Ini Dia Alasan Kenapa Anda Harus Menyiapkan Dana Darurat!

Dana darurat menjadi wajib dimiliki oleh Anda. Simak ulasan mengenai dana darurat dan alasan kenapa Anda harus menyiapkan dana darurat berikut ini!

Berita

Apa sih alasan dana darurat menjadi penting? Mengapa kita harus memiliki dana darurat? Anda mungkin pernah bertanya-tanya hal demikian. Uraian berikut ini akan menambah pengetahuan Anda mengenai dana darurat dan alasan dana darurat penting.
Ê

Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang khusus dipersiapkan untuk kebutuhan yang terjadi di luar perkiraan. Alasan dana darurat menjadi penting tidak hanya berguna bagi masalah finansial tapi berdampak pada kondisi kesehatan serta hubungan dengan seseorang. Sebagian orang memiliki tujuan dana darurat sebagai penyimpanan di saat dibutuhkan kapan saja sehingga seringkali mereka juga menggunakannya saat liburan. Tentu hal ini akan menguras simpanan dana Anda. Banyak juga yang berencana menggunakan dana darurat lantaran keuangan menipis untuk liburan. Jadi, sudahkah Anda menghitung ulang dana darurat setelah libuarn? Anda perlu menghitung ulang agar bisa mengkalkulasikan antara simpanan dana yang Anda miliki dengan kebutuhan Anda.
Ê

Jumlah Kebutuhan Dana Darurat

Jumlah kebutuhan dana darurat memang berbeda-beda bagi masing-masing individu. Secara umum, minimal besaran kebutuhan dana darurat adalah sebesar 3 kali pengeluaran rutin bulanan untuk yang masih lajang. Sedangkan dana darurat untuk keluarga kecil atau keluarga belum memiliki anak adalah 6 kali pengeluaran bulanan dan dana darurat untuk keluarga besar adalah 12 kali pengeluaran bulanan. Pada prinspinya, semakin banyak tanggungan, maka semakin besar faktor penggali dana darurat Anda. Ini karena probabilitas terjadinya kejadian tak terduga pun menjadi semakin besar. Jika Anda bingung dengan pendapatan yang harus dialokasikan untuk dana darurat dan merasa kurang, Anda bahkan bisa menambah pekerjaan lepas (freelance) untuk menambah dana darurat Anda.
Ê

Prioritas Keperluan Dana Darurat

Anda perlu menghitung ulang dana darurat yang perlu dialokasikan untuk kebutuhan prioritas. Kebutuhan yang menjadi prioritas di sini adalah kebutuhan utama yang tidak bisa Anda tunda lama. Beberapa contoh prioritas keperluan atau kebutuhan dana darurat adalah:
Ê
  1. Keperluan darurat seperti masuk rumah sakit atau membantu keluarga.
  2. Keperluan pemenuhan tujuan finansial jika investasi tidak mencapai hasil maksimal.
  3. Keperluan pemenuhan biaya hidup jika tidak bekerja atau tidak memiliki pengeluaran untuk sementara waktu.
Ê
Kebutuhan dan keperluan yang menjadi prioritas tersebut tentunya harus Anda siapkan dananya. Jika keuangan Anda mulai menipis terutama setelah pulang berlibur, Anda perlu menghitung ulang dana darurat. Ini karena Anda perlu tahu penyediaan dana darurat yang Anda miliki.Ê
Ê
Ê

Alasan Anda Harus Menyiapkan Dana Darurat

1. Antisipasi

Alasan dana darurat yang pertama adalah sebagai antisipasi. Mungkin, beberapa orang banyak yang mengatakan kepada kita bahwa berpikiran buruk tentang hidup adalah hal yang tidak baik. Namun, sebenarnya ada baiknya kita untuk berpikir jauh untuk setidaknya bisa berjaga-jaga jika sebuah risiko terjadi. Misalnya saja bila Anda adalah seorang karyawan, namun ternyata perusahaan tempat Anda kerja tersebut mengalami kebangkrutan. Padahal, saat itu Anda sedang sakit dan tidak memiliki dana, salah hal yang bisa membantu anda tersebut ialah sebuah dana darurat.
Ê

2. Agar Tidak Ada Hutang

Sebenarnya, bisa dibilang mempersiapkan dana darurat tujuan utamanya ialah untuk menghindari hutang, jika terjadi hal yang mendesak. Contohnya saja bila kita atau salah satu keluarga kita mengalami sakit, banyak orang yang mengh utang jika hal seperti itu terjadi. Dan, akhirnya mereka terlilit utang karena hal yang mendesak seperti itu.
Ê

3. Biaya Hidup yang Tiba-tiba

Anda bisa menggunakan dana darurat anda tersebut untuk hal-hal yang tiba-tiba, misalnya ketika anda seorang karyawan yang memutuskan untuk menjadi seorang wiraswasta. Jadi, sebelum mendapatkan laba dari usaha anda tersebut, anda pun bisa menggunakan dana darurat yang sudah anda simpan tersebut. Inilah salah satu alasan dana darurat menjadi penting.
Ê

4. Bisnis yang Tidak Mencapai Target

Banyak orang yang mengatakan bahwa hidup kadang di atas, kadang pula di bawah. Begitu pula dengan bisnis yang Anda jalankan, kadang melebihi target namun tidak jarang pula jauh dari target. Biasanya, banyak orang akan stres karena tidak bisa mencapai target, namun Anda pun tidak khawatir lagi karena Anda sudah memiliki sebuah dana darurat atau dana cadangan.
Ê
Jadi, ketika keuangan menipis terutama sepulang pergi berlibur Anda perlu menghitung ulang dana darurat yang Anda miliki. Alasan dana darurat menjadi penting adalah mengantisipasi keadaan darurat yang mungkin terjadi dan Anda memiliki persiapan yang baik.

Leave a Reply