Travel Insurance – Asuransi Travel Untuk Liburan Nyaman

Travel Insurance
Buat liburan Anda aman & nyaman dengan asuransi travel yang disediakan perusahaan travel insurance. Dapatkan asuransi travel untuk liburan terbaik di sini.
Ketidaktahuan tentang apa yang akan terjadi di masa depan tentu membuat Anda perlu melindungi diri dari musibah. Memproteksi apa yang dianggap penting, apa yang dianggap berharga, dan apa yang menjadi prioritas dalam hidup mulai dianggap menjadi sebuah kebutuhan.
Itulah mengapa memiliki asuransi bagi sebagian orang menjadi penting. Karena dengan memiliki asuransi Anda akan merasa aman jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi saat Anda sedang melakukan perjalanan. Jangan hanya melakukan booking untuk tiket perjalanan, biasakan untuk memesan asuransi perjalanan terbaik dalam persiapan liburan Anda.

Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Menurut Wikipedia, asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lainnya. Perlindungan tersebut berbentuk penggantian dari kejadian yang tidak dapat diduga seperti, kematian kehilangan, kerusakan, atau cacat hidup.
Untuk mendapatkan manfaat tersebut, akan melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis (perjanjian tertulis) yang menjamin perlindungan tersebut.
Dengan kata lain, asuransi merupakan alternatif investasi yang dapat meminimalisir risiko finansial jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Ada banyak produk asuransi beberapa di antaranya yang sudah terdengar familiar adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, dan asuransi perjalanan.
Seperti asuransi pada umumnya, asuransi perjalanan bertujuan untuk melindungi Anda dari hal-hal yang tidak terduga baik saat perjalanan bisnis atau pun wisata. Sebagai salah satu antisipasi yang patut untuk dipersiapkan adalah mendapatkan perlindungan keselamatan dalam perjalanan. Produk yang dapat memberikan manfaat perlindungan saat bepergian untuk wilayah domestik atau pun internasional adalah produk asuransi perjalanan.

Membeli Asuransi Perjalanan Terbaik Secara Online

Ada begitu banyak produk asuransi perjalanan yang ditawarkan secara online. Salah satunya Futuready.com. Kapan saja di mana saja, layanan ini akan memudahkan Anda dalam membandingkan produk asuransi perjalanan terbaik sebelum memilih sesuai kebutuhan.
Beberapa perusahaan asuransi sudah melayani pengajuan secara online dengan cepat dan mudah. Berikut merupakan beberapa tips jika Anda ingin membandingkan asuransi perjalanan terbaik secara online.
  1. Cari tahu seberapa luas jangkauan perlindungan
  2. Periksa durasi perjalanan
  3. Cermati besarnya biaya yang ditanggung pihak asuransiÊ
  4. Buatlah perbandingan
  5. Lihat track record perusahaan asuransi
  6. Perhatikan isi penjelasan asuransi
  7. Cek kondisi kesehatan

Asuransi Perjalanan Terbaik di Indonesia

Mengenal jenis dan manfaat asuransi perjalanan terbaik yang ada di Indonesia, merupakan langkah awal yang sangat penting untuk menentukan asuransi perjalanan yang tepat. Beragam produk asuransi perjalanan yang ditawarkan perusahaan asuransi di Indonesia memberikan banyak manfaat untuk Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan liburan Anda.

1. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jangka Waktu

Untuk jenis asuransi ini, dibagi lagi menjadi 2 yaitu, asuransi perjalanan satu kali (single trip insurance) dan asuransi perjalanan tahunan (annual travel insurance). Asuransi perjalanan satu kali, cocok untuk Anda yang jarang untuk bepergian karena akan berakhir masa berlakunya setelah sekali Anda gunakan. Misalnya, Anda melakukan perjalanan dari Jakarta – Singapura – Jakarta. Inilah yang disebut dengan asuransi perjalanan satu kali atau single trip.
Berbeda dengan asuransi tahunan, yang memiliki jangka waktu berlaku selama satu tahun. Misalnya, Anda melakukan perjalanan ke Eropa mulai dari tanggal 26 Desember 2016-26 Desember 2017. Jenis asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang memang suka bepergian, baik ke dalam dan ke luar negeri.

2. Asuransi Berdasarkan Jumlah Tertanggung

Asuransi jenis ini dapat dikelompokkan menjadi dua berdasarkan jumlah orang tertanggung, yaitu asuransi perjalanan individu (individual travel insurance) dan asuransi perjalanan kelompok (group travel insurance). Perbedaan dari jenis asuransi perjalanan ini, hanya terletak dari jumlah orang yang diasuransikan saja.

3. Asuransi Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Asuransi ini meliputi asuransi perjalanan wisata (leisure trip insurance) dan asuransi perjalanan bisnis (business trip insurance). Asuransi perjalanan wisata ditujukan untuk orang yang akan bepergian dengan tujuan wisata, sedangkan asuransi perjalanan bisnis memang diperuntukkan untuk melakukan bisnis atau bekerja.

4. Asuransi Berdasarkan Tempat Tujuan

Tempat tujuan perjalanan yang dimaksud meliputi perjalanan domestik dan perjalanan international. Manfaat dari asuransi ini memberi jaminan perlindungan bagi pemilik asuransi tersebut. Asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan international, memiliki perbedaan dari harga premi saja dan biasanya lebih mahal asuransi perjalanan international.

Persepsi Yang Salah Mengenai Asuransi Perjalanan

Masih banyak masyarakat Indonesia salah mengartikan penggunaan asuransi perjalanan terutama dari sisi medical expense (biaya pengobatan). Tidak jarang asuransi perjalanan dijadikan alasan untuk berobat. Travel insurance yang ada pada asuransi perjalanan, memang melindungi penyakit selama perjalanan, namun bukan penyakit bawaan sebelum melakukan perjalanan. Seperti melakukan perjalanan keluar negeri untuk melakukan medical check-up.

Apa Saja yang Ditanggung Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan domestik menawarkan perlindungan kenyamanan dan pertanggungan untuk area domestik saja. Manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi perlindungan perjalanan domestik yaitu memberikan perlindungan perjalanan untuk rasa aman dan nyaman dari risiko buruk yang dikhawatirkan terjadi. Seperti keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan, gangguan kondisi medis saat ditempat tujuan, hingga terjadi risiko kecelakaan.
Adapun jenis asuransi perjalanan internasional juga menawarkan manfaat yang sama hanya saja meliputi wilayah internasional. Dalam asuransi perjalanan internasional ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:
  1. Pertanggungan kesehatan dari kecelakaan diri
  2. Evakuasi medis
  3. Biaya-biaya medis
  4. Kehilangan bagasi
  5. Kehilangan dokumen perjalanan
  6. Ketidaknyamanan perjalanan karena pembatalan perjalanan

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Klaim asuransi adalah sebuah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian. Klaim asuransi yang diajukan akan ditinjau oleh perusahaan untuk validitasnya dan kemudian dibayarkan kepada pihak tertanggung setelah disetujui.
Asuransi perjalanan melindungi Anda dari berbagai kejadian buruk seperti sakit, delay pesawat, kehilangan bagasi, sampai kasus terorisme. Pada negara-negara Eropa, wisatawan diwajibkan untuk memiliki asuransi perjalanan sebelum keberangkatan namun masih banyak turis yang tidak tahu bagai mana cara klaim saat risiko itu terjadi. Beberapa perusahaan asuransi menyediakan pelayanan online jadi Anda dapat mengajukan klaim dengan mengunggah dokumen yang diperlukan kepada perusahaan tersebut.
Proses pengambilan dana atau penggunaan asuransi terbagi dalam dua skema. Skema pertama adalah, apabila perusahaan itu termasuk worldwide provider (international), misalnya terjadi kecelakaan, nasabah dapat langsung menunjukan asuransi tersebut kepada pihak rumah sakit. Namun tidak semua perusahaan asuransi menyediakan ini. Mayoritas cara pengajuan klaim adalah dengan reimburse, yakni apabila nasabah mengalami sakit atau kecelakaan, nasabah bisa berobat terlebih dahulu di negara tersebut, selanjutnya meminta surat keterangan dari dokter sebagai bukti pengajuan klaim di Indonesia.

Kapan Memiliki Asuransi Perjalanan Terbaik?

Supaya manfaat asuransi dapat dirasakan sepenuhnya, maka penting bagi Anda untuk menentukan durasi waktu asuransi yang dibutuhkan secara bijak. Jika Anda akan melakukan perjalanan untuk durasi 10 hari di luar negeri, disarankan agar Anda mengambil perlindungan lebih satu atau dua hari dari waktu tersebut. Karena sangat dimungkinkan bahwa akan ada hal lain yang tidak direncanakan terjadi, sehigga membuat durasi perjalanan tersebut melebihi durasi 10 hari.

Leave a Reply