Cara Merawat Dashboard Mobil Agar Tetap Bersih dan Awet

Berita

Banyak cara merawat dashboard mobil, agar materialnya tetap terjaga, bersih dan awet. Caranya pun mudah, dan bisa Anda lakukan saat waktu senggang di rumah.

Dashboard mobil merupakan salah satu bagian penting pada kabin mobil yang harus dirawat dan dijaga. Demi menciptakan kenyamanan berkendara, dashboard mobil yang bersih dan terawat juga menimbulkan kesan bersih pada mobil Anda. Ada banyak cara merawat dashboard mobil yang bisa Anda praktikkan di rumah, seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Bersihkan Menggunakan Kemoceng

Cara merawat dashboard mobil yang pertama yaitu dengan membersihkannya menggunakan kemoceng. Gunakan kemoceng dengan bahan yang halus, bersihkan secara hati-hati jangan sampai terjadi benturan-benturan kecil yang bisa mengakibatkan dashboard lecet.

[quads id=1]

Lap Mikrofiber atau Kanebo

Lap mikrofiber atau kanebo sangat ekfetif untuk membersihkan dan mengangkat kotoran yang menempel. Cara merawat dashboard mobil yang ini juga, berfungsi mengangkat kotoran membandel seperti di permukaan dashboard. Sebaiknya basahi kanebo terlebih dahulu kemudian keringkan hingga keadaan lembab, lakukan beberapa kali juga dengan mencuci bilas lap tersebut.

Vacuum Cleaner

Untuk bagian-bagian yang sulit dari dashboard dan interior mobil, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Biasanya sering dimanfaatkan untuk membersihkan bagian mp3, mp4 player, atau pun bagian ventilasi AC. Saat ini banyak tersedia di pasaran vacuum cleaner khusus mobil dengan bentuk yang lebih kecil dan praktis. Sehingga mudah dibawa kemana saja.

Hindari Membuka Kaca Mobil Terlalu Sering di Jalan

Untuk cara merawat dashboard mobil berikutnya, Anda sebaiknya mengurangi pembukaan kaca mobil saat mobil sedang jalan. Hal ini akan membuat debu masuk ke dalam mobil Anda. Cara ini efektif untuk menjaga interior mobil anda termasuk dashboard agar tetap dalam kondisi bersih.

Bersihkan Segera Sisa Makanan

Ketika Anda atau penumpang yang berada di mobil sedang makan cemilan dan tanpa disadari banyak serpihan sisa makanan yang terjatuh. Segera untuk membersihkannya, jangan sampai didiamkan saja karena kalau makanan manis bisa mengundang rombongan semut untuk masuk ke dalam mobil

Tutup Kaca Depan Saat Parkir

Saat Anda sedang memarkir mobil di ruangan terbuka dengan sinar matahari langsung menyorot ke arah mobil. Sebaiknya, tutup dengan penutup kaca bagian dalam. Hal ini untuk mencegah sinar matahari langsung menyorot ke dashboard, karena bisa menyebabkan warna dashboard memudar saat sering tersorot matahari.

[quads id=4]

Cairan Pembersih Dashboard

Siapkan cairan pembersih dashboard yang khusus untuk dashboard mobil. Oleskan secara merata pada kain atau lap mikrofiber lalu bersihkan secara merata.

Comments are closed.