Daftar Go-Car? Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi

Berita

Bagaimana cara menjadi mitra bisnis dan daftar Go-Car? Cari tahu selengkapnya di artikel ini!

Daftar gocar tidaklah sulit dilakukan. Asalkan persyaratannya dilengkapi, Anda bisa menjadi mitra bisnis untuk meraih pundi-pundi uang. Lalu, seperti apa persyaratannya? Punya kendaraan yang lebih sering parkir di rumah? Sayang sekali jika dibiarkan. Mendaftar sebagai mitra gocar bisa menjadi solusi terbaik. Setidaknya, kendaraan pribadi Anda bisa dimanfaatkan untuk mengais rejeki yang lebih tinggi. Bekal utamanya adalah kemampuan mengemudi yang baik. Tentunya harus didukung dengan kepemilikan kendaraan. Kalau sudah memilikinya, tinggal lakukan pendaftaran di startup yang diinginkan.

Sekilas Mengenal Go-Car

Singkatnya, gocar adalah layanan transportasi mandiri. Layanan ini bergerak di bidang antar jemput penumpang ke tujuan. Konsumen memanfaatkannya dengan aplikasi online yang telah terinstal di ponsel pintarnya. Layanan transportasi berbasis online ini dipandang sangat membantu. Betapa tidak, konsumen tak perlu menunggu angkutan umum di halte perhentian kendaraan. Cukup melakukan order melalui aplikasi, driver gocar sudah siap untuk menjemputnya.

Bagi pemilik kendaraan pribadi, ini adalah sebuah peluang bagus. Kendaraan yang tadinya tak terpakai, kini bisa dioptimalkan untuk mengais pundi-pundi uang. Tentunya, langkah pertamanya adalah daftar gocar terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran, dibutuhkan persyaratan khusus. Lengkapi dulu persyaratannya, Anda akan mudah diterima. Ini meliputi syarat sebagai driver, sampai syarat mobil yang bisa digunakan oleh mitra gocar.

Baca juga: Potensi Untung-Rugi Kredit Mobil untuk Taksi Online

Persyaratan Utama Daftar Go-Car Sebagai Calon Pengemudi

Bagi Anda yang ingin daftar gocar, ada beberapa persyaratan utamanya. Persyaratan ini meliputi data diri dan kelengkapan dokumen pendukungnya. Pastikan untuk membawanya jika ingin menjadi mitranya. Persyaratan ini wajib dilengkapi oleh calon driver gocar. Dia ntara persyaratannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Usia di atas 18 tahun.
  2. Memiliki KTP yang masih aktif.
  3. Foto diri setengah badan (harus jelas).
  4. SIM A atau SIM B yang masih berlaku (minimal masih tersisa enam bulan masa berlakunya).
  5. Punya SKCK aktif.
  6. Nomor telepon yang bisa dihubungi.
  7. Memiliki akun Gmail aktif.
  8. Ada rekening bank.
  9. Punya smartphone terinstal aplikasi Gocar.

Kendaraan yang Memenuhi Syarat Daftar Go-Car

Ketika ingin daftar gocar, Anda wajib memiliki kendaraan sendiri. Pihak startup tidak akan menyediakannya. Pemilik startup hanya bertugas untuk menjadi wadah dan mengakomodir kinerja dari sejumlah driver-nya. Bagi yang berminat untuk menjadi mitra, pastikan punya kendaraan yang sesuai ketentuan. Di antara kendaraan yang diperbolehkan harus memenuhi syarat di bawah ini:

  1. Mobil keluaran 2012 ke atas.
  2. Semua jenis kendaraan berpenumpang layaknya SUV ataupun MPV dan lain sebagainya.
  3. CC kendaraan di kisaran 1000-2000 cc.
  4. Foto STNK yang jelas.
  5. Foto mobil dan nomor kendaraan.
  6. Kelaikan kendaraan (uji KIR kendaraan).
  7. Mobil telah diasuransikan menggunakan jenis asuransi all risk.

Baca juga: Yuk Mengenal Apa Saja Transportasi Online di Dunia!

Langkah-langkah Daftar Go-Car

Setelah dokumen di atas dikantongi, saatnya melakukan pendaftaran. Cara daftar gocar ini cukup mudah. Anda bisa melakukannya secara offline dengan datang ke kantornya langsung. Anda juga bisa melakukannya secara online.

Jika Anda ingin cara termudah, mendaftar secara online sangat direkomendasikan. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Masuk ke Situs Resminya Go-Car

Diasumsikan Anda telah menyediakan dokumen penunjang, maka langkah pertamanya adalah buka smartphone. Masuk ke situs resmi untuk daftar gocar. Situsnya adalah daftar.go-car.co.id.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Pada tahap ini, calon mitra diminta untuk mengisikan seluruh data diri. Petujuknya sangat jelas. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kode referensi serta pilihan kota. Untuk kode referensi sifatnya opsional. Sementara pilihan kota, isilah nama kota di mana Anda akan beroperasi setelah menjadi mitra.

Melakukan Verifikasi

Pada tahap kedua di atas, Anda wajib mencentang bagian setuju dengan ketentuan. Kalau sudah, tap tombol daftar. Anda akan diarahkan pada halaman verifikasi. Tunggu sebentar. Pihak gocar akan mengirimkan kode empat digit melalui SMS. Jika sudah mendapatkannya, sila masukkan ke kolom yang disediakan untuk proses verifikasi.

Mengisi Profil Driver

Tahap daftar gocar selanjutnya adalah mengisi profil Anda. Petunjuknya sama jelasnya. Anda hanya harus teliti dalam mengisi data diri. Pastikan semuanya asli supaya diterima oleh penyedia layanan.

Unggah Dokumen untuk Daftar Go-Car

Proses selanjutnya adalah mengunggah dokumen penunjang. Di sini, Anda memang butuh cukup waktu, karena Anda diminta untuk mengunggah dokumen satu persatu. Dokumen ini wajib diupload sebagai kelengkapan persyaratan. Di antara dokumen yang dimaksud adalah Foto diri, KTP, SKCK, STNK, dan SIM. Sebelum diunggah, pastikan dokumen tersebut difoto dibuat dalam bentuk JPG atau semacamnya. Terpenting adalah berkasnya bisa terbaca dan terlihat jelas.

Baca juga: Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil Tapi Menguntungkan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Konfirmasi Pendaftaran

Pengunggahan selesai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan konfirmasi di halaman. Jika ingin melanjutkan sebagai anggota, tekan saja YA untuk menyelesaikan atau mengonfirmasikan pendaftaran.

Validasi Sebagai Syarat Diterima Saat Daftar Go-Car

Pada tahap keenam, calon mitra sebenarnya telah mengunggah seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Artinya, calon mitra telah menyelesaikan tahap pendaftaran. Pihak penyedia layanan akan menyeleksi permintaan Anda. Jika lolos, Anda akan dipanggil untuk tes dan melengkapi syarat lainnya.

Ketika ada beberapa kesalahan dalam proses memasukkan data, pihak penyedia layanan juga akan memberikan informasi revisi pada Anda. Kesemua informasi mengenai apakah perlu revisi atau sudah diterima akan dikirimkan melalui SMS. Di sini, sejumlah persyaratan akan dilampirkan sehingga wajib bagi Anda untuk mengisikan nomor telepon yang masih aktif.

Demikianlah caranya melakukan pendaftaran gocar secara online. Kuncinya adalah menyediakan seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Jika sudah mempersiapkan, silahkan masuk ke website resminya dan daftar gocar sesuai petunjuk di atas.

Comments are closed.