Harus Bagaimana Jika Uang 5 Miliar Terpakai Untuk Dana Darurat Keluarga?

Agar Anda dapat memulihkan uang 5 miliar yang habis terpakai untuk dana darurat, sebaiknya mengikuti tips-tips berikut ini.

Berita

Uang 5 miliar memang terlihat sangat banyak, akan tetapi jika Anda tidak pandai dalam mengelolanya, bisa saja uang 5 miliar tersebut habis sia-sia khususnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebenarnya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut dapat teratasi jika Anda mengelola keuangan Anda dengan menyiapkan dana darurat.
Ê

Tips Memulihkan Uang 5 Miliar yang Habis Terpakai Untuk Dana Darurat Keluarga

Jika Anda tidak memersiapkan dana darurat dan uang 5 miliar Anda habis terpakai untuk kebutuhan yang mendesak, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mengikuti tips untuk memulihkan uang 5 miliar yang habis terpakai untuk dana darurat keluarga.
Ê

1. Periksa kembali keuangan Anda

Sama seperti tubuh ketika sakit, Anda harus terlebih dahulu memeriksakan kondisi tubuh untuk tahu tubuh bagian mana saja yang harus Anda obati. Begitu juga dengan keuangan Anda. Periksalah kembali pengeluaran-pengeluaran apa saja yang dapat Anda batasi. Pisahkan antara kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, antara kebutuhan yang mendesak dengan kebutuhan yang dapat Anda tunda. Buatlah daftar dan catat apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan Anda.Ê
Ê

2. Buat prioritas kebutuhan utama

Setelah semua pos-pos perincian pengeluaran dirinci, selanjutnya urutkan sesuai dengan prioritas kebutuhan yang utama. Untuk kebutuhan yang bisa dibilang bersifat tersier, untuk sementara dihilangkan terlebih dahulu, guna memenuhi kebutuhan utama harian dan pembayaran iuran wajib bulanan. Jadi dana-dana yang akan digunakan untuk pos yang kurang penting bisa dialihkan dulu sepenuhnya ke hal-hal yang lebih utama.
Ê

3. Batasi pengeluaran harian

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan dalam membatasi biaya yang dikeluarkan dalam satu hari. Pertama dari biaya untuk makan. Apabila biasanya kita selalu makan siang di kantor dan senang membeli makanan ringan. Cobalah untuk membawa makan siang sendiri dari rumah dan bawalah buah-buahan sebagai penganti kudapan atau makanan ringan. Di samping menghemat uang, cara ini membuat tubuh Anda semakin sehat. Berikutnya adalah biaya transportasi, jika setiap hari menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke kantor, biasakanlah diri Anda untuk menggunakan transportasi umum untuk menghemat BBM dan biaya parkir. Menggunakan angkutan seperti bus menjadi anternatif terbaik, hindari penggunaan taksi jika bukan untuk keperluan mendesak.
Ê
Ê

4. Lunasi utang

Jika biasanya Anda menggunakan kartu kredit untuk alternatif pembayaran, maka hal penting berikutnya yang harus segera dilakukan adalah membayar tagihan utang kartu kredit. Untuk pembayaran utang harus memperhatikan kebutuhan pokok, agar keduanya berjalan seimbang. Membayar utang sesuai dengan kemampuan harus dilakukan dengan konsisten.
Ê

5. Kembalikan dana darurat

Bila uang 5 miliar Anda habis terpakai untuk dana darurat maka segera isi kembali untuk memulihkan kondisi keuangan Anda dan Anda pun dapat hidup lebih tenang. Isilah tabungan sesuai dengan kemampuan agar nantinya dapat menyelamatkan Anda dalam masa-masa sulit yang tidak dapat Anda hindari
Ê

6. Mulai menabung lagi

Setelah uang 5 miliar Anda habis terpakai, pulihkan kondisi keuangan Anda dengan mulai menabung lagi. Anda tentu harus memiliki target dalam menabung sehingga Anda termotivasi untuk melakukannya secara rutin. Target yang dapat Anda gunakan misalnya mengumpulkan uang untuk membeli aset tertentu.
Ê

7. Siapkan pos pengeluaran jangka panjang

Meskipun Anda sedang berusaha memulihkan keuangan, Anda tetap harus ingat untuk menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang. Dana yang disiapkan jauh-jauh hari akan membantu kesiapan finansial Anda di masa depan.
Ê
Ê
Itulah beberapa tips untuk memulihkan uang 5 miliar yang habis terpakai untuk dana darurat. Kunci dari semuanya adalah disiplin. Memang tidak mudah menjalani kehidupan sehari-hari dengan dana terbatas. Namun ingatlah tujuan utama Anda agar keuangan Anda kembali sehat.

Leave a Reply