Huacachina, Oasis yang Indah Terletak di Peru

Berita

Bukan hanya Afrika, Amerika juga punya oasis, lho. Yuk, nikmati keindahan Huacachina, oasis yang terletak di Peru, Amerika Selatan

Oasis biasanya ada di daerah Timur Tengah atau di Afrika. Namun, yang satu ini Anda bisa temukan di Peru, sebuah negara di Amerika Selatan. Peru tidak begitu terkenal dengan tempat wisatanya. Akan tetapi, dengan adanya Huacachina, Peru seolah-oleh menjadi destinasi paling favorit di Amerika Selatan. Banyak wisatawan yang benar-benar ingin menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Sebelum merencanakan liburan, pastikan Anda sudah memiliki perlindungan untuk perjalanan Anda ya. Ada banyak produk asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Futuready. Tidak perlu cemas dengan harga yang mahal karena produk yang ditawarkan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: 5 Pulau Indah di Polynesia Dijuluki Surganya Dunia

Membuat Huacachina Begitu Menarik

Sebenarnya tidak ada yang beda antara Huacachina dengan tempat wisata gurun pasir lainnya. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah tempat wisata ini dipenuhi dengan fasilitas mewah. Di sanalah para wisatawan bisa menginap, bersantai, dan juga menghabiskan waktu liburan.

huacachina oasis

Awalnya, Huacachina merupakan lokasi wisata yang hanya dikunjungi oleh wisatawan kaya saja. Pasalnya, ini lokasinya jauh dari pusat kota Peru dengan jarak sekitar 8 kilometer dan hanya ada beberapa villa atau resort saja.

Namun, seiringnya waktu, semuanya sudah berbeda. Banyaknya traveller terutama backpacker yang ingin berlibur di Huacachina membuat penduduk lokal berpikir. Mereka mendirikan tempat menginap dengan harga yang lebih terjangkau. Hingga sekarang, oasis yang ditinggali sekitar 100 orang penduduk lokal ini bisa hidup lebih makmur karena tempat mereka sudah dijadikan salah satu destinasi wisata utama di Peru.

Memang oasis ini terletak di tengah-tengah gurun pasir. Sejauh mata memandang, Anda hanya akan melihat gunung pasir. Namun, di tengah gunug pasir tersebut, ada daerah hijau yang penuh dengan pepohonan. Berbagai fasilitas juga tersedia, mulai dari hotel, restoran, dan lain sebagainya. Di bagian paling tengah, terdapat danau yang airnya begitu jernih. Anda bisa bayangkan bagaimana danau tersebut memiliki air yang jernih di tengah gurun yang panas.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Kegiatan Asyik yang Bisa Anda Lakukan

Jika Anda berlibur di Huacachina, Anda tidak hanya bisa menikmati suasana desa yang hangat di tengah gunung pasir. Ada kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan.

1. Sandboarding

Sandboarding merupakan salah satu kegiatan yang membuat tempat ini semakin terkenal dikalangan backpacker. Mereka datang tidak hanya untuk menghabiskan waktu liburan, tapi juga melakukan kegiatan ekstrim. Sandboarding adalah semacam olahraga seluncur yang hanya bisa dilakukan di atas pasir.

Seperti yang Anda ketahui, Huacachina itu di kelilingi oleh gunung pasir yang cukup tinggi. Dari puncak gunung pasir, Anda bisa meluncur dengan menggunakan papan seluncur yang sudah disediakan. Anda tidak perlu khawatir karena olahraga ini cukup aman.

2. Menjelajahi Gurun Pasir

Selain melakukan olahraga sandboarding, Anda juga bisa melihat Huacachina dari berbagai sudut. Ada fasilitas kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi gurun pasir. Anda akan merasakan sensasi berkendara dari gunung pasir satu ke gunung pasir yang lain.

3. Sunset

Anda bisa habiskan waktu seharian penuh bermain sandboarding dan juga berkeliling padang pasir, tapi jangan sampai melewatkan momen melihat sunset. Anda hanya perlu menuju ke salah satu gunung pasir yang paling tinggi. Di sanalah Anda akan melihat matahari tenggelam dengan sangat sempurna. Jika selama ini Anda sering melihat matahari tenggelam di pantai, di Huacachina Anda disuguhkan pemandangan yang cukup berbeda.

4. Bermain di Danau

Ada danau yang airnya jernih di tengah gurun. Ada perahu juga yang bisa Anda sewa untuk melihat pemandangan Huacachina dari tengah danau. Anda akan melihat pepohonan yang menjulang tinggi yang berada di tengah gunung-gunung pasir.

5. Bermain Pasir

Anda tidak hanya bisa main sandboarding, tapi juga bisa bermain pasir. Kabarnya, pasir di Huacachina ini mengandung khasiat untuk kesehatan. Ada seorang paramedis dari Italia bernama Angela Perotti yang menemukan fakta bahwa pasir di Huacachina bisa menyembuhkan rematik dan penyakit kulit.

Baca juga: Senang Liburan? Ini Cara Mengurus Visa di VFS Global

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Hal yang Perlu Diperhatikan

Huacachina adalah tempat yang sangat kecil yang jauh dari pusat Kota Peru. Untuk itu, Anda sebaiknya membawa uang cash dalam jumlah yang banyak, sebab Anda tidak akan menemukan mesin ATM di sana.

Selain itu, bawa juga sunscreen. Gunakan sunscreen sebelum Anda menjelajahi tempat tersebut. Udara bisa begitu panas sehingga terik matahari bisa membakar kulit Anda. Dengan menggunakan sunscreen, maka kulit Anda akan mendapatkan proteksi.

Kabarnya, banyak sekali pencopet di sana. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda masukkan semua dompet dan juga surat berharga seperti visa dan passport ke dalam tas yang aman ya.

Satu lagi yang paling penting adalah sebaiknya Anda booking dulu hotel sebelum sampai di sana. Di momen tertentu, banyak turis yang datang ke sana. Jadi jangan sampai Anda tidak kebagian kamar untuk menginap. Jangan terlalu percaya dengan supir taxi yang mengantarkan Anda ke Huacachina. Karena bisa saja supir taxi tersebut sudah bekerjasama dengan pemilik hotel. Biasanya, hotel akan memberikan tarif yang mahal karena pihak hotel harus memberikan komisi untuk supir yang mengantarkan.

Jadi, kapan Anda merencanakan berlibur ke Huacachina?

Comments are closed.