Tip Mengenal Mobil Bekas Tabrakan Ala Tri Pancar Jaya

AsuransiAsuransi MobilMobil

Ada banyak hal yang harus diperiksa jika ingin membeli mobil bekas. Jangan sampai mobil yang Anda beli ternyata memiliki riwayat bekas tabrakan. Lalu, bagimana cara membedakannya? Berikut ini tip dari Tri Pancar Jaya.

Mobil memang menjadi alat transportasi yang banyak dipilih. Selain kepraktisannya untuk mengantarkan ke mana pun destinasi, mobil juga memberikan kenyamanan ketika sedang berkendara. Tidak dipungkiri jika mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Hingga saat ini sudah banyak cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan mobil. Baik itu mobil baru ataupun bekas. Namun, mobil bekas menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki bujet minim, tetapi ingin memiliki sebuah mobil.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, Anda harus pintar memeriksa kondisi mobil tersebut. Mulai dari performa mesin hingga bodi mobil. Hal itu sangat penting dilakukan agar tidak merasa dirugikan dikemudian hari.

bengkel tri pancar jaya

Memiliki Aura yang Berbeda

Sebagai bengkel yang sangat memahami seluk beluk setiap bodi mobil, Rudy selaku pemilik dari Tri Panca Jaya mengatakan bahwa setiap mobil memiliki auranya masing-masing. Baik itu mobil bekas tabrakan atau tidak. “Sama halnya dengan kita melihat orang bekas patah tulang atau bekas gegar otak, pasti berbeda. Mobil juga sama. Meskipun mobil tersebut dirapihkan sedemikian rupa, tetap saja terlihat ada yang berbeda,” ujar Rudy.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka kap mesin dan lihat bagian kolongnya. Jika bagian atas kap bagus, tapi kolongnya hancur, berarti itu mobil pernah mengalami tabrakan. “Untuk hal ini memang dibutuhkan kemampuan yang besar. Biasanya jika Anda pecinta otomotif, pasti sudah bisa membedakannya. “Anda bisa lihat dari tulang-tulangnya, kemudian dibagian sambungannya karena tidak ada spare part yang bisa dibuat mirip seperti dari pabrik aslinya,” tambah Rudy.

Proses Pengerjaan Mobil Bekas Tabrakan

Untuk proses pengerjaan, Rudy tidak bisa mematok rata waktu yang dibutuhkan. Semuanya harus berdasarkan dengan jenis mobil dan juga sebarapa berat kerusakan dari mobil tersebut. “Proses pengerjaan bisa ditentukan dalam dua hal. Jenis mobil dan juga kerusakannya. Contohnya, Mini Cooper. Mobil ini termasuk salah satu jenis yang spare partnya susah didapat. Jadi proses pengerjaan 100 persen tergantung pada spare part baru bisa dilakukan pengerjaan dan menentukan waktu yang dibutuhkan,” tutur Rudy.

bengkel body repair tri pancar jaya

Estimasi Biaya

Sebagai bengkel yang berekanan dengan asuransi, Tri Pancar juga pernah menangani mobil-mobil bekas tabrakan. Namun, pelanggan yang ingin memperbaiki mobilnya bekas tabarakan tidak hanya dari asuransi saja, tetapi pelanggan pribadi pun banyak yang berdatangan ke bengkel ini.

Jika berbicara estimasi harga, Rudy menjelaskan setiap kerusakan mobil memiliki harga yang berbeda-beda. “Sebelum menentukan harga, kita harus cek secara keseluruhan bagian mana saja yang rusak dan perlu diperbaiki. Misalnya, mesinnya pecah, estimasi bianyanya mencapai Rp100 – 150 juta. Biasanya pihak Asuransi akan menghitungnya masuk ke dalam total loss,” Jelas Rudy.

Namun, Tri Pancar Jaya selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Tidak sedikit juga Rudy memberikan saran kepada pelanggannya mengenai mobil tersebut. “Saya selalu berlaku adil untuk setiap pelanggan. Jika memang mobil tersebut tidak layak untuk dipertahankan, saya akan menyarankan untuk lebih baik dijual saja dibandingkan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memperbaiki padahal belum tentu ketika dijual nanti bisa mendapatkan harga yang bagus,” tutup Rudy.

Bengkel Tri Pancar Jaya: Specialist Car Body Repair’s

Telepon: 021 586 1061

WhatsApp: 0812 1000 3826

Alamat: Jalan Meruya Utara Raya Kav.3 No.3, Kembangan, RT.5/RW.1, Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 11620

Comments are closed.