Ford Focus, Hatchback Tangguh Andalan Ford

Berita

Ford Focus menjadi salah satu mobil buatan Ford yang masih sangat laris di tanah air meski pabrikan asalnya tidak lagi beroperasi di Indonesia.

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa Ford sudah tidak lagi berproduksi di Indonesia. Tapi, hal ini tak membuat minat pecinta mobil akan mobil buatan pabrikan asal Amerika Serikat ini berkurang.

Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya pengguna mobil buatan Ford di jalanan. Salah satu varian terlaris dari pabrikan satu ini tak lain adalah Ford Focus. Sebagai mobil hatchback, Ford Focus diciptakan dengan sangat ideal bagi pengendara yang aktif berkendara di jalanan kota-kota besar.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Ford Everest

Penasaran dengan keunggulan dan hal-hal menarik yang ada pada mobil ini? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Lengkap Ford Focus

Sporty Hatchback Dengan Konsep Desain Bodi Aerodinamis

Saat melihat tampilan luar mobil ini, akan terlihat aura sporty yang sangat kentara. Mobil hatchback ini memiliki desain yang sangat aerodinamis dengan tampilan yang fresh dan lebih futuristik, jika dibandingkan dengan varian hatchback lainnya yang dipasarkan di Indonesia.

desain ford focus

Mobil berkapasitas lima penumpang ini adalah hatchback dengan model lima pintu. Desain yang futuristik dari mobil ini dapat dilihat dari headlamp berteknologi halogen yang sipit melebar ke belakang sehingga mampu menampilkan kesan tajam. Bagian grill depan mobil satu ini juga berubah dari desain sebelumnya yang lebar, kali ini front grill varian terbaru ini terlihat lebih minimalis dan pas dibandingkan versi terdahulu. Front grill pada mobil ini juga memiliki fungsi untuk memonitorisasi pasokan udara ke dalam kabin.

Beralih ke bagian foglamp, Focus menampilkan kesan minimalis dengan peletakan foglamp yang didesain mengikuti alur headlamp. Lalu, pada bagian bumper dibuat agak pendek dari jarak dengan tanah sehingga menampilkan kesan yang benar-benar sporty.

Selain itu, terdapat juga aksen grill pada bumper-nya untuk mempermanis fascia depan serta melindungi bagian radiator mobil.

Beralih ke sektor samping, desain mungil khas hatchback juga terlihat pada mobil ini. Di mana desain samping mobil ini memiliki lekukan aeorodinamis. Selanjutnya, pada kaca diberikan list berwarna krom dan dibuat berbentuk straight ke belakang. Beralih pada bagian stoplamp, bagian tersebut dibuat dengan bentuk sipit mengikuti bodi mobil secara keseluruhan dan diberi sentuhan sedikit smoke untuk mempercantik tampilan mobil dari belakang.

Untuk menambah kesan sporty, New Focus dilengkapi dengan desain baru pada bagian belakang mobil berupa spoiler yang pas mengikuti bentuk tubuh mobil secara keseluruhan. Ada juga tambahan berupa printed antena pada bagian belakang mobil ini yang memberikan kesan modern dan praktis. Terakhir, spion New Focus ini telah menggunakan model retractable mirror. Secara keseluruhan, tampilan eksterior mobil hatchback buatan Ford ini cocok untuk tipe pengendara yang mengedepankan model dan memiliki sifat dinamis.

Hi-Tech Interior Dengan Kabin Super Mewah

Mengusung segmen hatchback, di mana dalam segmen ini lebih mementingkan aspek kenyamanan bukan aspek kapasitas penumpang, maka Focus pun lebih mengedepankan sisi kenyamanan bagi pengendaranya. Bagian dashbard mobil ini dirancang dengan mengikuti teknologi masa depan. Hal ini terlihat pada fitur komputerisasi pada panel-panel di dashboard-nya. Pada dashboard mobil ini disematkan teknologi-teknologi terbaru yang menunjang kebutuhan pengendara dalam sisi informasi.

Baca juga: Mengapa Ford Ranger Masih Berani Bertahan di Indonesia?

Selain itu, pada bagian setir kemudi juga dilengkapi dengan panel-panel yang sangat lengkap dan informatif, seperti speedometer yang juga sudah membawa teknologi komputer sehingga yang ditampilkan di cluster speedometer lebih menarik secara visual dan akurat.

Untuk bagian kabin, hatchback andalan Ford ini menampilkan ruang kabin yang elegan di mana jok terlihat mewah dengan bahan full leather berkualitas tinggi dari Recaro. Perpaduan warna cerah di jok semakin menampilkan kesan fresh pada New Focus. Untuk menunjang kebutuhan hiburan, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur audio double DIN dari Sony.

Selain itu terdapat juga LCD pada bagian depan yang bisa menampilkan navigasi serta playlist audio dan juga memperkirakan suhu dan waktu bagi pengendara. Layar LCD pada mobil ini juga sudah terintregrasi dengan teknologi SYNCTM yang bisa memudahkan kebutuhan multitasking pengendara.

Untuk menambah kenyamanan, mobil satu ini juga telah dilengkapi dengan AC Double Blower yang bisa jadi andalan disaat menghadapi cuaca panas di jalan raya.

Teknologi Mesin Ti-VCT I-4 Flex Fuel Hasilkan Performa Tinggi

interior ford focus

Saatnya membedah dapur pacu mobil ini. New Focus kali ini dijejali dengan mesin 2.0L Ti-VCT i-4 Flex Fuel (optional PZEV states) yang telah mengusung teknologi Powertrain Control Module. Dengan kapasitas 2.000 liter, mobil ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 180 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 240 Nm pada 5.000 rpm.

Selain itu, pada mobil ini juga dibenamkan mesin berteknologi EcoBoost System yang akan membantu meningkatkan efisiensi pembakaran karena langsung terintegrasi dengan fitur turbocharging.

Mesin EcoBoost ini diklaim dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada mobil ini hingga mencapai 20 persen dan membantu mengurangi emisi gas buang CO2. New Focus dioperasikan dengan model transmisi 6-speed automatic. Di Indonesia, mobl ini hanya dihadirkan dalam tipe 2.0L GDI Sport yang menggunakan transmisi otomatis.

Dimensi Fisik yang Compact Didukung Suspensi Mantap

Sebagai kendaraan hatchback berkarakter sporty, sisi suspensi, kaki-kaki, dan dimensi mobil ini sudah sangat pas dan tepat. Dimensi mobil yang mungil merupakan ciri khas dari mobil berjenis hatchback, apalagi mobil jenis hatchback sangat jarang digunakan untuk mengangkut banyak penumpang. Secara fisik, mobil satu ini memiliki ukuran panjang 4.354 mm, lebar 1.823mm, dan tinggi 1.484mm, serta wheelbase mencapai 2650 mm. Bobot yang dimiliki mobl ini adalah 1.470 kg.

Dimensi ini memang cukup kecil bagi yang terbiasa mengendarai mobil berjenis SUV, namun sangat ideal untuk mobil berjenis hatchback. Untuk menunjang kenyamanan berkendara, New Focus juga sudah disematkan suspensi Independent MacPherson strut-type yang dilengkapi dengan stabilizer bar pada bagian depan. Sedangkan untuk suspensi bagian belakangnya menggunakan shock berjenis hidrolik yang sudah menggunakan teknologi Fully Independent Control Blade SLA. Suspensi belakang mobil ini juga sudah menggunakan stabilizer bar untuk mendukung shock bertipe hidroliknya.

spesifikasi ford focus

Untuk bagian kaki-kaki, New Focus disokong oleh pilihan velg 17 inci berjenis painted aluminium yang dibalut dengan ban berukuran 215/50 R17. Pada sektor pengereman, hatchback ini juga sudah didukung teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) yang akan menambah kenyamanan serta membuat pengontrolan kendaraan akan lebih mudah.

Bisa dibilang, Ford seri Focus keluaran terakhir ini merupakan mobil hatchback yang sangat ideal untuk digunakan di perkotaan. Anda salah satu penggemar mobil hatchback? Mobil satu ini bisa jadi pilihan yang baik.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Chevrolet Captiva Lengkap

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.