Mau buat Visa Schengen? Lengkapi Syaratnya dengan Asuransi Perjalanan ke Schengen

Asuransi perjalanan ke Schengen adalah syarat utama sebelum mengajukan pembuatan Visa Schengen. Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan Visa Schengen.

Setiap orang  yang berada di luar benua Eropa tentu mempunyai keinginan untuk berkunjung ke Eropa, bukan? Benua yang beri julukan “benua biru” ini menjanjikan keindahan alam dan sejarah budayanya yang indah. Namun perlu Anda ketahui, pergi ke benua Eropa, Anda harus mempersiapkan serangkaian syarat di antaranya adalah pembuatan Visa Schengen.

Visa Schengen atau Visa Eropa adalah jenis visa yang dibuat untuk turis yang melakukan kunjungan singkat ke beberapa negara Schengen Area di antaranya Negara Uni Eropa seperti Islandia, Hungaria, Latvia, Republik Ceko, Austria, Malta, Polandia, Portugal, Slovenia, Norwegia, Luxembourg, Swiss, Swedia, Prancis, Italia, Belanda, Finlandia, Lichtenstein, Estonia, Jerman, Belgia, Slovakia, Spanyol, Yunani, dan Denmark. Visa schengen akan membebaskan Anda berlibur ke negara-negara yang masuk dalam kelompok Schengen.

Asuransi Perjalanan Ke Schengen

Asuransi Perjalanan Ke Schengen

Sebagai informasi, pembuatan Visa Schengen dilakukan dengan cara mengunjungi kedutaan negara-negara yang masuk dalam kelompok Schengen. Anda harus datang ke kedutaan dua minggu sebelum berangkat. Sebagai persyaratan sebelum membuat Visa Schengen, Anda harus memiliki asuransi perjalanan ke Schengen terlebih dahulu. Asuransi perjalanan ini sangat penting dan tidak boleh terlewatkan sebab kedutaan besar akan meminta Anda untuk memiliki asuransi perjalanan ke Schengen sebagai syarat utama mengajukan Visa Schengen. Cara mudah untuk mendapatkan asuransi perjalanan ke Schengen Anda bisa membelinya di Futuready. Sebagai broker asuransi retail online , Futuready menyediakan berbagai produk asuransi perjalanan ke Schengen sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Setelah membayaranya, polis asuransi ini pun bisa langsung dicetak dan bisa dibawa untuk syarat pembuatan Visa Schengen.

Formulir Permohonan Visa Schengen

Setelah mendapatkan asuransi perjalanan, selanjutnya adalah mendapatkan formulir pembuatan Visa Schengen. Formulir ini bisa Anda dapatkan di loket kedutaan negara terkait. Selain datang langsung, Anda juga bisa mengunduh formulir di setiap website kedutaan besar.

Siapkan Pas Foto

Setelah mendapatkan formulir, siapkan dua pas foto ukuran 3.5 cm x 4.5 cm berlatar putih dengan gaya foto formal. Pastikan telinga Anda terlihat saat difoto. Siapkan foto ini sebelum menyerahkan formulir guna mempercepat proses pembuatan visa.

Siapkan Paspor

Setiap wisatawan yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya membutuhkan sebuah paspor. Paspor adalah identitas Anda selama berada di luar negeri. Siapkan paspor asli maupun fotokopi untuk diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.

Baca Juga: Syarat Visa Schengen Agar Tidak Ditolak

Bukti Keuangan

Persyaratan lain adalah membawa bukti keuangan dengan melampirkan rekening koran dengan jangka waktu 3 bulan terakhir. Anda dapat mencetak di bank terkait kemudian meminta legalisir. Hal ini didasarkan untuk menanggung biaya yang dibutuhkan serta bukti keadaan keuangan pemohon yang ingin ke luar negeri. Meski begitu, pihak kedutaan tidak pernah menyebutkan secara pasti jumlah saldo minimum.

Bukti Reservasi Tiket Pesawat

Saat melakukan perjalanan ke luar negeri, sudah pasti Anda memerlukan tiket pesawat. Tiket ini merupakan syarat untuk mengajukan visa schengen dalam bentuk lampiran. Anda harus melampirkan bukti reservasi tiket pergi dan tiket pulang.

Bukti Reservasi Penginapan

Selain bukti tiket pesawat, Anda juga harus menyerahkan bukti reservasi penginapan yang akan Anda singgahi di Eropa. Bila di Eropa Anda mempunyai saudara atau kerabat yang tinggal disana, Anda perlu melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari Walikota setempat, surat pernyataan berapa lama Anda tinggal di Eropa serta alamat lengkap tempat Anda menginap di sana.

Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah persyaratan penting untuk Anda yang berstatus sebagai karyawan. Surat ini termasuk syarat penting pembuatan Visa Schengen. Surat keterangan kerja bisa menjadi bukti bahwa Anda mempunyai pekerjaan tetap di Indonesia sehingga tidak akan melarikan diri ke negara terkait untuk mencari kerja atau menjadi seorang imigran gelap. Bila Anda seorang pengusaha atau profesional, Anda perlu melampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha atau Profesi. Untuk Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga, Anda wajib melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan suami bekerja. Sementara itu bagi Anda seorang pelajar, Anda perlu melampirkan surat keterangan kampus atau sekolah terkait.

Membuat Itinerary (Rencana Perjalanan)

Intinerary atau rencana perjalanan juga menjadi syarat penting saat mengajukan Visa Schengen. Rencana perjalanan bisa menunjukkan rencana perjalanan Anda di Eropa. Pastikan intenarary dibuat dengan sedetail mungkin baik dari tanggal dan jamnya.

Kalau sudah memenuhi persyaratan ini, Anda tak perlu pusing lagi sebab peluang Visa Shengen Anda terbuka untuk segara disetujui oleh pihak kedutaan besar.

Leave a Reply