Sejarah dan Asal-usul Durian Montong Lengkap

Berita

Durian montong masih menjadi primadona di masyarakat Indonesia. Selain enak, montong juga memiliki harga yang lebih tinggi dibanding jenis lain.

Sebagian orang pasti sudah mengenal durian montong yang menjadi buah cukup banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu durian montong juga dikenal sebagai rajanya dari jenis buah durian. Hal tersebut dikarenakan bentuk dari buah ini cukup besar dengan daging tebal serta memiliki rasa yang manis. Sebagian orang menganggap bahwa buah durian montong ini telah di klaim berasal dari negara Thailand.

Hal tersebut dikarenakan tidak sedikit buah durian montong yang beredar di Indonesia merupakan hasil impor dari Thailand. Agar dapat mengetahui kebenaran dari pernyataan tersebut serta informasi lain terkait buah fenomenal ini. Berikut merupakan beberapa ulasan yang perlu diketahui terkait buah durian montong.

Durian Montong Berasal Dari Jawa Tengah

Terkait rumor mengenai asal usul dari durian montong yang berasal dari Thailand. Perlu diketahui bahwa buah ini merupakan salah satu kultivar buah yang dikembangkan di negara Thailand. Adapun plasma nutfah atau bibit asli dari durian montong sendiri berasal dari daerah Jawa Tengah.

Baca Juga: Mau Menanam Durian Montong? Ini Caranya!

Pernyataan tersebut bukanlah sebuah rumor akan tetapi merupakan fakta yang disampaikan oleh pelaksana harian Dirjen yaitu Yasid Taufik. Selain itu perlu juga diketahui bahwa Indonesia tidak hanya memiliki jenis durian montong saja. Akan tetapi juga terdapat jenis buah durian yang lain seperti durian Chennai, durian Petruk, durian Medan dan lain sebagainya.

Penjelasan Peneliti Terkait Durian Montong Thailand

durian motong thailand

Tidak hanya disampaikan oleh pelaksana harian Dirjen saja akan tetapi fakta terkait asal-usul durian montong bukan berasal dari Thailand juga disampaikan oleh dr. Ir Endang Yuni Astuti MSI. Beliau merupakan peneliti buah durian yang berasal dari Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Lebih lanjut penelitiannya memberikan informasi bahwa induk dari durian montong merupakan durian yang diambil dari daerah Karanganyar, Jawa Tengah lebih tepatnya yaitu jenis durian sukun. Awalnya jenis durian ini diekspor ke Thailand kemudian berhasil dikembangkan varietas unggulannya.

Hasil dari varietas unggulan tersebut lebih lanjut dinamakan sebagai durian montong. Dimana lebih lanjut hasil pengembangan dari negara Thailand tersebut dibawa ke Indonesia dan menjadi varietas unggulan sehingga mengalahkan berbagai jenis durian lokal.

Sementara itu induk dari durian montong yaitu durian sukun sendiri saat ini malah terancam punah. Hal tersebut dibuktikan dengan tersisanya beberapa batang saja di daerah asalnya yaitu Karanganyar.

Mitos Terkait Buah Durian

Pada saat musim panen tiba buah ini akan langsung diserbu oleh para pecinta durian. Hal tersebut dikarenakan bagi yang menyukai buah ini tentu akan sangat menantikan kehadirannya pada setiap musim panennya tiba.

Bahkan bagi yang sangat menyukai buah ini akan cenderung untuk sulit berhenti mengkonsumsinya. Terkait hal tersebut juga beredar di kalangan masyarakat mengenai mitos tentang mengkonsumsi buah durian. Beberapa diantara mitos tersebut adalah sebagai berikut.

Durian Tinggi Akan Kolesterol

Makan durian montong

Jika terdapat pernyataan terkait durian tinggi kolesterol maka hal tersebut merupakan pernyataan yang tidak benar. Sebaliknya durian sendiri sama sekali tidak memiliki kandungan kolesterol di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa kolesterol sendiri merupakan komponen yang ada didalam makanan lemak jenuh. Berdasarkan hal tersebut kolesterol terkandung dalam makanan laut, daging merah, serta produk susu.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat dengan Gaya Hidup Sehat

Sementara itu untuk makanan jenis buah-buahan dan sayuran tidak ada yang mengandung kolesterol termasuk buah durian ini. Adapun salah satu kandungan yang terdapat pada buah durian ini adalah asam lemak tak jenuh tunggal. Fungsi dari asam lemah tersebut adalah mampu menyehatkan jantung serta menurunkan kadar kolesterol buruk atau yang dikenal dengan HDL.

Harus Memakan Manggis Setelah Memakan Buah Durian

Mitos terkait mengkonsumsi buah durian yang lainnya yaitu harus memakan buah manggis setelah memakan buah durian. Lebih lanjut mitos tersebut dilakukan agar mampu mengurangi panas yang ditimbulkan. Karena sebagian orang percaya bahwa buah manggis memiliki sifat mendinginkan.

Fakta yang sebenarnya adalah tidak ada penelitian ilmiah yang membenarkan pernyataan tersebut. Adapun kebiasaan dikonsumsinya buah durian dan manggis secara bersama-sama adalah karena kedua buah tersebut hadir atau panen pada waktu yang sama.

Makan Durian Dan Minum Bir Secara Bersamaan Akan Mengakibatkan Kematian

Mitos selanjutnya adalah terkait memakan durian yang disertai dengan meminum air akan dapat menimbulkan kematian. Perlu juga diketahui bahwa tidak ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa kombinasi antara bir dan durian mampu memberikan Efek mematikan.

Akan tetapi jika durian dikonsumsi bersamaan dengan bir maka akan dapat menyebabkan efek kembung serta gangguan pencernaan. Tidak hanya itu kedua campuran tersebut juga akan memberikan rasa tidak nyaman. Hal tersebut dikarenakan hati harus bekerja lebih keras dalam melakukan metabolisme lemak dan gula. Terlebih jika keduanya  dikonsumsi secara berlebihan.

Fakta Buah Durian

Setelah mengetahui mitosnya maka perlu juga diketahui fakta seputar buah durian yang sangat unik ini. Fakta pertama yang perlu diketahui adalah buah ini memiliki nutrisi alami yaitu terdiri dari kalium zat besi, serat, vitamin C, dan juga vitamin B kompleks. Berdasarkan kandungan tersebut di bawah ini memiliki manfaat yaitu meningkatkan kekuatan otot serta menjaga tekanan darah.

Selain itu buah ini juga mampu mencegah kesulitan BAB dan mampu menyehatkan kulit. Sementara itu kandungan kalium yang terdapat pada buah durian juga bermanfaat dalam mengurangi kecemasan, kelelahan, dan juga stress. Fakta lainnya yang perlu di ketahui terkait konsumsi adalah mampu menyebabkan penambahan berat badan yang cukup besarnya yaitu hampir mendekati 1 kilogram.

Menanam durian motong

Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi buah durian ini mampu memberikan energi sekitar 1350 kalori. Berdasarkan hal tersebut jika mengkonsumsi 1 Buah Durian saja maka sudah dapat menambah kebutuhan kalori sekitar 68% dari yang disarankan yaitu 2000 kalori. Oleh karena itu buah ini akan kurang cocok untuk orang-orang yang berada dalam program diet.

Tidak hanya itu bagi penderita diabetes terdapat fakta yang perlu diketahui yaitu harus membatasi konsumsi dari buah ini. Hal tersebut dikarenakan penderita diabetes harus mampu menghitung asupan karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa energi yang cukup besar dari bawah ini disebabkan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Fakta tersebut tidak lepas dari kandungan durian itu sendiri yaitu berupa berbagai jenis gula sederhana seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

Sementara itu untuk mengkonsumsi buah durian yang benar adalah dengan 2 atau 3 biji saja. Mengkonsumsi dengan jumlah tersebut sudah memberikan manfaat terhadap kesehatan. Sedangkan jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan dapat memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Terlebih jika buah ini dikonsumsi oleh wanita hamil dan penderita tekanan darah tinggi maka harus diwaspadai. Tidak hanya itu hindari juga mengkonsumsi buah durian yang terlalu matang. Hal tersebut dikarenakan buah ini dapat alami fermentasi sehingga akan memiliki kandungan alkohol di dalamnya.

Manfaat dan Khasiat Durian Montong

Selain memiliki berbagai efek baik yang telah dijelaskan sebelumnya. Durian montong juga masih memiliki manfaat serta khasiat lain yang baik untuk tubuh. Adapun manfaat dan khasiat dari durian ini adalah terkait kandungan vitaminnya yang sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa buah merupakan salah satu yang mengandung vitamin C dengan kadar sangat tinggi.

Hal tersebut menyebabkan jumlah zat antioksidan yang ada pada buah ini juga sangat tinggi. Bahkan, kandungan vitamin yang ada dalam durian montong memiliki perbandingan yang jauh lebih tinggi dari buah lainnya. Kandungan vitamin tersebut sekitar 22,9 hingga mencapai 107 mg untuk setiap 100 gram buahnya. Lebih lanjut kandungan vitamin yang sangat tinggi yang terdapat pada buah durian tersebut memberikan beragam manfaat.

Baca Juga: Makan Durian: Ini Manfaat Bagi Tubuh!

Manfaat yang pertama yaitu mampu menjaga kesehatan kulit serta proses regenerasinya. Selain itu vitamin C yang tinggi juga akan memberikan energi dan juga efek positif bagi tubuh. Tidak hanya itu kandungan tersebut juga mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan penyakit jantung.

Itulah beberapa informasi terkait buah durian montong yang perlu diketahui mulai dari asal usul hingga manfaatnya.

Comments are closed.