Menghitung Baik Buruknya Bermain Game Online

Berita

Ada banyak dampak buruk dari bermain game online yang berlebihan, mulai dari dampak fisik hingga kognitif. Apa saja dampak buruk tersebut?

Sudah banyak orang yang tahu bahwa game online memberikan dampak yang buruk. Terutama bagi anak-anak. Hal itulah yang membuat beberapa orang tua tidak memperbolehkan anak mereka memainkan game di handphone.

Lalu, bagaimana dengan orang dewasa? Sama saja. Potensi buruk untuk kesehatan mereka tetap ada. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat Anda untuk tidak lagi main game yang satu ini. Anda bisa melakukan langkah antisipasi, seperti mengurangi intensitas bermain dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud Asuransi Penyakit Kritis?

Mengapa harus dilindungi asuransi kesehatan? Sebab, Anda harus memikirkan dampak terburuk yang bisa saja terjadi. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda diharapkan lebih waspada. Sehingga Anda bisa tetap menikmati bermain game online favorit Anda tanpa mengalami hal buruk dalam kesehatan.

Dampak Buruk Permainan Online untuk Otak

Sudah banyak penjelasan mengenai dampak buruk permainan online untuk kesehatan. Namun, tidak banyak yang membahas secara spesifik dampaknya terhadap otak.

Ternyata, ini bukan hal yang boleh dianggap sepele. Ada banyak gamers yang mengalami keluhan pada bagian otak dan ternyata itu ada kaitannya dengan kebiasaan mereka bermain game secara online.

dampak negatif game online

Menurut ahli kesehatan jiwa, pecinta game yang sudah addicted atau mengalami kecanduan sering mengalami masalah pada struktur otak. Ada perubahan yang terjadi pada otak pre-frontal cortex. Ini adalah salah satu bagian pada otak yang berperan untuk membantu seseorang lebih fokus dan mampu membuat keputusan.

Sayangnya, ketika seseorang kecanduan game online, bisa saja otak bagian tersebut rusak yang menyebabkan orang tersebut sulit untuk fokus dan susah untuk membuat sebuah keputusan.

Ini hal yang sangat buruk sekali, terutama bagi pelajar. Seorang pelajar dituntut untuk fokus terutama ketika belajar. Fokus menjadi kunci penting agar pelajar bisa memahami suatu pelajaran.

Begitu juga ketika Anda sudah mulai menginjak dewasa. Anda harus memiliki kemampuan sendiri untuk membuat keputusan, misalnya saja ketika harus memutuskan bakat apa yang harus digali, kuliah jurusan apa yang harus diambil, dan lain sebagainya.

Karena buruknya dampak yang bisa terjadi tersebut, Anda harus berhati-hati. Jangan sampai Anda mengalami kecanduan bermain game.

Dampak Buruk Permainan Online untuk Kesehatan

Selain buruk bagi otak, kecanduan game juga buruk untuk kesehatan. Sudah banyak gamers yang mengalami dampak buruk ini. Lalu, apa saja dampak buruk tersebut?

Ambeien

Gangguan kesehatan lainnya adalah ambeien. Anda tentu sudah mengerti mengapa penyakit yang satu ini terjadi. Faktor penyebab utamanya adalah terlalu sering duduk. Dan ini yang sering dilakukan oleh para pecinta game gadget, bukan?

Sebenarnya, hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Ambeien itu disebabkan peredaran darah tidak lancar. Pembuluh darah vena yang ada di bagian anus terdesak. Maka, muncullah benjolan yang terasa sakit dan panas. Itulah yang kemudian disebut dengan ambeien.

Namun, bukan hanya gamers saja yang berpotensi mengalami ambeien. Siapa saja yang lebih banyak melakukan aktivitas secara duduk tanpa diimbangi berdiri dan bergerak juga berisiko terkena ambeien.

Baca juga: Tangani Penyakit Serius dengan Pengobatan Rawat Jalan

Metabolisme Tubuh Memburuk

Banyak yang menganggap metabolisme tubuh itu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi setiap hari. Anggapan tersebut kurang tepat. Ada sekian banyak faktor yang mempengaruhi, selain makanan yang Anda konsumsi.

Salah satu faktor yang dimaksud adalah aktivitas fisik. Pasalnya, aktivitas fisik inilah yang mempengaruhi otot. Dan otot ini yang kemudian mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Semakin aktif tubuh Anda, maka semakin kuat otot Anda. Sehingga semakin bagus metabolisme tubuh.

Sebaliknya, ketika Anda kurang beraktivitas fisik, massa otot turun sehingga metabolisme terganggu. Dan ini yang dialami oleh para pecandu game. Mereka kurang beraktivitas fisik sehingga metabolisme tubuh mengalami masalah.

Banyak akibat buruk yang mengikuti, misalnya saja obesitas, mudah sakit, dan juga sakit perut. Inilah beberapa dampak buruk kesehatan yang sering dialami oleh pecandu game.

Gangguan Kesehatan Mata

Organ penting tubuh yang pertama kali mendapatkan efek buruk dari sinar gadget saat main game adalah mata. Apalagi jika Anda sering sekali bermain game di ruangan yang gelap. Seringkali gamer bermain hingga larut malam. Bahkan ketika lampu kamar sudah dimatikan ternyata ini kurang bagus untuk mata.

Para ahli kesehatan mata mengatakan terlalu sering bermain bisa menyebabkan asthenopia atau mata mengalami kelelahan. Jika ini dibiarkan, maka kondisi mata akan semakin buruk. Ini bisa memicu risiko terkena gangguan refraksi mata seperti rabun jauh.

dampak game online

Selain itu, yang cukup mengkhawatirkan lainnya adalah xerophthalmia atau mata kering. Ini kondisi mata yang kering sehingga terasa gatal dan tidak nyaman digunakan untuk melihat sebuah obyek. Ini pula berpotensi mata mengalami rabun.

Sindrom Carpal Tunnel

Ini bukan hal yang aneh. Mungkin istilahnya saja yang jarang Anda dengar. Namun, tentu Anda sudah tahu kesemutan, bukan? Itulah yang disebut dengan Sindrom Carpal Tunnel oleh para ahli medis.

Jangan anggap sepele masalah yang satu ini. Ini merupakan tanda cendera pada otot tangan. Saraf yang mengalami tegang menyebabkan kesemutan atau mati rasa. Jika ini terus menerus terjadi, bukan tidak mungkin berakhir dengan hal yang lebih buruk.

Memang sindrom ini tidak hanya terjadi pada orang yang terlalu lama bermain game.  Akan tetapi, Anda yang suka sekali berlama-lama main game gadget berisiko mengalaminya.

Itulah gangguan kesehatan yang menghantui para pecinta game. Untuk itu, penting sekali para gamers melakukan langkah pencegahan.

Cara Mengambil Manfaat Bermain Online Gaming

Setiap hal pasti memiliki dua sisi, yaitu sisi baik dan sisi buruk. Anda sudah tahu apa sisi buruk yang bisa terjadi jika Anda suka berlama-lamaan main game. Lakukan pencegahan dan dapatkan manfaat dari permainan yang satu ini. Bagaimana caranya?

Atur Waktu

Sebisa mungkin, lakukan manajemen waktu yang baik. Artinya, Anda harus tentukan waktu kapan Anda bisa bermain game kapan Anda harus berhenti dan melakukan kegiatan lain.

Sekalipun Anda seorang professional online gamer, Anda tetap harus pintar mengatur waktu. Mungkin banyak waktu yang Anda habiskan untuk bermain game. Namun, tetap saja luangkan waktu untuk melakukan aktivitas positif lainnya.

Melakukan Gerakan Fisik

Saat bermain game, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Sadari bahwa itu bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Anda harus tetap melakukan gerakan fisik, entah itu setiap 30 atau 40 menit sekali. Anda bisa berjalan untuk mengambil air minum di dapur.

selain itu, Anda harus tetap menjalankan olahraga favorite. Anda suka futsal? Jangan sampai malam futsal ketika Anda sudah punya hobi baru bermain game.

Makan Makanan Bergizi

mengatasi kecanduan game online

Ini yang paling penting. Seringkali, gamers itu lupa waktu. Mereka juga lupa untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Hanya ada gadget dan bermain game lain.

Akan lebih baik jika Anda sediakan cemilan sehat di sekitar meja game Anda, seperti buah, kacang, dan lain sebagainya. Buang cemilan yang tidak sehat, seperti snack yang mengandung MSG.

Baca juga: 5 Obat Paling Penting Dalam Sejarah di Dunia

Comments are closed.