Memahami Apa itu 3i Network

Berita

3i Network milik PT AJ CAR menjanjikan tak hanya proteksi dan investasi tapi juga komisi untuk para nasabahnya. Lantas apa plus minusnya?

Baru-baru ini nasabah perbankan dihebohkan dengan kehadiran 3i network. Sebuah program keuangan yang dikatakan mirim Multi Level Marketing (MLM). Apa sebenarnya 3i network ini dan siapa yang mencetuskannya? Mari kita bahas secara sekasama.

Pengertian 3i Network

3i Network merupakan sistem pemasaran asuransi jiwa melalui jaringan agen. 3i adalah singkatan dari Insurance, Investment, Income dan Network. Ini merupakan produk Asuransi baru yang dikeluarkan oleh PT AJ CAR Central Asia Raya (Car Life Insurance). Orang yang menjadi nasabah 3i ini pun akan mendapatkan perlindungan ganda, yaitu proteksi, Investasi (Unit Link) dan juga penghasilan sebagai Agen Asuransi Jiwa (mengikuti peraturan keagenan yang berlaku).

Mirip MLM, setiap nasabah yang berhasil mengajak orang lain menjadi nasabah baru akan mendapatkan komisi dari PT CAR. Sementara asuransi yang ditawarkan ini bersifat unit-link. Selain itu setiap agen juga akan mendapatkan pengarahan dari AAJI dan mendapatkan lisensinya. Sehingga mereka benar-benar punya pengetahuan yang sama dengan agen asuransi berlinsesi.

Cara Kerja 3i Network

cara kerja 3i Network

Cara kerjanya sangat mudah, yakni seseorang harus terlebih dulu menjadi nasabah PT CAR dengan membayar dana awal sebesar RP 350ribu. Kemudian ia bisa mengikuti sejumlah pelatihan sampai mendapatkan lisensi dari AAJI dan berhak menggaet orang menjadi nasabah dan agen baru. Jadi sistem kerjanya ini agent get agent.

Meskipun begitu tidak ada pemaksaan bagi nasabah untuk mendapatkan nasabah lain. Terserah pada nasabah apakah ingin menjadi agen atau tidak. Selain itu, tidak ada sistem tutup point seperti pada MLM yang memaksa tiap anggotanya mesti mendapatkan member baru demi mendapatkan bonus dan naik level.

Baca Juga: Pilihan Investasi Jaminan Hari Tua: Sudahkah Anda Merencanakan?

Beda dengan MLM yang tidak dipayungi oleh perusahaan yang jelas. Sistem 3i network milih PT CAR tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, setiap nasabah mendapat jaminan dari pemerintah apabila ada penyimpangan yang dilakukan oleh pihak PT CAR.

Buat Anda yang belum tahu OJK adalah lembaga audit keungan yang dibuat resmi oleh pemerintah. Tugas mereka adalah mengawasi dan mengaudit bank dan lembaga asuransi berjalan dengan baik, punya keuangan sehat dan tidak melakukan kecurangan yang merugikan nasabahnya.

Pilihan Produk

Ada tiga produ yang ditawarkan PR CAR yakni Good Value, Smart Value dan Best Value. Beda ketiganya adalah dari sisi premi bulanannya, yang paling rendah adalah Good Value dengan premi Rp350 ribu/bulan, Smart Value dengan Rp 750ribu/ bulan dan paling tinggi adalah Best Value dengan Rp1 juta/bulan.

Nilai pertanggungan yang bisa didapatkan adalah Rp21 juta untuk Good Value, Rp 46juta untuk Smart Value dan Rp60 juta untuk Best Value. Masa pertanggungannya adalah 5 tahun, dan usia penanggung polis maksimal 75 tahun minimal 17 tahun.

Mirip dengan Tabungan Berjangka

Boleh dibilang 3i network ini serupa dengan tabungan berjangka. Bedanya, setiap nasabah berkesempatan mendapatk komisi jika mampu menggaet nasabah baru. Model investasinyapun sama dengan tabungan berjangka. Yakni setiap nasabah diwajibkan menabung setiap bulan dengan jumlah yang sama, dalam jangka minimal lima tahun.

Selama masa menabung ini, uang tidak bisa digunakan baik secara fisik maupun non fisik. Biasanya akan dikenakan denda juga jika mengalami keterlambatan setoran. Setelah masa lima tahun berakhir barulah tabungan bisa dicairkan plus bunganya. Nah bedanya di sistem yang baru ditawarkan PT CAR tersebut, selama masa menabung Anda juga diberikan proteksi layaknya asuransi jiwa.

Siapa Saja yang Boleh Menjadi Nasabah?

nasabah cara kerja 3i Network

Mereka yang bole menjadi nasabah adalah siapa saja yang sudah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 75 tahun. Tidak ada keharusan profesi apa yang diperbolehkan menjadi agen, selama dapat membayar premi yang telah disepakati tiap bulannya maka Anda dapat memasarkan produk asuransi ini kepada siapapun.

Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Jiwa

Namun perlu diingat ya, jangan anggap ini sebagai pekerjaan utama, karena sifatanya komisi bukan gaji. Komisi diberikan setelah Anda berhasil menggaet nasabah baru, sementara gaji besarannya selalu sama ditiap bulannya.

Manfaat 3i Bagi Nasabah

Meski masih banyak yang ragu dengan produk asuransi yang satu ini, nyatanya PT CAR berusaha memberikan yang terbaik untuk nasabahnya. Terbukti produk mereka yang satu ini sebenarnya memberikan manfaat berlapis.

Pertama, Anda diberikan proteksi berupa asuransi jiwa. Dimana ketika pemegang polis meninggal saat pembayaran asuransi masih berjalan pihak keluarga tetap akan mendapatkan nilai pertanggungan. Tidak ada beban yang Anda tinggalkan untuk orang-orang tercinta.

Kedua, Anda juga diberikan investasi yang menguntungkan. Karena modelnya bersifat unit-link maka ada pembagian keuntungan atau bunga berjangka untuk para pemegang polis.

Ketiga, Anda akan mendapatkan komisi dengan nilai yang disepakati oleh kedua belah pihak, yakni Anda sebagai agen dan PT CAR sebagai perusahaan asuransi. Perlu diingat ya, komisi ini bukan gaji sehingga besarannya mungkin tidak akan sama bagi setiap orang.

Plus-Minus

member 3i Network

Disamping manfaat yang begitu banyak dari produk asuransi ini, masih ada plus minus yang mungkin penting Anda ketahui. Salah satu plusnya adalah para nasabah yang dapat menjual produk asuransi dan mendapatkan komisi. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ini jelas bisa menjadi usaha sampingan tanpa harus melakukan upaya besar.

Plus lainnya adalah para agen sudah dimudahkan dengan aplikasi 3i Mobiss. Pada aplikasi tersebut Anda dapat mempelajari bagaimana mempelajari sistem dan perencanaan marketing. Sehingga setiap agen yang ingin bekerja merekrut agen baru punya pengetahuan yang lebih, tanpa harus repot-repot melakukan seminar maupun pelatihan tambahan. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play.

Baca Juga: Tip Berinvestasi dengan Tabungan Emas Pegadaian

Minusnya adalah nilai pertanggungan yang lebih kecil jika dibandingkan asuransi jiwa murni. Wajar saja karena memang sistem asuransi unit-link memberikan Anda dua kuntungan yakni dari investasi dan asuransi jiwa. Jadi semua nilai pertanggungan sebenarnya dipecah untuk kedua layanan ini.

Itulah beberapa informasi mengenai 3i Network yang mungkin belum Anda tahu. Tak perlu lagi khawatir karena produk keuangan ini sudah diawasi OJK dan dipayungi oleh perusaan asuransi besar yang sudah beroperasi lebih dari 40tahun. Namun tetap ya, pertimbangan plus minus dan kebermanfaatannya sebelum memutuskan beli produk asuransi yang satu ini.

Comments are closed.