Cara Jitu Mendapatkan Promo Tiket Pesawat

Berita

Bisa mendapat tiket penerbangan dengan harga murah tentu menjadi impian semua orang. Lalu bagaimana tip dan trik agar dapat mengoptimalkan promo tiket pesawat? Simak artikel berikut.

Suka traveling tapi ingin tetap hemat? Atau ingin pulang kampung dengan pesawat tapi harga tiket pesawat sedang tak bersahabat? Saat seperti itu usaha-usaha untuk mendapatkan harga terbaik akan dilakukan. Berikut ini adalah cara-cara memperoleh promo tiket maskapai penerbangan.

Memahami Waktu

tip mencari promo tiket pesawat

Hal yang paling penting dan tak dapat dilewatkan adalah waktu. Pastikan Anda memilih waktu penerbangan yang tepat untuk mendapatkan promo terbaik. Umumnya, maskapai penerbangan akan memberikan harga khusus pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Sedangkan akhir pekan, hari libur Nasional, serta hari sibuk untuk perjalanan bisnis merupakan hari yang harus dihindari. Mengapa? Karena pada saat itulah harga pesawat akan mengalami kenaikan, dimana banyak pekerja yang pulang atau yang dapat berlibur hanya di akhir pekan saja. Bagaimana dengan hari Senin? Hindari pula hari Senin, karena banyak yang akan melakukan perjalanan bisnis pada awal pekan. Hal tersebut tentu tidak akan membuat Anda mendapatkan promo yang diharapkan.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Tiket Pesawat

Saat akan bepergian dengan harapan mendapatkan promo tiket penerbangan, berusahalah untuk berburu tiket setidaknya tiga bulan sebelum keberangkatan. Menurut data statistik menunjukkan bahwa pada Minggu sore merupakan waktu yang tepat untuk berburu tiket.

Memanfaatkan Situs Agregator dan Online Travel Agent

Selain waktu, Anda juga perlu memahami harga-harga tiket pesawat sebelum menentukan maskapai mana yang akan ditumpangi. Situs agregator seperti Skyscanner dapat membantu Anda membandingkan harga tiket dari berbagai situs pemesanan. Hal ini dilakukan, mengingat harga tiket pesawat dalam situs resmi maskapai penerbangan lebih mahal jika dibandingkan dengan harga pada situs penjualan pihak ketiga atau Online Travel Agent (OTA). Saat ini memang banyak tersedia promo yang tersedia di berbagai OTA dengan menawarkan potongan harga tiket penerbangan besar-besaran. Dengan bantuan tersebut, Anda akan dengan mudah menemukan promo tiket dengan harga murah. Adapun yang tak boleh dilupakan adalah memantau sosial media sebagai acuan selama berburu tiket. Melalui media sosial, Anda akan mendapatkan informasi yang cukup mudah untuk memantau pilihan perjalanan dengan harga murah.

Hindari Direct Flight

Beberapa orang ingin perjalanannya tak memakan waktu lama untuk melakukan hal lain, sehingga memilih direct flight atau penerbangan langsung ke tempat tujuan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pilihan tersebut merupakan salah satu hal yang membuat Anda tidak akan mendapatkan tiket dengan harga murah. Tiket pesawat untuk penerbangan langsung akan memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan memanfaatkan tiket transit. Mengapa mahal? Perjalanan langsung dengan satu tiket ke tempat tujuan tidak akan mengalami transit dan tidak akan membuat Anda menghabiskan waktu untuk menunggu. Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan promo tiket  yang murah, Anda dapat memilih untuk memanfaatkan tiket transit. Adapun jika Anda bepergian dengan promo tiket pesawat yang murah dari salah satu maskapai penerbangan, kemudian terbang ke tempat tujuan akhir dengan tiket maskapai yang berbeda dan memberikan harga yang jauh lebih murah daripada tiket terusan, maka hal ini dapat menjadi pilihan. Namun, perhatikan pula waktu serta bagasi yang diperlukan. 

Hindari Peak Season

tip mencari promo tiket pesawat

Ada beberapa lokasi wisata yang banyak diminati untuk dikunjungi di waktu-waktu tertentu. Musim juga dapat memengaruhi harga tiket pesawat menjadi meningkat, seperti antara bulan Juli dan Agustus, Natal, hingga menjelang tahun baru menjadi salah satu penyebab kenaikan harga tiket pesawat sehingga minimnya ketersediaan promo maskapai penerbangan. Baiknya kenali pada musim dan bulan apa yang tepat mengunjungi beberapa destinasi. Misalnya, jika Anda ingin mengunjungi Eropa, maka bulan April, Mei, dan Juni adalah waktu yang sangat tepat, mengingat cuaca yang tidak terlalu panas, tidak terlalu ramai seperti saat liburan. Bulan September dan Oktober juga dapat menjadi pilihan yang tepat dengan udara yang tidak terlalu dingin.

Baca juga: Cara Check in Online Pesawat Untuk Maskapai di Indonesia

Promo Tiket Plus Hotel

Saat berlibur atau melakukan perjalanan bisnis dengan waktu yang lebih dari satu hari akan membuat Anda menginap di tempat tujuan. Menyewa hotel merupakan salah satu cara bermalam. Nah, agar lebih hemat melakukan perjalanan, Anda dapat memesan tiket pesawat sepaket dengan pemesanan hotel. Mengapa? Ada banyak Online Travel Agent yang menawarkan berbagai macam penawaran yang menggiurkan, seperti promo penerbangan yang akan jauh lebih hemat jika dibeli secara paketan. Selain lebih hemat uang, cara ini juga membuat Anda menghemat waktu untuk berburu hotel.

Member Maskapai Penerbangan

Setiap orang tentunya memiliki maskapai penerbangan favorit. Menjadi milis maskapai penerbangan juga merupakan salah satu cara mendapatkan promo penerbangan dengan harga murah. Setiap maskapai penerbangan menyediakan program milis atau program member ini. Dengan menjadi member salah satu maskapai penerbangan, mereka akan memberikan beragam fasilitas khusus selain fasilitas umum saat menggunakan penerbangan dengan tiket pesawat reguler. Saat menjadi member, Anda akan mendapatkan info produk dan tentunyapotongan harga tiket penerbangan dengan harga yang sangat menarik. Member juga akan mendapatkan poin setiap kali melakukan penerbangan, dengan mengumpulkan poin akan mendapatkan reward dan penawaran yang menarik seperti promo tiket penerbangan dengan harga murah. Kesempatan mendapatkan diskon, penukaran poin, dan harga khusus pembelian tiket pesawat akan dirasakan oleh member maskapai penerbangan tertentu. Menganalisis dengan membandingkan keuntungan menjadi member dari setiap maskapai penerbangan juga perlu dilakukan, agar mendapatkan penawaran harga terbaik.

Mendahulukan Tiket Keberangkatan

tip mencari promo tiket pesawat

Mungkin akan ada saat-saat dimana Anda kesulitan mendapatkan tiket perjalanan pulang-pergi. Hal ini juga tak perlu dikhawatirkan, bagi Anda yang menginginkan potongan harga tiket, lakukan pembelian tiket secara terpisah untuk keberangkatan dan saat pulang nantinya. Bukan pekerjaan yang mudah memang menyesuaikan harga yang murah untuk keberangkatan dan kepulangan sekaligus. Membeli tiket keberangkatan dengan harga yang murah tidak boleh dilewatkan, karena hal ini tak akan sering didapatkan. Maka, Anda dapat membeli tiket kepulangan pada lain waktu saat mendapatkan penawaran yang lebih menarik dan murah.

Baca juga: Punya Bujet Liburan Terbatas? Ini Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Bagaimana? Sudah siap tempur mencari waktu yang tepat untuk mendapatkan promo tiket pesawat dengan harga murah? Dengan kegigihan mendapatkan penawaran harga terbaik, ingat selalu untuk terus mencari info mengenai informasi tiket paling akurat dan terkini di beberapa situs terpercaya. 

Comments are closed.