7 Fakta Mobil Tercepat Di Dunia Bugatti Chiron

BeritaMobil

Bugatti Chiron yang dibanderol 30-an Miliar ini jadi mobil termahal dan tercepat di dunia. Masuk dalam kategori supercar tunggangan ini sudah jadi incaran para miliarder.

Bugatti telah lama dikenal sebagai produsen mobil-mobil cepat didunia. Setelah sebelumnya berhasil dengan Bugatti Veyron produsen supercar ini kembali mencatatkan diri dalam sejarah dengan menelurkan hypercar Bugatti Chirron. Banyak yang menilai bahwa hypercar ini adalah keajaiban baru dalam dunia ototmotif.

Bugatti Chiron dianggap punya salah satu mesin terbaik yang pernah dibuat dalam sejarah mobil. Selain itu ada sejumlah fakta mengejutkan lain soal mobil garapan Prancis ini. Simak ulasannya berikut ini.

7 Fakta Unik Bugatti Chiron


Fakta Unik Bugatti Chiron

Namanya Diambil Dari Pembalap Legendaris

Saat baru diperkenalkan ke publik banyak yang mengira bahwa nama produk ini terinspirasi dari mitologi Yunani. Namun sang produsen menegaskan bahwa nama mobil super ini dinamai sesuai dengan legenda balap mobil Prancis Louis Alexandre Chiron. Namanya memang lekat dengan Bugatti, karena bersama tim Bugatti lah ia memenangkan hampir semua Grand Prix utama untuk merek berbasis Molsheim pada 1920-an dan 1930-an.

Baca Juga: Spesifikasi Renault Kwid yang Murah tapi Super Mewah

Penggunaan Serat Karbon

Bagi mereka yang pernah mengendarai Chiron pasti tahu mobil ini sangat ringan, sasisnya sangat lembut dan hampir seperti tidak ada beratnya. Hal ini karena penggunaan serat karbon yang menjadi bahan dasar setiap material mobil. Serat karbon ini digunakan untuk eksterior maupun interior mobil. Jika dibentangkan mungkin serat karbon yang dipakai panjangnya seperti jarak bumi-bulan.

Mampu Menghasilkan 1500 Tenaga Kuda

Berbeda dengan ras hypercar saat ini dan pesaing terdekatnya Koenigsegg Regera, McLaren P1, LaFerrari dan Porsche 918. Chiron didorong oleh tenaga bensin murni. Chiron menampilkan versi yang disempurnakan dari mesin V16 quad-turbocharged, 8.0-liter W16 Veyron yang sekarang menghasilkan 1.500 tenaga kuda dan 1180lb ft. Mesin ini menampilkan 32 injeksi bahan bakar dan langkah-langkah tambahan pengurangan massa dibandingkan pendahulunya.

Dilengkapi dengan empat turbo yang lebih besar, sehingga dapat  menghasilkan torsi maksimum dari 2000 hingga 6000rpm, yang merupakan 70 persen. Hypercar ini memiliki sistem dua tahap yang menggantikan sistem paralel di Veyron dan hanya menggunakan dua turbo hingga 3800rpm, untuk meningkatkan respons throttle, dan keempatnya melampaui itu.

Chiron Memiliki Kopling Terbesar yang Pernah Dipasang pada Mobil Penumpang

Kecepatan super yang dimiliki Chiron juga tak lepas dari keberadaan kopling terbesar yang mereka pasang pada mobil ini. Bugatti telah merancang transmisi kopling ganda tujuh kecepatan baru yang cukup besar untuk menangani torsi 1180lb kaki Chiron. Transmisi dipesan lebih dahulu dari Chiron, yang mengirimkan daya ke keempat roda, adalah kopling terbesar, berkinerja tinggi yang dipasang pada mobil penumpang.

Knalpot Titanium Bugatti Chiron

Sistem Knalpot Titanium

Mobil ini dilengkapi dengan  enam knalpot, namun yang terlihat hanya empat. Karena dua yang lain dipasang dibagian samping. Sistem pembuangan hypercar dilengkapi dengan empat pra-konverter dan dua konverter katalitik utama, yang menurut Bugatti enam kali lebih besar dari konverter katalitik yang ditemukan di mobil berukuran sedang. Bugatti juga menggunakan trik yang brilian untuk mengeluarkan gas buang sambil menghasilkan lebih banyak downforce. Dari belakang, mungkin terlihat bahwa Chiron hanya memiliki empat pipa knalpot. Namun, Bugatti sebenarnya memiliki enam pintu keluar titanium 3,2 inci; empat ujung knalpot keluar secara terpusat, dan dua lainnya keluar ke bawah di sisi kiri dan kanan hypercar.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Toyota Hiace, Mobil Komersil Toyota

Mobil Tercepat Didunia

Selama lebih dari satu dekade Bugatti selalu berhasil menciptakan mobil tercepat didunia. Chiron siap untuk merebut rekor dari pendahulunya. Sayangnya sang produsen belum mengumumkan berapa kecepatan tertingginya. Sebagai informasi kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 261mph (420km / jam), yang membuatnya sedikit lebih lambat dari rekor Veyron Super Sport V-max 267mph. Tetapi dengan limiter dihilangkan, diyakini bahwa hypercar inidapat mencapai kecepatan tertinggi setidaknya 275mph, 7mph lebih cepat dari Veyron Super Sport dan 5mph lebih cepat dari Hennessey Venom GT.

Hanya diproduksi 500 Unit

Jika Anda berminat dengan mobil super ini Anda haruslah seorang miliuner, sebab harga yang dipatok tidak main-main yakni 2,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 36 miliar lebih. Tak hanya itu Bugatti juga membatasi produksi mobil hanya 500 buah. Jadi selain mahal Anda juga harus berebut dengan para miliarder lain didunia.

Bugatti Chiron Bukan Mobil Hibrida

Bugatti Chiron Bukan Mobil Hibrida

Chiron bukanlah mobil hibrida. Tidak seperti pesaing terdekatnya – McLaren P1, LaFerrari dan Porsche 918 , Chiron bergantung pada bahan bakar fosil. Mesinnya adalah pengembangan W16 quad-turbo Veyron 8,0 liter, gearbox-nya versi yang diperkuat dari kopling kembar tujuh-kecepatan Veyron, dan seperti Veyron, ia menyebarkan kekuatannya yang besar melalui keempat roda.

“Jika kami menggunakan hybrid, kami akan menambah bobot tambahan. Kami juga akan mengalami kendala paket, karena mobil ini tidak memiliki area di mana Anda dapat meletakkan barang-barang tambahan, sehingga penataannya perlu diubah, “Wolfgang Durheimer, CEO Bugatti.

Baca Juga: Mobil Italia Paling Dikenal di Indonesia, Mana Favorit Anda?

Mobil dengan sistem hibrida dianggap kurang dalam kecepatan. Penggunaan aerodinaminkan dinilai sudah cukup mengurangi bobot mobil sehingga bisa melaju lebih kencang.

Mobil Termahal dan Tercepat Didunia

Bugatti mencetak rekor dengan menjual mobil termahal didunia. Chiron sudah diuji joba pada Agustua 2019 silam dan kecepatannya akan dibatasi di maksimum 273,4 mph . Harganya masih sekitar 36 miliar. Angka ini menempatkan Chiron sebagai mol termahal dan tercepat di dunia untuk periode 2019.

Tidak ada yang berubah dari konsep sebelumnya, yakni yang pertama kali dibuat 2007 silam, merek yang saat ini menjadi bagian dari Grup Volkswagen tersebut ingin menjadikan Chiron sebagai lambing kehormatan. “Dengan Super Sport 300+ kami memberikan penghormatan tidak hanya untuk sejarah kami yang gemilang dengan banyak rekor kecepatannya, tetapi juga kinerja seluruh tim pemecah rekor,” kata Presiden Bugatti Stephan Winkelmann dalam sebuah pernyataan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Masih menurut Winkelmann Chiron merupakan saksi bisu bagaimana pengerjaan luar biasa yang dilakukan sebuah tim dalam menciptakan mesin fantastis. Dibangun dengan aerodinamika yang lebih licin, termasuk juga ujung belakang yang lebih panjang, pipa knalpot yang dimodifikasi, dan ventilasi yang ditempatkan secara strategis yang mengurangi hambatan, memungkinkannya mencapai kecepatan yang menakjubkan. Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai Chiron adalah maksimum 261 mph. Pengiriman mobil hypercar, dengan sasis serat karbon hitam legam, akan dimulai pertengahan 2021.

Comments are closed.