Iklan Asuransi Thailand yang Menarik Perhatian

BeritaEntrepreneurship

Iklan asuransi umumnya hanya menawarkan produk. Tapi, di Thailand, perusahaan asuransi beriklan dengan cara yang sangat baik dan menarik.

Sebagai salah satu produk yang berfungsi untuk menunjang kehidupan, asuransi selalu punya cara untuk memikat calon penggunanya dengan beragam cara, mulai dari membuat acara hingga iklan.

Bicara soal iklan, rasanya iklan asuransi merupakan salah satu iklan yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi penonton. Bagaimana tidak, sekarang ini banyak sekali iklan asuransi yang beredar baik di televisi maupun di kanal YouTube.

Baca juga: Tip Membangun Brand Awareness untuk Merk Anda

Umumnya, iklan tersebut dibuat sedemikian rupa agar dapat meraih perhatian penonton, mulai dari konsep iklan yang lucu hingga menyentuh hati. Salah satu negara yang punya beragam iklan asuransi yang menarik tak lain adalah Thailand.

Penasaran bagaimana perusahaan asuransi di negeri gajah putih beriklan hingga akhirnya meraih atensi penonton? Berikut adalah beberapa iklan asuransi di Thailand yang menarik untuk Anda saksikan!

Iklan Asuransi Thailand yang Menarik

TNB Insurance: Iklan Asuransi Thailand Tentang Ayah Bisu yang Cinta pada Anaknya

Tidak peduli betapa tidak sempurnanya seorang ayah, setidaknya disaat momen yang menentukan hidup dan mati, premier people bisa melihat kasih sayangnya yang luar biasa. Kira kira itulah pesan yang ingin disampaikan pada iklan ini.

TNB Insurance: Iklan Asuransi Thailand Tentang Ayah dan Anak

iklan asuransi thailand

Kesempatan adalah hal yang diberikan asuransi kepada konsumen, kesempatan tersebut dapat dipergunakan untuk melakukan apa saja, seperti kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan anak.

Asuransi Mobil: Iklan Asuransi tentang Worry Free

Iklan lucu yang ingin meyakinkan premier people bahwa dengan asuransi mobil all risk yang ditawarkan perusahaan asuransi tersebut, bahaya kerugian tidak akan membuat premier people khawatir, bahkan pada saat kecelakaan tersebut terjadi di hadapan premier people langsung.

Tips Membuat Iklan yang Baik

Setelah melihat iklan di atas, tentu Anda berpikir bagaimana cara membuat iklan yang menarik sehingga penonton tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, mari kita simak bersama tips membuat iklan yang baik di bawah ini!

Cari Tahu dulu Identitas Brand

Iklan yang kreatif datangnya dari pemahaman yang mendalam mengenai siapa target iklan Anda, dan seperti apa brand Anda ingin dilihat dari iklan tersebut. Maka, identifikasi dulu siapa target audiens Anda dan apa pesan komersial yang ingin Anda sampaikan. Proses ini memerlukan riset yang benar-benar nyata, bukan sekedar pemikiran saja. Karena Anda pasti tidak ingin budget iklan Anda terbakar sia-sia dan iklan Anda dipersepsikan dengan salah.

Brief dulu dengan benar

iklan asuransi thailand

Seringkali sebuah production house hanya diberi brief: “Saya ingin iklan saya nanti bisa sukses seperti iklan kompetitor saya”. Maka production house tidak punya pilihan lain. Mereka akan memproduksi iklan yang mirip dengan iklan kompetitor Anda. Padahal seberapa pun suksesnya sebuah iklan kompetitor, jangan membuat salinan mereka. Anda hanya akan mengacaukan kepribadian brand Anda.

Berikan brief yang tepat pada production house mengenai kepribadian brand Anda dan bagaimana Anda ingin memposisikan diri ke audiens. Kemudian barulah Anda membiarkan production house untuk memikirkan aspek teknis seperti desain produksi, mulai dari skrip hingga produksi audiovisual.

Baca juga: 5 Sumber Iklan Gratis di Internet

Bujet

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan production house, tanyakan dulu mengenai bujet produksi yang harus Anda siapkan. Hanya setujui ketika Anda tahu betul berapa biaya produksi berdasarkan naskah akhirnya, mencakup penggunaan aktor, voice over dan musik.

Cara paling mudah untuk menghitung budget produksi adalah 10% dari total pengeluaran media TV Anda. Anda perlu ingat bahwa budget produksi tidak berbanding lurus dengan respon. Eksekusi dan kreatifitas, dikombinasikan dengan penempatan media

Gambar dan Komponen dalam Iklan Harus Terlihat Jelas

Dalam sebuah video terdapat gambar dan juga beberapa tulisan pendukung yang menunjukkan produk maupun jasa yang Anda tawarkan kepada masyarakat. Buatlah foto dan juga tulisan dengan jelas namun tidak perlu terlalu memenuhi layar khususnya bagian tulisan. Buatlah agar tulisan itu hanya sebagai pendukung saja dan sudah mencakup seluruh isi serta maksud dari pembuatan video iklan tersebut.

Tidak perlu membuatnya bertele-tele agar telrihat lebih berbobot karena hal itu justru tidak akan menarik minat para pengunjung akun Anda. Mereka kemungkinan justru akan merasa bosan melihat iklan yang Anda buat tanpa mengerti sebenarnya produk apa yang Anda jual dan apa manfaatnya bagi mereka jika menggunakannya.

Komposisi Gambar dan Tulisan Harus Sesuai dan Berimbang

Jangan sampai komposisi tulisan lebih banyak dibandingkan dengan gambar karena Anda membuat video promosi dan bukan promosi melalui media sosial seperti Twitter atau Facebook yang lebih banyak tulisan dengan hanya satu atau dua foto pendukung saja.

Untuk video, sebenarnya bagian yang harus dibuat lebih banyak adalah gambar mengingat masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan tampilan visual dibandingkan harus membaca.

iklan asuransi thailand

Tujuan dari pembagian komposisi ini adalah agar para pengunjung situs langsung menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan melalui iklan tersebut.

Dengan komposisi warna yang cerah, tidak bertumpuk namun tetap mengacu pada produk yang dipasarkan, maka penonton yang melihat pun akan langsung mengetahui inti dari promosi tersebut. Jika warna yang digunakan untuk melakukan promosi terlalu mencolok, maka yang terjadi adalah para pengunjung akan lebih fokus dan tertarik untuk melihat bagian pendukungnya dibandingkan dengan produk utamanya.

Oleh karena itu, buatlah agar pengunjung lebih tertarik dengan produk utama dan fokusnya pun tidak akan teralihkan dengan hal lainnya.

Baca juga: Hari Asuransi Nasional: Begini Perkembangan Asuransi di Indonesia

Isi Iklan dan Video Harus Sesuai dengan Kebutuhan

Isi dari video merupakan bagian yang paling penting sekaligus menjadi daya tarik tersendiri dari konsumen. Jangan sampai isi dibuat berputar-putar dan juga panjang karena dipastikan jika seseorang akan bosan melihat hal tersebut dan mengganti channel youtube-nya dengan yang lain sebelum iklan promosi selesai. Sebaiknya buatlah iklan dengan waktu sesingkat-singkatnya, jelas, padat namun berbobot.

Pendekatan yang jujur

Kita berada di era ketidakpercayaan. Kita tidak memiliki kepercayaan terhadap bank, kita tidak mempercayai para politisi, dan lain sebagainya. Sehingga, iklan di masa resesi haruslah menunjukkan penawaran yang tidak menipu, dan tidak mengandung syarat-syarat tertentu.

Positioning

Sebuah iklan tidak perlu menyasar secara langsung pada segmentasi Anda. Karena hal ini beresiko untuk tidak menjangkau audiens yang lebih luas. Padahal dengan budget yang semakin besar, maka Anda tentunya ingin menggali potensi terbaik dari iklan Anda. Salah satunya adalah menemukan segmentasi baru.

Itulah beberapa tips membuat iklan yang dapat Anda ikuti. Berkaca dari iklan tersebut, bukan tidak mungkin Anda dapat membuat iklan yang menarik dan meraih perhatian banyak orang.

Comments are closed.