Datsun Cross, Mobil Crossover Murah Berkualitas

BeritaMobil

Datsun Cross bisa dibilang hadir sebagai “perusak harga” mobil berjenis crossover. Hal ini tak lain karena harganya yang murah tapi kualitasnya terbilang baik.

Umumnya, mobil berjenis crossover memiliki harga yang tinggi mengingat spesifikasi yang ditawarkan oleh mobil pada jenis ini terbilang tinggi. Tapi, nyatanya ada mobil crossover yang memiliki harga terbilang tidak mahal tapi kualitasnya mumpuni. Mobil tersebut tak lain adalah Datsun Cross.

Tak hanya menawarkan harga yang murah, segala aspek Datsun Go diperhatikan dengan sangat detail agar tidak mengecewakan penggunanya, mulai dari tampilan luar hingga bagian mesinnya. Untuk melengkapi berbagai macam kenyaman yang akan didapatkan, jangan lupa juga cek asuransi kendaraan untuk mobil ini di Futuready.

Penasaran seberapa hebat Datsun Cross ini? Mari kita simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Ini Perbedaan Bengkel Mobil Pilihan Authorized dan Non-Authorized

Spesifikasi Lengkap Datsun Cross

Crossover dengan Tampilan Futuristik dan Stylish

Tampilan luar sebuah mobil bisa dibilang sebagai penilaian pertama bagi seseorang untuk membeli suatu mobil. Untungnya, Datsun Cross ini memiliki tampilan luar yang sangat menarik dan enak dilihat. Hal tersebut dapat dilihat dari desain bahu meliuk ke atas dengan ‘jentikan’ tegas yang melengkung ke arah tailgate sehingga mengingatkan kepada MPV pendahulunya, tetapi dengan desain yang lebih dinamis dan terdefinisi.

mesin datsun cross

Dalam banyak hal mobil crossover buatan Datsun ini adalah proyek dengan posisitioning, watak, dan gaya tersendiri yang mencerminkan gaya desain Datsun di masa depan. Beralih pada bagian grille, desain D-Cut Datsun yang familiar kini berukuran lebih besar, lebih menantang, dan lebih ekspresif. Selain itu, posisinya pun diletakkan lebih ke atas untuk menonjolkan tepian bonnet (hidung mobil) yang lebih tinggi berlapis black-chrome dramatis yang didesain untuk menegaskan kemampuan mobil yang lebih tangguh.

Fitur unik lainnya dalam mobil satu ini adalah LED headlights dan LED tail-lights yang berkesan modern pada bagian depan dan belakang mobil. Bahkan, mobil ini ditawarkan dalam 7 varian warna yakni amber, silver, black, white, copper, ruby dan gray membuatnya tampil lebih menawan.

Melihat sektor eksteriornya, kita dapat menyimpulkan bahwa mobil ini memang memiliki konsep yang futuristik dan penuh dengan gaya era modern.

Konsep Interior Lebih Mewah dan Nyaman

Setelah puas menilai soal eskteriornya, saatnya kita beralih ke bagian dalam atau interiornya. Dalam ruang kabin sangat terasa kesan elegan yang tampak pada setiap sisi ruang kabin berdesain lebih modern dan lega. Ruang kabin yang luas tersebut merupakan suatu kewajaran mengingat mobil ini memang memiliki bentuk bodi yang cukup besar dan mampu menampung hingga lima penumpang sekaligus.

Lalu, pada bagian dashboard, mobil ini ternyata sudah dilengkapi dengan teknologi Mobile Docking Station yang akan membuat smartphone milik pengguna tetap dalam kontrol di dashboard sehingga akan mempermudah akses ke fitur musik, aplikasi navigasi, dan panggilan hands-free.

Mobile Docking Station pada crossover Datsun telah dirancang bagi pengguna smartphone dengan sistem terhubung speaker berpengaturan volume terintegrasi dengan tombol di dashboard. Pada bagian dashboard itu pula telah disediakan input auxiliary dan jack 3.5 mm yang menghubungkan ponsel ke Mobile Docking Station. Bahkan, slot USB pun juga tak luput disediakan di mobil buatan Datsun ini sebagai sumber daya untuk mengisi baterai pada smartphone. Di sisi lain, speedometer-nya pun juga didesain dengan konsep yang elegan di mana sudah dilengkapi penunjuk digital tachometer dan penunjuk gigi atau transmisi, kecepatan, dan informasi bahan bakar dengan gaya digital display sehingga kontrol pengemudi terhadap mobilnya lebih optimal.

dashboard datsun cross

Duduk pada jok mobil Datsun pengemudi akan merasakan desain jok low-fatigue yang dirancang khusus dalam memberi kenyamanan ketika mengemudikan mobil. Pengendara juga diberikan kemudahan dalam mengemudikan mobil crossover buatan Datsun ini. Dengan mengandalkan sistem kemudi Speed-Sensitive Electric Power Steering yang dirancang dengan power assist  dan bisa menyesuaikan dengan kecepatan, pengemudi dimanjakan saat menyetir. Pada kecepatan rendah, seperti ketika Anda sedang parkir, sistem ini akan membantu pengemudinya sehingga lebih mudah untuk bermanuver di tempat yang sempit. Sedangkan saat melaju kencang, sistem dengan sendirinya membuat steering lebih berat untuk kontrol penuh. Memang, secara keseluruhan interior dari mobil satu ini didesain dengan konsep yang mewah dan mengedepankan kenyamanan.

Dimensi Lebih Luas dengan Kaki-Kaki Kokoh

Mobil satu ini merupakan mobil hatchback yang memiliki bentuk bodi yang besar. Hal yang jelas terlihat bahwa ruang kabin mobil ini cukup luas sehingga bisa ukuran dimensinya pun akan lebih panjang dan lebar. Selain itu, untuk ukuran ground clearance-nya, mobil ini memiliki ketinggian 200 mm. Ground clearance mobil yang cukup tinggi tersebut rasanya siap untuk melibas jalanan perkotaan maupun pedesaan. Bahkan, mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda hingga 2.450 mm yang akan mempermudah pengemudinya untuk putar balik di jalan yang sempit.

Dalam menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara Datsun juga membekali mobil dengan sistem pengereman cakram berventilasi. Sistem ventilasi ini akan membantu mengurangi gangguan kinerja rem saat mengalami overheating, yang berarti berkendara akan lebih aman dan daya tahan rem yang lebih lama pada mobil buatan Datsun satu ini.

Baca juga: Datsun GO: Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Tak hanya itu saja, suspensi MacPherson pada sektor depan dan suspensi belakang Sorot Pilin pun akan semakin membuat pengemudi dan penumpangnya lebih nyaman. Selain itu, pengemudinya lebih mudah dalam mengontrol laju kecepatan dari mobil ini. Tak sampai di situ saja, Crossover Datsun ini pun dilengkapi dengan velg Alloy Wheels Black Polish 15 inci yang akan memberikan tampilan mobil tampak lebih sporty dan modern.

Dapur Pacu Dibekali Mesin Berkapasitas 1.200 cc

mobil datsun cross

Selain sektor eksterior, interior, dan sektor dimensi, penting juga rasanya mengupas tuntas dapur pacu mobil crossover ini. Untuk bidang permesinan, tampaknya dari bakal memberikan mesin dengan performa yang handal dan menghasilkan tenaga maksimal. Mesin yang akan diandalkan oleh mobil iniyaitu mesin bertipe HR12DE 12 katup dengan kapasitas 1.200 cc atau lebih tepatnya 1.198 cc. Dengan menggunakan 3 silinder, mesin ini mampu memberikan dorongan tenaga hingga 78 Ps untuk transmisi CVT, serta 68 Ps untuk transmisi manual dan mampu mencapai maksimum torsi 104 Nm. Selain itu, mesin tersebut akan menggunakan teknologi Perfect Circle Bore Machining yang diadopsi dari mesin mobil balap sehingga memberikan mobil ini power dan tenaga maksimum. Dengan teknologi mesin tersebut, pengemudi akan menyukai tarikannya. Sementara itu, untuk sistem counterbalance-nya meminimalkan kebisingan dan getaran untuk memberikan momen mengemudi yang tenang dan mulus.

Tenaga mesin mobil ini disalurkan melalui sistem transmisi manual dan juga CVT. Lalu, sistem suplai bahan bakarnya mengandalkan teknologi injeksi MPFI yang pastinya membuktikan bahwa crossover buatan Datsun ini lebih efisien dan optimal.

Dengan spesifikasi lengkapnya di atas, tidak berlebihan jika menyebut seri Cross ini sebagai salah satu mobil crossover terbaik dengan harga yang relatif murah, bukan? Untuk melengkapi kendaraan Anda, jangan lupa membeli asuransi kendaraan dari Futuready, ya!

Baca juga: Cara Hitung Premi Asuransi All Risk dan TLO

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.