Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Artikel Ilmiah

Berita

Artikel ilmiah tentu memiliki isi dan pesan yang besar yang ingin disampaikan pada pembaca. Oleh karena itu, proses penulisannya tidak boleh asal.

Menulis artikel seringkali dianggap remeh bagi sebagian orang. Mereka beranggapan bahwa membuat artikel tidaklah sulit, cukup menulis atau mengetik sebagaimana mestinya saja. Padahal, dalam membuat artikel, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan, terlebih jika kita membuat artikel ilmiah. Proses pembuatannya bisa dibilang jauh lebih rumit daripada artikel pada umumnya. Hal ini tak lepas dari jumlah kata dan halaman yang digunakan jauh lebih banyak dibandingkan artikel biasa. Selain itu, memiliki tujuan untuk menyampaikan sesuatu kajian ilmiah yang mungkin tidak semua orang paham. Maka dari itu, pesan yang ingin disampaikan haruslah tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, untuk menulisnya bukanlah sesuatu yang ringan. Nyatanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis artikel tersebut. Tak perlu berlama-lama, mari kita lihat apa saja yang harus diperhatikan saat membuat artikel ilmiah di bawah ini.

Baca juga: Kriteria Laporan Keuangan yang Baik dan Benar!

Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Artikel Ilmiah

Tentukan Tema Artikel

Cara membuat artikel ini yang paling utama adalah menentukan tema. Tema merupakan pembahasan utama yang kamu tulis. Tema juga akan membantumu untuk menentukan judul. Sebab, sifat dari artikel ilmiah umumnya lebih universal, pastikan kamu memillih tema yang mudah untuk dipahami masyarakat luas. Untuk menentukan tema kamu dapat melakukan observasi atau penelitian terlebih dahulu. Lakukan perencanaan yang matang sebelum menulisnya.

Buat Kerangka Tulisan

Cara selanjutnya adalah merancang kerangka tulisan. Agar tulisan tersusun secara sistematis, sebelum menulis pastikan untuk membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan berisi apa saja yang akan kamu tulis secara urut pada sebuah artikel ilmiah. Kerangka tulisan dibuat sebagai perencanaan garis besar poin-poin apa yang akan kamu informasikan. Buatlah setidaknya tulisan ‘kasar’ sebelum kamu menulis lebih detail lagi. Kumpulkan analisis masalah, teori, fakta, dan hasil penelitianmu lalu susun semuanya secara sistematis. Kamu dapat menempatkan isi dari artikel ilmiahmu ke beberapa bentuk sub judul.

Pahami Bahasa Penulisan

Cara membuat artikel ilmiah yang perlu kamu perhatikan adalah bahasa penulisan. Dari segi bahasa, penulisannya sedikit berbeda dari penulisan karya ilmiah. Artikel ilmiah ditulis dengan bahasa yang lebih sederhana karena sasaran pembacanya lebih universal. Berbeda dengan karya ilmiah yang menggunakan bahsa sangat formal dan cenderung kaku. Pada media massa tertentu, terkadang mereka memiliki gaya bahasanya sendiri. Jika kamu ingin mengirimkan artikel ke media tersebut, ada baiknya kamu mempelajari gaya bahasa yang dimiliki oleh media tersebut.

Baca juga: Membuat Surat Resign Kerja, Berikut yang Perlu Diperhatikan!

Buat Pembukaan yang Menarik

Dalam memulainya kamu perlu memberi paragraf pembuka untuk memulai tulisan. Pilihan kalimat pada paragraf pembuka memiliki peran paling penting untuk keseluruhan artikel ilmiahmu. Dengan paragraf pembuka yang menarik, para pembaca akan tertarik membaca artikel ilmiahmu sampai akhir. Meski ditulis semenarik mungkin, kamu harus ingat bahwa sifat dari artikel ini adalah sistematis. Tulis paragraf pembuka dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca umum.

Tulis Isi Secara Sistematis

Setelah menuliskan paragraf pembukaan yang menarik, cara membuat selanjutnya adalah menulis isi dari artikel ilmiah itu sendiri. Tulislah isi menggunakan bahasa yang tepat dan mudah dipahami. Jangan pernah gunakan kata-kata yang bersifat ambigu pada artikel ilmiah. Pada bagian isi, tulislah analisis masalah, teori, fakta, dan hasil penelitian yang telah kamu lakukan. Tulisan harus didasari dengan pemikiran ilmiah pula. Artinya kamu harus menuliskannya secara logis dan empiris. Artikel juga bersifat objektif. Artinya informasi atau tema yang dibagas sesuai dengan karakteristik objek uang ada. Tulislah karya ilmiah secara sistematis seperti memberi penomoran atau sub bab yang ada. Isi dari tulisan harus disertai dengan referensi yang jelas dna dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Menuliskan Gagasan Pokok Secara Gamblang

Tulisan ilmiah popular hanya berkisar 2,5 sampai 3,5 halaman. Oleh sebab itu kemukakan gagasan pokok tulisan di bagian awal paragraf. Dengan demikian pembaca dapat menangkap apa yang hendak disampaikan oleh penulis.

Baca juga: Langkah Tepat Membuat Daftar Riwayat Hidup

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Memberikan Ilustrasi yang Wajar

Jika di sebuah blog, ilustrasi yang menarik di tampilkan berupa gambar atau foto yang mendukung ulasan dalam artikel postingan. Namun dalam tulisan ilmiah popular, segala ilustrasi ditampilkan dalam rangkaian kalimat pada paragraf. Ilustrasi yang dibuat haruslah yang wajar, tidak mengada-ada dan logis.

Tulis Paragraf Penutup Artikel yang Kuat

Setelah memaparkan pokok-pokok bahasan pada bagian isi. Kamu perlu menutup tulisan dengan paragraf yang kuat dan meyakinkan. Kamu bisa menuliskan rangkuman singkat dari keseluruhan isi artikelmu serta meminta saran pada pembaca jika menemukan kekurangan pada artikel ilmiahmu. Tulis penutup artikel secara lugas dan tegas disertai bahasa yang mudah dipahami.

Lakukan penyuntingan

Setelah menyusun secara keseluruhan, cara membuat artikel ilmiah adalah melakukan pengecekan ulang. Baca ulang tulisan sebelum kamu kirimkan. Dengan membacanya kembali kamu dapat meminimalisir kesalahan penulisan yang ada. Penyuntingan juga berguna untuk mendapatkan hasil tulisan yang baik dan layak untuk dipublikasikan. Meski tulisanmu nantinya akan jatuh ke tangan editor dan akan disunting kembali, tak ada salahnya jika kamu juga menyuntingya terlebih dahulu untuk mengetahui letak kesalahan yang ada. Dengan menyunting tulisan, kamu akan mendapatkan kualitas tulisan yang lebih baik dan enak dibaca. Periksa kalimat dan paragraf yang ada apakah sudah enak dibaca, periksa kesalahan penulisan atau typo yang ada serta perhatikan penggunaan tanda baca yang tepat. Sejatinya, tidak ada satu pun hal yang tidak memiliki aturan di dunia ini, tak terkecuali dalam menulis artikel ilmiah. Maka dari itu, perhatikan poin-poin di atas sebelum menulis agar tulisan yang Anda buat tidaklah sia-sia.

Comments are closed.