Kandungan Daun Salam Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Berita

Selama ini tidak banyak orang yang tahu bahwa daun salam hanya diketahui sebagai bumbu dapur penyedap aroma juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Baik daun yang segar atau daun telah kering memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Lalu, gangguan kesehatan apa yang dapat diatasi tanaman herbal ini?

Mengatasi Masalah Rambut

manfaat daun salam untuk rambut

Bagi Anda yang tidak ingin terkena masalah rambut seperti rambut rontok dan berketombe, atau kutuan, daun ini dapat membantu menjadi obat alami yang mengatasi masalah rambut. Gunakan daun ini  yang diekstrak menjadi minyak dengan mengaplikasikannya ke kulit kepala sebagai tonik untuk menghilangkan masalah kerontokan dan ketombe. Sedangkan untuk menghilangkan kutu pada rambut, 50 gram daun ini dapat dijadikan ramuan dengan campuran air yang menguap sekitar 100 ml. Pisahkan air rebusan dengan daunnya memakai saringan. Oleskan air rebusan pada kulit kepala dan rambut untuk mengusir kutu rambut. Diamkan sekitar 3 sampai 4 jam, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan tersebut secara rutin dengan cara yang tepat.

Mengurangi Stres Pada Kulit

Kulit yang mengalami stres dapat disebabkan oleh pengaruh cuaca atau pemakaian produk tertentu yang kadang tidak cocok dengan jenis kulitnya. Masalah ini tentu mengganggu tampilan, maka dari itu banyak macam cara untuk mengatasinya. Bahan alami seperti daun salam dapat membantu mengatasi stres pada kulit dan penuaan dini. Manfaatkan rebusan daun dengan 3 gelas air yang telah dididihkan selama kurang lebih 2 menit. Tuangkan air rebusan ke dalam wadah untuk kemudian uap air tersebut yang dimanfaatkan untuk mengurangi stres pada kulit.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Sirih dan Cara Penggunaanya

Mengatasi Asam Urat

manfaat daun salam untuk asam urat

Asam urat merupakan penumpukan kristal asam daerah persendian yang biasa dialami orang yang sudah lanjut usia. Orang-orang dengan penyakit ini biasanya akan merasakan sakit yang cukup luar biasa saat kambuh. Tentu bagi orang-orang yang merasakannya akan mencari obat alternatif alami untuk mengatasi asam urat. Daun dalam keadaan kering mampu menurunkan kadar asam urat yang menumpuk melalui urin. Daun ini dapat dijadikan ramuan dengan air yang direbus secara bersamaan. Didihkan hingga air menguap dan menyisakan setengah dari jumlah kadar air sebelumnya. Minumlah air rebusan daun ini setidaknya 2 kali dalam sehari secara rutin, hingga rasa nyeri akibat asam urat menghilang. 

Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau lebih sering disebut darah tinggi seringnya tidak menunjukkan gejala secara signifikan. Sebagian orang akan menyadari penyakit ini saat sudah mengalaminya dan terjadi komplikasi penyakit. Penyakit ini juga dapat diatasi oleh tanaman salam yang mengandung flavonoid, kandungan yang mampu menormalkan tekanan darah. Daun ini direbus untuk nantinya diminum secara rutin, namun akan lebih baik juga jika merebusnya dengan daun sambiloto. Rasa pahitnya menunjukkan khasiat yang tidak diragukan lagi.

Mempengaruhi Kardiovaskular

Kandungan senyawa salisilat, fitonutrien, dan caffeic dari daun beraroma ini mampu mencegah stroke dan baik untuk kesehatan jantung. Gunakan 10 lembar daun  yang telah dicuci bersih untuk kemudian direbus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, air rebusan ini dapat diminum secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk kesehatan Anda.

Mengatasi Diabetes

Tanaman ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, trigliserida, dan kolesterol. Kemudian daun ini mengandung antioksidan yang membantu dalam proses insulin. Konsumsi rebusan daun ini secara rutin untuk mengatasi kadar gula pada tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Radikal bebas sangat tidak baik bagi tubuh, sehingga dibutuhkan vitamin C untuk menangkalnya. Kandungan Vitamin C dalam tanaman salam mampu menjadi penangkal radikal bebas alami, menjaga sistem daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Seduh daun kering ini seperti menyeduh teh, kemudian minum ramuan ini secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Menurunkan Berat Badan

daun salam untuk menurutkan berat badan

Jika sudah waktunya melakukan program menurunkan berat badan, tanaman salam dapat menjadi salah satu solusinya. Kandungan enzim dan mineral dalam daun ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Rebusan atau seduhan daun kering ini dapat dikonsumsi sebelum tidur agar khasiatnya secara maksimal dapat menurunkan berat badan Anda.

Mengobati Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat dipicu akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat juga dapat menjadi penyebabnya. Daun ini mampu mengatasi penyakit ini dengan rebusan air sebanyak 200 ml.

Baca juga: Tangani Asam Urat Saat Idul Adha. Ini Tips-nya

Didihkan air daun ini hingga berkurang sebanyak 50 ml. Saring air rebusan untuk diminum sebanyak dua kali sehari secara rutin sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Meredakan Batuk

Batuk menjadi salah satu masalah kesehatan yang juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk meredakan batuk, tanaman ini dapat menjadi solusi. Daun ini direbus sekitar 2 sampai 3 lembar. Rendam kain ke dalam rebusan yang kemudian kain tersebut digunakan sebagai pengusap bagian dada untuk meredakan batuk, pilek, hingga flu. 

Mengobati Penyakit Kulit

Ada sebagian orang yang bermasalah dengan kulit, penyebabnya dapat berbeda-beda seperti alergi, gatal-gatal, biduran, atau yang lainnya. Kandungan dalam daun ajaib ini berkhasiat sebagai obat herbal yang dapat mengobati penyakit pada kulit. Gunakan daun ini dengan cara ditumbuk terlebih dahulu bersamaan dengan ditambahkannya minyak zaitun hangat. Aplikasikan ramuan ini dengan cara mengolesnya pada bagian kulit yang bermasalah. Diamkan beberapa saat agar dapat meresap dan hingga mereda rasa gatal pada kulit. Ramuan ini digunakan untuk bagian luar saja, dan aman untuk orang dewasa bahkan anak-anak. 

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang menumpuk dalam pembuluh darah dapat memicu penyumbatan pembuluh darah. Penyumpatan ini akan menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti stroke, jantung, bahkan hipertensi. Kandungan nutrisi dalam daun salam dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi rebusan air daun ini secara rutin setiap harinya untuk meluruhkan kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah.

Baca juga: Manfaat Daun Dan Buah Jambu Biji Untuk Demam Berdarah

Menyehatkan Mata

Daun Salam memang memiliki segudang manfaat bagi banyak anggota tubuh, termasuk mata. Daun ini akan mencegah Anda dari sakit mata apabila mengonsumsinya dengan rutin. Gunakan air rebusan daun kering ini dengan mengusapkannya pada mata selama beberapa menit. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap harinya. Khasiat ini akan terasa apabila hasilnya dalam beberapa hari.

Jadi, sudah tahukan betapa bermanfaatnya salah satu bumbu dapur ini? Tidak perlu menggunakan banyak bahan kimia untuk merawat tubuhmu, jika masih banyak bahan alami yang aman untuk kesehatan. 

Comments are closed.