Cara Mencuci Mesin Mobil dengan Benar

Berita

Tidak hanya performa mesin mobil saja yang harus diperhatikan perawatannya. Kebersihan mesin mobil pun juga, salah satunya dengan cara mencuci mesin mobil dengan benar agar terhindar dari karat.

Menjaga kebersihan mesin mobil sangat penting sekali diperhatikan, untuk menghindari mesin dari risiko karat. Biasanya, mesin mobil kotor banyak disebabkan oleh tetesan oli, panas mesin, air rembesan, dan lain sebagainya. Ada beberapa hal yang menjadi faktor mengapa begitu penting mencuci mesin mobil, berikut ini di antaranya:

  • Mencegah terhambatnya pelepasan panas yang ada pada mesin. Biasanya diakibatkan oleh kotoran-kotoran yang menumpuk, seperti tetesan oli, debu pada komponen mesin, radiator mesin dan AC, dan lainnya.
  • Mencegah risiko terjadinya aus pada bagian-bagian komponen mesin yang terbuka, seperti ACG, dinamo, belt AC, power steering, dan lainnya.
  • Menjaga kondisi konektor listrik agar tetap bekerja dengan maksimal karena tidak ada kotoran yang menghambat di dalamnya.

Untuk mencuci mesin mobil dengan baik dan benar ada dua jenis pembersih mobil yang harus digunakan yaitu:

Engine Clean

Engine clean merupakan jenis pembersih mesin mobil yang digunakan pada kotoran-kotoran yang melekat pada mesin mobil. Pembersih jenis ini banyak bisa dijumpai di toko-toko otomotif pembersih mobil.

Engine Dressing

Untuk jenis pembersih yang satu ini, umumnya digunakan untuk mengembalikan warna komponen mesin mobil.

Selain dua pembersih di atas, beberapa pembersih lainnya yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan mesin mobil antara lain:

Engine Degreaser

Banyak orang saat mencuci mesin mobil, lebih banyak menggunakan solar. Namun, karena karakter solar yang mudah terbakar banyak orang beralih ke engine degreaser, pembersih ini kurang lebih sama dengan karater minyak tanah dan dijual dalam bentuk kaleng aerosol.

Belt Dresser

Pembersih ini merupakan cairan khusus yang sering digunakan untuk mencuci mesin mobil. Dapat digunakan untuk semua jenis rubber belt seperti water pump, ac alternator dan yang mempunyai bahan sejenis di dalam mesin.

Proses Mencuci Mesin Mobil

Bersihkan Bagian Mesin yang Mudah Dulu

Bagian bawah kap mobil bisa dibersihkan terlebih dahulu, semprot dengan air dengan tekanan semprotan normal. Gunakan cairan pembersih kotoran pada mesin mobil di bagian bawah kap mesin mobil, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Tahap selanjutnya, Anda bisa mengeringkannya menggunakan kain sehingga tidak ada air yang menetes ke mesin mobil.

Mencuci Ruang Mesin

Berikutnya dalam mencuci mesin mobil adalah bersihkan ruang mesin. Anda bisa semprot air pada ruang mesin, Lalu mulai membersihkan bagian belakang. Kemudian bersihkan juga bagian depan mesin mobil. Anda dapat menggunakan spons atau kuas dengan pembersih untuk membersihkan bagian mesin mobil.

Gunakan Engine Degreaser

Saat menggunakan engine degreaser semprotkan dulu pada bagian mesin yang terkena noda, kemudian diamkan selama 10 menit. Kemudian bersihkan menggunakan kuas dengan menyapu rata ke seluruh bagian mesin mobil.

Kuas Kecil untuk Ruang Mesin Kecil dan Rumit

Dengan menggunakan kuas kecil Anda bisa menjangkau bagian ruang mesin yang kecil dan rumit, ini tentunya agar bagian tersebut dapat dibersihkan dengan sempurna.

Proses Pembilasan

Pada tahap proses pembilasan, Anda bisa menggunakan spray atau selang air. Lalu lap mesin mobil merata hingga benar-benar kering.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Supermarket Asuransi

Comments are closed.