Apa itu Cruise Control dan Bagaimana Menggunakannya

Berita

Cruise Control merupakan salah satu teknologi terbaik untuk mengatur kecepat yang dimiliki oleh mobil pabrikan Amerika, Jepang maupun Eropa. Seperti apa kegunaannya? Simak informasi berikut!

Para pabrikan mobil terus melakukan inovasi dalam banyak hal. Salah satunya inovasi berupa cruise control. Awalnya, mereka berkompetisi untuk menciptakan mesin yang lebih powerful. Akan tetapi, trendnya saat ini adalah kompetisi untuk menciptakan mesin yang lebih efisien.

Akan tetapi, ada kesimbangan antara mesin yang efisien dan powerful. Hal ini disebabkan masyarakat ingin memiliki mobil yang powerful tapi tidak boros BBM.

Yang menjadi masalah selanjutnya adalah keamanan. Tingkat kecelakaan di jalan raya semakin tinggi. Hingga akhirnya banyak pemiliki mobil yang membeli asuransi mobil dari Futuready agar mereka bisa menghemat untuk biasa perbaikan ketika terjadi kecelakaan di jalan raya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat pabrikan tinggal diam. Mereka terus melakukan terobosan untuk meningkatkan keamanan berkendara, mulai dari memperbaiki sistem pengereman hingga yang terbaru yaitu fitur cruise control.

Baca juga: Asuransi Mobil Lecet, Begini Prosedur Pengajuannya!

Sekilas Mengenai Teknologi Cruise Control

Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan fitur yang satu ini? sebenarnya, ini bukan fitur untuk keamanan saja. Bahkan, awal mulai diciptakannya teknologi ini sebenarnya untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Seringkali, pengemudi merasa kaku pada bagian kaki kanan, terutama ketika berkendara jarak jauh. Hal ini disebabkan kaki kanan harus bekerja lebih keras untuk menginjak gas selama perjalanan.

Agar lebih nyaman, sekarang beberapa mobil terbaru sudah dilengkapi dengan cruise control. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu terus menerus menginjak gas agar mobil bisa terus bergerak. Jadi, bisa dikatakan fitur ini membuat kaki kanan Anda bisa beristirahat untuk sementara waktu.

Bayangkan saja Anda harus berkendara jarak jauh dan menginjak gas terus menerus. Pasti capek, bukan? Saat itulah bisa saja konsentrasi Anda berkurang. Ini bisa berbahaya sekali. Itulah mengapa cruise control ini dianggap sebagai fitur untuk kenyamanan sekaligus keamanan. Anda lebih nyaman berkendara jarak jauh karena kaki kanan Anda bisa beristirahat. Anda lebih aman karena saat Anda bisa istirahat, konsentrasi Anda tidak tervorsir.

cara menggunakan cruise control

Kelebihan Fitur Cruise Control

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa pelajari apa saja kelebihan dari fitur ini berikut ini:

1. Gas Mobil Stabil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dengan mengaktifkan fitur cruise control, Anda tidak perlu menginjak gas. Mobil tetap melaju. Kaki kanan Anda bisa istirahat untuk sementara waktu.

Selain itu, mobil akan melaju dengan gas yang stabil. Jadi, kecepatan mobil tetap stabil sehingga Anda tidak perlu khawatir bisa terjadi kecelakaan. Yang pasti, ketika fitur ini Anda aktifkan, Anda bisa lebih bersantai di belakang kemudi. Anda hanya perlu mengontrol stir mobil Anda.

2. Kecepatan Naik Stabil

Sebenarnya, fitur ini jika diaktifkan tidak hanya membuat mobil melaju dengan stabil. Akan tetapi, kecepatan bisa naik dengan sendirinya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu takut. Kecepatan mobil naik secara perlahan-lahan. Selain itu, kenaikan kecepatan mobil juga hanya akan terjadi jika di depan tidak ada mobil yang terlalu dekat.

Jadi, fitur ini tidak hanya membuat kaki kanan Anda istirahat selama perjalanan jauh melainkan juga bisa membuat mobil melaju dengan kenaikan kecepatan yang aman. Ketika fitur ini diaplikasikan, ada sinyal yang dipasang di mobil untuk mendeteksi jarak dengan mobil di depannya. Ketika jaraknya aman, maka fitur akan menaikkan kecepatan mobil.

3. Pengereman Otomatis

Selain menaikkan kecepatan mobil, fitur cruise control juga melakukan pengereman secara otomatis. Jadi, ketika jarak dengan mobil di depannya terlalu dekat, fitur ini akan mengintruksikan sistem pengereman untuk melakukan tugasnya.

Nah, itulah kelebihan-kelebihan dari adanya fitur terbaru ini. Apakah Anda tertarik untuk membeli mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi ini?

Baca juga: Syarat dan Perhitungan Klaim Asuransi Mobil

Cara Mengaktifkan

Sebelum akhirnya Anda mencari mobil apa yang sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini, Anda harus ketahui dulu bagaimana acara menggunakannya. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan aturan.

Mobil yang sudah ada fitur ini biasanya terdapat tombol di bagian steering wheel. Tombol memang sengaja diletakkan di posisi tersebut agar Anda sebagai pengemudi bisa lebih mudah ketika ingin mengaktifkan.

Ada beberapa aturan yang harus Anda pahami. Biasanya, pabrikan menentukan pada kecepatan berapa fitur ini bisa diaktifkan. Ada yang bisa diaktifkan ketika kecepatan mobil sudah mencapai 60 km/jam. Jadi, ketika kecepatan masih di bawah 60 km/jam, tombol tidak bisa Anda aktifkan.

Ketika kecepatan mobil 60 km/jam, Anda bisa tekan tombol fitur cruise control. Kemudian, Anda bisa melepaskan gas. Mobil akan melaju dengan sendirinya dengan kecepatan yang stabil. Kecepatan akan naik jika jarak dengan mobil di depan jauh. Sebaliknya, ketika dekat dengan mobil depan, mobil Anda akan melakukan pengeremana sendiri.

Mudah kan cara menggunakan fitur ini?

cara aktifkan cruise control

Apakah Cruise Control Aman Digunakan di Jalanan Indonesia?

Banyak orang yang meragukan bahwa fitur ini cocok untuk digunakan di jalanan Indonesia. Pasalnya, di beberapa kota di Indonesia, jalanan begitu crowded. Sehingga fitur ini justru tidak bisa berfungsi dengan baik.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fitur ini hanya bisa aktif jika mobil sudah berada di kecepatan tertentu. Jika kecepatannya masih rendah, maka fitur tidak bisa digunakan.

Di sisi lain, Anda harus memahami bahwa teknologi cruise control ini diterapkan untuk membantu Anda ketika melakukan perjalanan jauh. Dengan harapan fitur ini membuat Anda tidak terlalu Lelah berkendara jarak jauh.

Jadi, fitur ini sebaiknya Anda gunakan ketika Anda berada di jalan bebas hambatan. Sepertinya, saat di jalan tol, fitur ini sangat membantu. Sementara itu, ketika Anda berada di jalan tengah kota, sebaiknya tidak perlu Anda gunakan teknologi ini.

Baca juga: 12 Kesalahan Mengemudi yang Wajib Dihindari, Apa Saja?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Selain itu, Anda sebagai pengemudi juga tetap harus waspada meskipun fitur yang satu ini sudah Anda aktifkan. Karena bisa saja ada pengemudi lain yang tiba-tiba menyalip dari belakang atau pengemudi dari arah yang berbeda tiba-tiba berada di depan Anda. Jika itu yang terjadi, Anda tetap harus melakukan pengereman secara manual.

Jadi, pada intinya fitur ini tidak membuat mobil Anda autopilot. Anda tetap menjadi pengendali utama.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pelajari tentang fitur cruise control. Teknologi ini baru diterapkan pada mobil terbaru. Itupun hanya mobil dengan kelas premium.

Namun, bukan tidak mungkin teknologi ini nantinya diaplikasikan juga pada mobil harga murah seperti city car. Karena sering berjalannya waktu, pasti ada fitur lainnya yang muncul. Fitur yang sekarang ada di mobil premium nantinya akan diterapkan di semua mobil. Sementara itu, yang ada di mobil premium, akan muncul teknologi yang lebih modern dan lebih canggih lagi.

Comments are closed.