Inilah Arti Menggambar Pohon Dalam Psikotes

Tips menggambar psikotes pohon dalam soal psikotes ini penting bagi Anda yang hendak melakukan psikotes untuk mencari kerja. Untuk itu, pahamilah berbagai jenis soal psikotes dan tipsnya agar sukses.

Berita

Pernahkah Anda melakukan psikotes? Dalam tes ini terkadang Anda diminta untuk menggambar objek tertentu misalnya saja pohon. Psikotes menggambar pohon ini boleh dibilang gampang-gampang susah, terutama bagi Anda yang tidak pandai menggambar.
Ê

Soal Menggambar Dalam Psikotes, Pahami Tips-nya

Tentunya dalam tes jenis ini, penilaian skor bukan bagus tidaknya gambar yang dibuat, melainkan detil atau tidaknya Anda menggambar objek tersebut. Bagaimana tidak, selain kecermatan Anda yang dinilai tetapi juga setiap garis yang Anda goreskan menjadi penilaian yang mana di dalamnya mencerminkan karakterisik Anda.
Ê
Tes ini fungsinya mengetahui sejauh mana rasa tanggung jawab serta rasa percaya diri Anda serta ketahanan dalam suatu pekerjaan. Lalu, adakah tips menggambar psikotes pohon dan ketentuan yang perlu diperhatikan lainnya? Simak ulasan berikut!
Ê

Tips Menggambar Psikotes Pohon

Sudahkah Anda mengetahui tips menggambar psikotes pohon? Bagi Anda yang ingin sukses dalam tes psikotes dan karir, maka tips ini sangat penting untuk dipahami.
  1. Ingatlah jenis pohon apa yang ada di ingatan Anda, familiar dan dianggap mudah untuk menggambarkannya. Ketika Anda mengerjakan psikotes menggambar pohon, sebaiknya menggambar pohon ataupun tanaman yang memiliki daun banyak atau rindang, yang memiliki kayu atau ranting, buah, bunga, hingga akar. Contohnya: Pohon mangga, durian, jambu, dan sebagainya.
  2. ÊUsahakan jangan terlalu tebal atau tipis. Usahakan pula menggambar dengan satu goresan saja. Sebab hal ini akan menunjukkan bahwa Anda orang yang tidak ragu-ragu. Posisi atau letak pohon juga harus di tengah-tengah kertas ujian. Jangan lupa, gambar juga harus diberi judul yang tepat sesuai dengan apa yang Anda gambar.
  3. Gambarlah pohon dengan sempurna mulai dari dahan, batang, ranting, daun, akar, serta buah seperti pohon nangka, mangga, jambu atau lainnya. Biasanya ada beberapa instruksi seperti dilarang menggambar pohon cemara, pisang, kelapa, umbi-umbian, dan beringin. Jadi, perhatikan baik-baik instruksi soal psikotes.
  4. Hindari menggambar pohon beringin. Bukan karena beringin itu mudah digambar, tapi lebih karena sifat beringin sudah dianggap sangat ideal untuk seseorang. Jadi jika Anda gambar beringin, Anda hanya akan dianggap terlalu sempurna. Jangan lupa deskripsikan pohon apa yang Anda gambar
  5. Berlatihlah menggambar. Test psikotes menggambar pohon dan manusia ini digunakan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja.

Makna Psikotes Menggambar Pohon

Selain tips psikotes menggambar pohon, Anda juga perlu memahami makna psikotes menggambar pohon. Gambar batang pohon yang cukup besar dan terkesan kuat, ini menggambarkan Anda seorang yang kuat, dengan daun-daun lebat dan rindang, artinya Anda menaungi orang-orang di sekitar dan di bawah Anda.
Ê
Tinggi menjulang artinya Anda adalah seorang pembelajar yang mempunyai cita-cita dan harapan. Akar yang kuat artinya Anda juga punya pegangan hidup dan pendirian, serta buah yang menyimbolkan bahwa sesukses apa pun Anda, tentu tidak melupakan orang-orang di sekitar Anda.
Ê
Tes ini termasuk dalam tes grafis. Jadi, jika Anda tidak bisa menggambar, maka jangan khawatir karena yang dinilai bukan pandai tidaknya Anda menggambar, melainkan besar-kecil gambar, tarikan garis, serta letak gambar.
Biasanya penguji akan bertanya jenis pohon dan nama pohon yang Anda gambar. Hal ini karena setiap gambar memiliki arti masing-masing. Jadi, sudahkah Anda memahami tips menggambar psikotes pohon?Ê
Ê

Leave a Reply