Cara Check-in Mudah Qantas Airways

BeritaLifestyle & Leisure

Dikenal sebagai raja maskapai paling aman di dunia. Begini cara check-in mudah di Qantas Airways yang sudah berbasis digital.

Qantas Airways, maskapai penerbangan milik Australia ini dikenal sebagai yang teraman dan nyaman di dunia. Bahkan untuk kelas ekonomi, diakui para penumpangnya Qantas tetap menyajikan kenyamanan bak kelas premium. Tak heran jika penumpang maskapai negeri kanguru ini selalu naik tiap tahunnya.

Harga ramah kantong dan fasilitas oke sudah jadi alasan mengapa banyak yang memburu tiket Qantas. Ada sejumlah keunggulan lain mengapa ia selalu jadi rujukan para penumang. Yakni teknologi pemesanan dan check-in yang sangat mudah dan bersinergi dengan teknologi. Maskapai ini menawarkan 4 cara check-in yang digemari para penumpang. Mari kita bahas satu persatu.

Baca juga: Terupdate! 10 Maskapai Terbaik di Dunia Tahun 2019

4 Cara Check-in Pesawat Qantas Airways

Mobile Check-in

booking qantas airways

Mungkin ini menjadi cara check-in yang paling digemari karena kemudahaannya. Untuk menggunakaannya Anda hanya perlu mengunduk aplikasi Qantas Airways yang sudah tersedia di Google Play Store atau iOS. Sayangnya, layanan ini belum termasuk untuk penerbangan internasiona, hanya untuk lokal atau domestik saja. Jadi hanya bisa digunakan ketika Anda berlibur dari satu daerah di Australia ke daerah lain.

Ada batas waktu melakukan mobile check-in ini yakni 24 jam paling cepat sampai 30 menit sebelum waktu keberangkatan, dan hanya orang dewasa yang boleh menggunakan mobile check-in. Sedangkan untuk penumpang anak-anak atau dibawah umur masih harus melakukannya secara manual yakni di counter di Bandara. Begini langkah menggunakan mobile check-in nya:

  • Siapkan kode booking pada  yang telah dipesan.
  • Buka aplikasi Qantas di smartphone Anda.
  • Pilih Check-in atau Manage Booking.
  • Pilih penumpang untuk melakukan proses check-in.
  • Anda bisa melakukan check-in sekaligus untuk perjalanan pulang jika melakukan perjalanan pulang pergi di hari yang sama.
  • Anda akan mendapatkan nomor boarding pass melalui SMS.

Anda bisa menuju langsung ke gate keberangkatan, sementara bagi Anda yang membawa banyak barang bawaan jangan datang di waktu yang mepet meskipun check-in sudah dilakukan melalu mobil app. Ini untuk mengantisipasi jumlah antrian yang membludak ketika Anda memasukkan barang ke bagasi atau mencetak label bagasi. Miminal datanglah 30 menit sebelum waktu keberangkatan yang tertera di tiket pesawat.

Online Check-in

Karena sama-sama berbasis mobile alias sudah digital dan menggunakan internet, sebenarnya langkahnya tidak jauh berbeda dengan mobil check-in. Bedanya mungkin ini hanya bisa dilakukan di tablet atau PC yang berlayar besar.

Cara ini hampir sama dengan mobile check-in, bedanya hanya pada perangkat yang digunakan. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu penerbangan Anda termasuk dalam kategori yang memungkinkan untuk melakukan online check-in. Begini langkah menggunakan online check-in:

  • Buka situs resmi Qantas di www.qantas.com.
  • Masukkan kode booking dan nama belakang. Bagi Anda ddengan fasilitas Frequent Flyer, bisa melakukan proses ini melalui “Manage Booking” atau “Your Booking”.
  • Akan muncul lembaran informasi berisi rincian penerbangan, baca baik-baik jangan sampai salah lalu tekan  “Check-in” atau “Print Boarding Pass”.
  • Seperti biasa datanglah lebih cepat ke bandara jika membawa banyak barang untuk mengansitipasi antrian panjang pada pengurusan bagasi.

Check-in Manual

booking qantas airways

Sama seperti maskapai pada umumnya, jika melakukan check-in secara manual Anda wajib hadir paling tidak dua jam sebelum waktu keberangkatan. Sebab resiko antrean panjang pada saat check-in dan pengurusan bagasi bisa menyebabkan masalah besar. Sering kedapatan penumpang ketinggalan pesawat karena belum melakukan check-in online dan datang mepet untuk check-in manual.

Perlu diketahui juga biasanya maskapai dan bandara membuat aturan soal check in manual ini. Yakni adanya batas maksimal dalam melakukan check-in yaitu 60 menit sebelum keberangkatan. Ada piliha lain yang bisa Anda dapatkan yakni check-in melalui konter maskapai Qantas yang ada di bandara.

Tapi ini hanya diperuntukkan bagi penerbangan domestik. Sementar untuk Anda yang akan melakukan penerbangan internasional, ada dua pilihan yang disediakan yakni:

  • Check-in di loket maskapai. Jangan lupa siapkan paspor, tiket pesawat, dan kartu identitas Anda.
  • Check-in di kios maskapai jika perjalanan dilakukan dari Brisbane atau Sydney. Jika perjalanan Anda tidak dimulai dari dua kota tersebut, maka Anda hanya bisa melakukan check-in melalui loket.

Auto Check-in

Senada dengan mobile checkin, cara check-in Qantas dengan auto checkin juga hanya diperuntukkan bagi penerbangan domestik saja. Bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan Qantas biasanya akan kebingungan dengan metode ini. Padahal prosesnya sangat sederhana.

Jika belum melakukan check-in secara online atau manual, layanan ini akan secara otomatis mengirimkan pesan ke ponsel Anda. Akan ada pesan yang berisi permintaan mengakses boarding pass yang tertera pada tiket pesawat. Karena itu pastikan nomer ponsel di laman profile Anda masih aktif.

Baca juga; Terbang dengan Layanan Kelas Dunia Qatar Airways

Mengapa Memilih Qantas Airways?

Sejumlah penumpang mengakui bahwa ini adalah raja maskapi di dunia. Namun Anda pasti penasaran bagaimana maskapai yang satu ini dirasa sempurna. Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang-orang memilih terbang bersama Qantas.

Makanan yang Lezat

layanan qantas airways

Sajian makanan khas Australia yang serba Eropa bisa Anda rasakan. Menunya juga selalu ada pembaharuan, sehingga tidak membuat bosan. Banyak penumpang juga mengakui kalau kuliner didalam pesawar rasanya bak restoran mahal. Suguhan anggur Australia menjadi penutup perjalanan yang sempurna, dan jik Anda bosan pergilah ke bar pesawat karena disana disediakan kudapan gratis.

Kelas Ekonomi Super Nyaman

Kalau kelas ekonomi terbiasa dengan kursi sempit dan ruang kaki terbatas, lain hal dengan Qantas yang berani memberikan pengalaman berbeda.Meski hanya kelas ekonomi Anda akan mendapatkan pengalaman kelas bisnis, seperti bantalan yang lebih lembut, pijakan kaki dan ruang kaki yang lebih besar. Kursi ramping yang ergonomis dengan dukungan pinggang bawaan. Sandaran kepala yang dapat disesuaikan, dengan sayap samping menopang kepala Anda saat tidur. Bahkan terdapat rak perangkat elektronik pribadi.

Lounge Bar di kelas Bisnis

Lounge Bar menawarkan tempat yang nyaman, tenang untuk bersantai atau bekerja sebelum tinggal landas. Nikmati pilihan bersantap termasuk menu musiman yang dirancang oleh Neil Perry – Direktur Kreatif Makanan, Minuman, dan Layanan Qantas. Anda juga memiliki pilihan minuman, anggur premium, minuman beralkohol, dan minuman non-alkohol plus kopi barista ‡ dan banyak lagi.

Tetap terhubung dengan Wi-Fi, beberapa USB dan port pengisian daya, pencetakan nirkabel, televisi LCD, dan pilihan majalah dan surat kabar. Plus Anda akan memiliki kesempatan untuk menyegarkan diri dengan fasilitas shower.

Baca juga: Penerbangan Lebih Mudah dengan Cathay Pacific

Comments are closed.