16 Cara Sehat Selama Liburan (Part I)

BeritaHealthTravel

Lakukan 16 cara sehat selama liburan ini! Tak diragukan lagi pasti liburan Anda akan sempurna tanpa terhalang penyakit yang mengganggu. 

Liburan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Tiket keberangkatan sudah di tangan, packing juga sudah selesai. Tinggal tunggu waktu keberangkatan saja. Tapi sudahkah Anda menjaga kesehatan sebagai persiapan liburan panjang? Coba ingat-ingat kembali cara sehat apa yang sudah Anda persiapkan selama liburan nanti?

Cara Sehat Selama Liburan

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan supaya tetap sehat saat liburan. Mulai dari sebelum perjalanan, saat menunggu moda transportasi Anda berangkat, sampai saat berada di dalam moda transportasi yang mengangkut Anda ke tempat liburan. Sebagai permulaan perhatikan cara sehat selama liburan dimulai dari saat Anda belum berangkat.

 

Perkuat Imun Anda

Perkuat Imun Anda

Salah satu cara sehat saat liburan yang paling umum adalah menjaga imun tubuh. Anda bisa mulai dengan makan-makanan yang seimbang dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Atau Anda bisa juga mengkonsumsi vitamin rutin setiap harinya. Tapi mengkonsumsi makana sehat saja tidak cukup. Sebaiknya Anda lakukan juga olahraga ringan selama 15 sampai 30 menit seperti jogging, terutama Anda yang sepanjang liburan akan lebih banyak berjalan kaki.

BACA JUGA : Waspadai Penyakit Meningitis Saat Liburan Romantis

Bawa Barang Ini di Dalam Travel Bag

Bawa Barang Ini di Dalam Travel Bag Anda

Selalu sedia barang-barang ini di dalam travel bag yang bisa Anda bawa ke mana saja: Hand sanitizer, tisu kering dan basah, dan syal atau jaket yang bisa digunakan sebagai penghangat tubuh. Hand sanitizer dan tisu berguna untuk membersihkan kotoran di manapun Anda berada. Misal saat akan makan street food di Bangkok, sebaiknya Anda membersihkan tangan dengan hand sanitzer. Tak lupa juga untuk membersihkan kembali sendok, garpu, maupun piring untuk memastikannya bebas dari sisa kotoran dan debu. Sedangkan syal atau jaket berguna untuk segala kondisi cuaca baik dingin maupun panas.

Gunakan Kacamata dan Hindari Contact Lens

Gunakan Kacamata dan Hindari Contact Lens

Untuk perjalanan panjang, contact lens sangat tidak tepat karena membuat mata Anda kering dan mudah terserang bakteri. Menggunakan kacamata adalah cara paling tepat untuk mata sehat selama liburan, terutama untuk mencegah Anda mengusap mata yang berpotensi mencederai dan menyebabkan iritasi berkepanjangan.

 

Tiga cara sehat di atas merupakan persiapan awal, masih ada beberapa cara lagi yang perlu Anda lakukan untuk sempurnakan liburan tanpa penyakit yang mengganggu.

Leave a Reply