Fakta Menarik dan Tips Menonton Formula 1

Berita

Balap Mobil Formula 1 (F1) sudah bukan hal asing bagi pecinta otomotif. Perlombaan  yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951 di Stadion Silverstone, Inggris ini, merupakan salah satu perhelatan paling bergengsi dalam sejarah balap mobil dunia.

Formula 1 (F1) atau kompetisi balap jet darat ini memang sedang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini. Kompetisi balap dengan mobil bertenaga baterai ini semakin banyak dikenal dan dinikmati setelah tahun 2014 menjalani musim perdananya. Jika sebelumnya kita hanya menonton perhelatan akbar ini dengan hanya memerhatikan jumlah putaran. posisi pembalap, atau jumlah waktu yang ditempuh, berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari balap mobil F1.

Baca juga: Kenali Istilah yang Sering Muncul di Kompetisi Balap Mobil!

Jumlah Staf Per Tim

fakta formula 1

Bagi penggemar Formula 1 (F1) pasti tak akan heran dengan jumlah staf setiap timnya. Baik yang menonton di televisi atau pun secara langsung, tentu akan melihat situasi balapan dimana akan terlihat kondisi dari masing-masing tim. Setidaknya akan terlihat sekitar 50 orang menjadi staf dalam satu tim yang memiliki tugas masing-masing selama 3 hari balapan. Namun, terlepas dari kondisi balapan, staf tidak hanya dalam bilangan puluhan saja, bahkan ada yang mencapai 600 orang sebagai staf yang membantu seorang pembalap. Mereka memiliki tugas masing-masing seperti tim manager, teknisi, asisten personal, dan mekanik. Jumlah staf tentu disesuaikan dengan seberapa besar nama tim dan nama pembalap yang tergabung.

Jumlah Lap

Kompetisi F1 tidak memiliki angka pasti mengenai jumlah putaran atau lap. dilansir dari SGCarmart, satu sesi balapan F1 memiliki rata-rata 300 km, sedangkan Formula E memiliki jarak yang lebih pendek, sekitar 90 sampai 150 km.

Pembalap Formula 1

Berbicara mengenai F1, berbicara juga mengenai para pembalapnya. Salah satu yang menjadi fakta menarik adalah kondisi pembalap F1 saat sedang beraksi di sirkuit.  Saat berada di lintasan, tekanan darah pembalap dapat meningkat hingga mencapai 50%. Pembalap mengeluarkan energi yang sama seperti pelari maraton dengan total kalori yang terbakar mampu mencapai 1.200 meskipun posisinya hanya duduk mengendalikan mobil. Bahkan pada beberapa kondisi dapat membuat detak jantung pembalap mencapai 200 kali per menit dan 150 kali setiap menit pada durasi yang lebih panjang. Saat melaju pada kecepatan yang tinggi, pembalap akan mengalami tekanan gravitasi berkali-kali lipat. Pembalap akan terus menghasilkan keringat saat race berlangsung, karena temperatur di dalam kokpit dapat mencapai 50 derajat Celcius. Selama race berlangsung, pembalap harus tetap fokus, karena jika kehilangan fokus satu detik saja akan membuat mobil kehilangan potensi sebesar 1% yang memengaruhi peningkatan kecepatan lap atau bahkan dapat membuat tergelincir ke luar lintasan, maka tak heran jika pembalap mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup untuk menghindari dehidrasi, setidaknya di beberapa negara tropik, pembalap mengonsumsi air 8 liter air. Perlu diketahui juga dalam kokpit mobil F1 terpasang botol minum yang terisi cairan mineral garam yang dapat diminum pembalap melalui selang yang terpasang. Konsumsi air ini sangat penting bagi pembalap, karena jika pembalap kehilangan 4% saja dari cairan bobot tubuhnya dapat menghilangkan kemampuan psycho-physical sebanyak 40%.

Mobil Formula 1

fakta formula 1

Mobil F1 lebih ringan dibandingkan hatchback, meski terdiri dari sekitar 80.000 komponen.  Seluruh komponen disusun dengan tingkat kesalahan 0%, akurasi 99,9% yang menyisakan sebanyak 80 komponen yang terpasang tidak pada tempatnya. Bobot mobil F1dengan empat ban kering yang terpasang tanpa bahan bakar dengan bobot minimum mobil F1 adalah 702 kg. Selama race, Girboks mengalami 2.800-4.000 pergantian gigi, dan dapat berganti gigi 50 kali lebih cepat dibandingkan kedipan mata. Girboks terdiri dari 1.500 komponen yang dirakit membutuhkan waktu yang lebih dari 40 jam kerja dengan tersedia 50 rasio gigi berbeda yang akan dipilih tim mekanik untuk menyesuaikan mobil dengan karakter sirkuit. Jika mobil pada umumnya memiliki 6.000 rpm, maka putaran mesin mobil balap mencapai 18.000 rpm yang dimana piston mesin melakukan gerak naik-turun sebanyak 300 kali dalam satu detik. Dalam mobil F1, terdapat sekitar 100 sensor yang dapat memonitor dan mengendalikan fungsi mobil serta terhubung dengan kabel dengan panjang lebih dari 1 km. Terdapat pula kurang lebih 35 tombol pada setir mobil dimana berfungsi untuk mengatur semua hal. Pada setir pun terpasang LCD dengan ukuran kecil. Setidaknya sebuah mobil F1 menghasilkan 25GB yang didapat dari 200 channel yang datanya tersebut ditransfer ke pit melalui telemetry secara real time. Ban mobil F1 kehilangan beban 0,5 kg secara rata-rata, karena terkoyak selama pemakaian. Maka dari itu, ban mengalami penyusutan bobot. Ban mobil ini dapat diganti dalam waktu yang cukup cepat, yakni 4 detik diisi dengan nitrogen. Nitrogen ini memiliki daya tahan yang lebih lama dengan udara biasa. Mobil F1 ini harus diganti setelah menempuh jarak kurang lebih 90 hingga 120 km. Saat sedang hujan, ban dapat mengalirkan air dengan jumlah 60 liter per detik pada kecepatan maksimal. Cakram rem mobil mampu menahan panas hingga 1.000 derajat Celcius yang terbuat dari bahan serat karbon.

Baca juga: Mobil Balap Tercepat di Dunia Saat Ini, Mana Favorit Anda?

Pelarangan Isi Bensin

Fakta yang satu ini cukup menarik. Balapan F1 mengharuskan setiap tim mengisi mobil dengan bensin sebelum pertandingan dimulai. Jika dahulu balapan F1 ini mengizinkan pengisian bahan bakar selama race, maka setelah terjadi insiden berbahaya, pengisian bensin saat sedang berlangsung tidak diizinkan atau dilarang agar menghindari insiden yang tak diinginkan di arena balapan. Hal ini membuat setiap tim mengetahui berapa banyak jumlah bahan bakar yang cukup selama kompetisi berlangsung. 

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan kompetisi jet darat ini, berikut merupakan tips menonton Formula 1:

Booking Tiket

Misalnya saja Anda akan menonton balapan F1 di Singapore, maka kenalilah beberapa jenis tiket yang tersedia di situs tertentu. Salah satu hal yang penting yang perlu diketahui adalah sirkuit balapannya. Anda perlu mengetahui zona mana yang sesuai dengan kebutuhan. Anda juga perlu mengetahui metode pembayaran saat melakukan pemesanan tiket.

Akomodasi dan Transportasi

Saat akan menonton balapan F1, pastikan Anda memesan hotel yang memiliki tempat strategis, lebih tepatnya terletak dekat dengan sirkuit. Pemesanan hotel akan lebih baik dipesan jauh-jauh hari, karena mendekati hari kompetisi dapat mengalami kenaikan 4 kali lipat dari harga biasanya.

fakta formula 1

Persiapan lainnya

Saat hari H, lebih baik datang sebelum acara dimulai, agar lebih leluasa dengan waktu dan mengantisipasi adanya antrian panjang yang disebabkan penukaran tiket yang membutuhkan waktu. Bawalah uang yang cukup untuk membeli makanan dan minuman untuk menemani selama pertandingan berlangsung. Pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman.

Jadi, sudah siap menonton balapan Formula 1 selanjutnya? 

Baca juga: Mengenal Balap Mobil Drag Race di Indonesia

Comments are closed.