kapal feri, Anda bisa melihat keindahan laut Indonesia yang disebut-sebut sebagai surga dunia. Jarak tempuh yang diperlukan untuk sampai ke Lombok adalah 4 sampai 6 jam. Namun sebelum Anda hendak menyebrang ke Pulau Lombok dari Bali dengan menggunakan kapal laut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama.

Saat Anda hendak menyebrang ke Lombok, Anda harus datang ke Pelabuhan Padang Bai (Bali) menuju pelabuhan Lembar (Lombok). Dengan jarak tempuh kurang lebih 38 mil. Anda harus menunggu sekitar 4 hingga 6 jam lama di kapal. Jarak tempuh ini lebih lama ketimbang jarak tempuh dari Merak (Jawa) ke Bakauheni (Lampung) atau dari Ketapang (Jawa) menuju Gilimanuk (Bali). Maka dari itu, sebelum ke Lombok menggunakan kapal laut ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Transportasi Menuju Pelabuhan Padang Bai

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mencari transportasi yang tepat menuju Pelabuhan Padang Bai, Bali. Sebab transportasi umum menjadi salah satu kendala utama traveler di Pulau Dewata. Tak heran jika kebanyakan para wisatawan di Bali menyewa mobil atau motor sebab di Bali sangat sulit menemukan transportasi umum. Anda harus cermat mencari kendaraan umum menuju Pelabuhan Padang Bai. Kendaraan menuju Padang Bai dapat Anda temukan di Terminal Ubung Denpasar dan beberapa titik shuttle bus di Bali. Tarif mini bus menuju Pelabuhan Padang Bai dipatok mulai dari Rp40.000 hingga Rp60.000/orang.

Kapal Feri

Langkah kedua yang harus Anda perhatikan adalah kapal feri. Kapal beroperasi 24 jam penuh. Kapal berangkat setiap satu jam sekali. Harga yang ditawarkan pun sama. Satu orang dibanderol tiket Rp44.000. Sementara anak-anak dikenakan tarif  Rp29.000.

Kapal feri yang beroperasi dari Bali ke Lombok tidak terlalu besar. Kapal tersebut hanya mempunyai 3 dek. Dek paling bawah untuk tempat parkir mobil dan kendaraan lain, dek tengah untuk tempat penumpang, dan dek paling atas untuk ruangan nahkoda. Di dalam kapal disedikan tempat duduk indoor lengkap dengan fasilitas mulai dari televisi, kamar mandi, kantin, dan tempat duduk outdoor.

Perhatikan Kondisi Tubuh

Perlu Anda ketahui bahwa ombak di Selat Lombok merupakan ombak besar. Anda yang punya riwayat mabuk laut sebaiknya membawa obat anti mabuk dan jangan lupa mengisi perut terlebih dahulu sebelum kapal berangkat. Perjalanan di laut berbeda dengan perjalanan di darat. Ombak di laut terkadang bisa membuat kepala pusing dan perut terasa mual. Pastikan kembali tubuh Anda siap untuk menempuh perjalanan melalui jalur laut.

Baca Juga: Persiapan Liburan Nyaman Saat Musim Hujan

Tetap Berhati-hati

Anda perlu waspada dan tetap berhati-hati. Baik perjalanan darat, udara, dan laut, kejahatan bisa saja terjadi. Waspadalah terhadap orang-orang di sekitar Anda terutama orang yang menurut Anda terlihat mencurigakan. Jangan mengeluarkan barang berharga. Agar perjalanan Anda tetap aman, Anda perlu asuransi perjalanan yang akan membuat perjalanan Anda ke Lombok bebas gangguan dan menyenangkan. Gunakan asuransi perjalanan untuk mengantisipati hal-hal yang tak terduga selama perjalanan dan menimbulkan kerugian finansial yang memberatkan Anda. Dengan asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat perlindungan mulai dari perlindungan barang bawaan, perlindungan isi rumah yang ditinggal selama liburan, dan asuransi perjalanan juga akan membantu Anda menanggung biaya medis.

Kalau Anda sudah memperhatikan keempat hal, perjalanan Anda menuju Lombok akan menyenangkan dan tidak akan terlupakan.

Leave a Reply