Mengenal Detail Biaya Servis Avanza

Berita

Biaya Servis Avanza cenderung rendah karena ketersediaan sparepart yang melimpah. Namun untuk sekali erawatan setidaknya Anda  harus menyiapkan Rp300.000.

Keputusan untuk memiliki kendaraan membuat Anda mempertimbangkan serupa pajak juga perawatannya. Melakukan perawatan mobil adalah kunci menjaga performa kendaraan. Beberapa komponen pada suatu kendaraan memiliki usia pemakaian yang perlu diganti dari waktu ke waktu. Perawatan ini berlaku bagi siapa saja yang memiliki kendaraan, termasuk pada pemilik mobil Toyota Avanza.

Namun, sebelum mengetahui detail biaya servis Avanza, mari ketahui dahulu komponen apa saja yang harus mendapatkan service berkala. Berikut ini merupakan komponen yang perlu disentuh dengan perawatan, sehingga Anda dapat menyiapkan waktu dan budget yang perlu dikeluarkan.

Baca juga: Hitung-Hitung Biaya Rutin Servis Mobil

Komponen Mobil yang Perlu Diservis

 Oli Mesin dan Filter Oli

Komponen ini adalah salah satu yang tak boleh dibiarkan. Oli yang berfungsi untuk melumasi mesin agar proses pembakaran berlangsung dengan baik ini akan diganti setelah kendaraan menempuh 1.000 km. Kinerja oli ini tidak boleh dibiarkan menurun. Filter oli juga tak boleh luput dari perhatian, karena filter oli harus tetap bersih agar dapat melakukan proses penyaringan dengan sempurna dan maksimal.

 Aki

kisaran biaya servis avanza

Sistem alarm yang mati pada suatu kendaraan adalah salah satu tanda bahwa aki mobil perlu diganti. Bukan hanya itu saja, dashboard juga tidak akan menyala dan akan kesulitan menyalakan mobil. Pemilik mobil perlu rutin memperhatikan air pada aki basah yang harus ditambah secara rutin dan teratur. Pergantian aki basah ini biasa dilakukan setiap tahun. Jika perawatan pada aki kurang diperhatikan, kinerja aki akan membuat kendaraan melemah dan menjadikan mobil menjadi mogok saat dikendarai.

 Filter Udara

Perawatan filter udara bukan hanya menyoal dibersihkan saja, perihal seberapa seringnya dibersihkan pun menjadi penting yang akan memengaruhi penghematan bahan bakar. Biasanya filter udara ini akan dibersihkan saat mobil sudah menempuh 10.000 km dan juga setelah menempuh 40.000 km. Jika Ada melalui jalanan yang berdebu, filter udara yang tidak dibersihkan akan menghambat suplai udara ke ruang pembakaran mobil yang akan mengakibatkan pembakaran berlangsung tidak sempurna dan boros pada penggunaan bahan bakar.

 Busi

Busi dengan bentuknya yang kecil berbanding terbalik dengan fungsinya sebagai pemantik pada kendaraan. Agar kendaraan milik Anda tetap memiliki performa yang baik, sebaiknya Anda melakukan perawatan pada si kecil busi ini. Busi yang tidak dibersihkan akan membuat kesulitan menyalakan mobil, juga membuat boros bahan bakar jika tidak diganti dengan yang baru. Setidaknya pemilik kendaran tetap melakukan penggantian busi setelah mobil menempuh 20.000 km.

 Kanvas Kopling & Kanvas Rem

Kanvas kopling yang memiliki fungsi mengirimkan tenaga mesin ke ban ini perlu juga diperhatikan, sebab kanvas kopling relatif akan cepat menipis yang dapat terjadi apabila jalanan rusak. Bau khas koplin yang tercium saat melakukan pengereman di tanjakan menjadi salah satu ciri kanvas kopling harus segera diganti. Biasanya pada bagian ini akan dilakukan penggantian setelah mobil menempuh jarak 10.000 km hingga 50.000 km.

Selain kanvas kopling, kanvas rem pun menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan. Kanvas rem ini memiliki fungsi yang krusial, dimana fungsi pengereman ini didukung oleh komponen kanvas yang berkualitas. Kanvas rem akan menipis seiring dengan berapa lama pemakaian mobil dan mengakibatkan sejumlah gangguan pada kendaraan. Bunyi berdecit saat mengerem, injakan rem yang lebih dalam dari biasanya, serta jumlah minyak rem yang berada di bawah batas normal menjadi salah satu ciri bahwa kanvas rem mobil harus segera diganti. Kanvas yang mengalami penipisan akan mengakibatkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem pada reservoir. Setidaknya Anda perlu mengetahui bahwa kanvas rem rutin diperiksa dan mendapatkan penggantian kanvas setiap jarak tempuh mobil mencapai 20.000 km.

 Ban Mobil

Kondisi mobil menjadi hal yang penting ketika akan menggunakannya, apalagi jika melewati jalan yang rusak, terjal, dan menanjak. Ban mobil yang menipis akan berpengaruh pada gaya geseknya berkurang. Hal ini tentu membuat kesulitan bermanuver dan risiko kecelakaan yang besar dapat terjadi. Saat Anda memiliki mobil, pastikan memilih ban yang sesuai dengan karakteristik mobil yang dimiliki. Siklus pergantian posisi ban secara teratur dapat menjaga kualitas ban mobil.

Lampu

Usia lampu akan bergantung dengan seberapa sering lampu digunakan. Jika Anda sering mengendarai mobil, maka semakin pendek usia lampu mobil. Pada bagian pemasangan lampu mobil harus dipastikan dengan benar agar lampu mobil awet dan tidak membuat boros bahan bakar. Lampu mobil akan meredup standarnya setelah mobil digunakan kurang lebih 1,5 tahun.

Biaya Servis Toyota Avanza

Nah jika sudah mengetahui apa saja komponen yang perlu diservis, satu hal yang penting dan perlu dipertimbangkan saat memiliki kendaraan adalah biaya servis. Bagi Anda pemilik mobil Toyota Avanza, berikut ini jenis-jenis servis dan biaya servis Toyota Avanza.

Baca juga: Toyota Avanza 2019: Spesifikasi dan Kelebihan

 Jenis Servis Berdasarkan Jarak Tempuh

  • Jarak tempuh 5.000 km dan kelipatannya: ganti oli + filter oli;
  • Jarak tempuh 20.000 km dan kelipatanya: perawatan setiap 5.000 km + Ganti Busi + Oli transmisi + kuras minyak rem;
  • Jarak tempuh 40.000 km dan kelipatannya : perawatan setiap 20.000 km + filter udara + kuras radiator;
  • Jarak tempuh 100.000 dan kelipatannya: penggantian timing belt.

Jenis Servis Berdasarkan Usia Kendaraan

mengintip biaya servis avanza

  • Pada awal bulan dan bulan kedua wajib melakukan penggantian oli mesin dan filter oli.
  • Bulan ke-12, perlu dilakukan penggantian oli mesin, dan oli busi.
  • Bulan ke-18 perlu penggantian oli mesin dan filter oli
  • Bulan ke-24 dan kelipatannya akan dilakukan penggantian oli mesin, filter udara, filter oil, minyak rem, minyak rem.
  • Bulan ke-30, 42, 54, 60, perlu dilakukan oil mesin dan filter oli.
  • Bulan ke-36, diwajibkan untuk mengganti oli mesin, busi, dan filter oil.

Setelah mengetahui jenisnya, berikut ini merupakan estimasi biaya servis Toyota Avanza:

Biaya Servis Toyota Avanza Secara Berkala 10.000 Km

Penggantian oli mesin sebesar Rp 370.00, filter oli Rp 76.000, Gasket Plug Carter + Air baterai Rp. 10.000, dan total biaya Rp 465.000 tanpa biaya servis.

Biaya Servis Toyota Avanza Secara Berkala 40.000 Km

Penggantian oli mesin sebesar Rp 370.00, filter oli Rp 76.000, oli gardan Rp 225.000, oli transmisi Rp 225.000, minyak rem Rp 100.000, saringan udara Rp. 200.000, Gasket Plug Carter + Air baterai Rp 30.000, Total biayanya Rp 1,226,00 tanpa jasa servis.

Biaya Servis Toyota Avanza Secara Berkala 60.000 Km

Penggantian oli mesin sebesar Rp 370.00, filter oli Rp 76.000, Gasket Plug Carter + Air baterai Rp 30.000, dan total biaya Rp 465.000 sudah termasuk biaya jasa service sebesar Rp 550.000.

Biaya Servis Toyota Avanza Secara Berkala 80.000 Km

berapa biaya servis avanza

Penggantian oli mesin sebesar Rp 370.00, filter oli Rp 76.000, oli gardan Rp 225.000, oli transmisi Rp 225.000, minyak rem Rp 100.000, saringan udara Rp. 200.000, saringan bahan bakar Rp 1.400.000, dan Gasket Plug Carter + Air baterai Rp 30.000, Total biayanya Rp 3.396,00 sudah termasuk biaya jasa servis sebesar Rp 770.000.

Biaya Servis Toyota Avanza Secara Berkala 90.000 Km

Penggantian oli mesin sebesar Rp 370.00, filter oli Rp 76.000, oli gardan Rp 225.000, Gasket Plug Carter + Air baterai Rp 30.000, biaya jasa service Rp 506.000, maka totalnya Rp. 962.000.

Baca juga: Spooring & Balancing: Berapa Sering Baiknya Mobil Diservis?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.