Yakin Double Claim Asuransi Kesehatan Meguntungkan? Cari Tahu Dulu Kebenarannya!

AsuransiAsuransi Kesehatan

Sebelum melakukan double claim asuransi kesehatan, ketahui dulu pengertian dan pemahaman yang sebenarnya mengenai double claim asuransi kesehatan.

Banyak diantara Anda yang pasti tergiur jika mendengar double claim asuransi kesehatan. Secara umum, pemahaman dari double claim asuransi kesehatan yang ada dipemikiran orang banyak, yaitu Anda bisa melakukan klaim lebih dari satu kali jika memiliki asuransi kesehatan yang berbeda. Nyatanya, bukan seperti itu.

Double claim asuransi kesehatan di sini memberikan Anda tambahan ganti rugi akibat risiko yang dialami apabila perusahaan asuransi kesehatan utama atau pertama tidak bisa memberikan ganti rugi secara penuh. Jadi, sisa kerugian yang tidak di-cover oleh perusahaan pertama, akan diganti oleh perusahaan asuransi yang kedua.

Maksud dari Double Claim Asuransi Kesehatan

Contohnya, Anda menghabiskan biaya rumah sakit sebesar Rp10.000.000 untuk 7 hari rawat inap. Jika perusahaan asuransi pertama bisa menanggung semua biayanya, tentu Anda tidak akan mendapatkan penggantian dengan jumlah yang sama dari perusahaan asuransi kedua. Mengapa demikian? Hal ini sudah menjadi dasar dari prinsip asuransi bahwa asuransi bukan dijadikan sebagai tempat mencari keuntungan, tetapi memberikan sarana untuk mengganti kerugian.

Jadi, jika Anda memiliki dua polis dari perusahaan yang berbeda, tetapi satu perusahaan asuransi tidak bisa memberikan ganti rugi sepenuhnya, sisa kerugian Anda akan di-cover oleh perusahaan asuransi yang kedua. Contohnya, biaya rumah sakit sebear Rp10.000.000 untuk 7 hari rawat inap. Tetapi perusahaan asuransi utama hanya bisa meng-cover Rp7.000.000 dari total tagihan. Nah, dimaksud dari double claim asuransi kesehatan ini, perusahaan asuransi kedua akan memberikan sisa ganti rugi yang tidak di-cover oleh perusahaan asuransi utama, yaitu Rp.3.000.000.

Proses Double Claim Asuransi Kesehatan

Ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan untuk double claim asuransi kesehatan, seperti berikut ini.

  • Rincian biaya berupa kuitansi yang belum di-cover oleh perusahaan utama.
  • Fotokopi kuitansi dari biaya keseluruhan.
  • Resume medis dari dokter.
  • Hasil laboratorium yang berhubungan dengan riwayat medis.
  • Form pengajuan asuransi kesehatan.

Jika dokumen-dokumen tersebut sudah siap, Anda bisa langsung mengajukan klaim ke asuransi kedua Anda.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi kesehatan terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.