Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020 untuk Jakarta dan Sekitarnya

BeritaHealth

Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, berikut ini jadwal imsakiyah Ramadan 2020. Selamat menjalankan ibadah puasa!

1 Ramadan 2020 atau awal mula puasa Ramadan 1441 H telah ditetapkan mulai hari ini, Jumat, 24 April 2020. Kemarin Kementrian Agama telah menggelar sidang isbat yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (23/4/2020). Sidang ini dilakukan secara tertutup setelah salat Magrib.

Berbeda dengan tahun biasanya, untuk sidang isbat tahun ini dilakukan secara semi telekonferensi dikarenakan situasi pandemi virus corona. Dalam sidang ini, yang hadir secara fisik di kantor Kemeterian Agama hanya Menteri Agama Fachrul Razi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Sementara itu, tokoh ormas Islam yang diundang bisa mengikuti rapat melalui sarana teleconference.

Dilansir dari detik.com, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa kebijakan ini diambil karena sesuai dengan protokol kesehatan yang mengharuskan kita untuk menghidari kerumunan.

Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020

Umat islam di Indonesia akan menjalankan ibadah puasa kurang lebih 30 hari. Bagi Anda yang belum mengetahui jadwal imsakiyah Ramadan 2020, berikut ini tabelnya.

jadwal imsak ramadan 2020

Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 2020 dari Kementerian Agama

Selama pandemic COVID-19 ini, Kementerian Agama telah menerbitkan surat edaran terkait panduan ibadah Ramadan yang ditandatangani oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Panduan ini dibuat agar masyarakat tetap bisa beribadah sesuai syariat agama sekaligus mencegah penularan COVID-19. Berikut ini isi dari Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 Kementerian Agama Indonesia.

  1. Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan dengan baik berdasarkan ketentuan fikih ibadah.
  2. Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti, tidak perlu sahur on the road atau buka puasa bersama. Kebijakan ini berlaku untuk lembaga pemerintahan, swasta, maupun musala.
  3. Salat tarawih dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah. (Dilarang melakukan salat Tarawih Keliling atau tarling).
  4. Tilawah atau tadarus Al-Qur’an dilakukan di rumah masing-masing.
  5. Peringatan turunnya Al Quran atau Nuzulul Qur’an dengan menghadirkan penceramah dan massa dalam jumlah besar, baik dari lembaga pemerintah, swasta, masjid, ataupun masala ditiadakan.
  6. Tidak berdiam diri di masjid/musala selama 10 hari terakhir atau I’tikaf.
  7. Pelaksanaan salat Idul Fitri yang lazimnya dilakukan secara berjamaah, baik di masjid atau lapangan ditiadakan. Untuk itu diharapkan terbitnya Fatwa MUI menjelang waktunya.
  8. Tidak dibenarkan melakukan takbiran keliling, takbir dilakukan di masjid/musala saja.
  9. Pesantren kilat boleh dilakukan selama melalui perangkat elektronik.
  10. Silaturahim atau halal bihalal yang lazim dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri bisa dilakukan via media sosial, telepon, atau video call.
  11. Untuk pengumpulan dan penyaluran zakat, diimbau semaksimal mungkin meminimalisir terjadinya kontak fisik dan pengumpulan massa. Proses pengumpulan zakat bisa dilakukan dengan sistem jemput atau transfer perbankan. Sementara, penyalurannya sebaiknya diberikan secara langsung kepada penerima dengan sebelumnya dilakukan pendataan yang tepat.

Tetap Sehat Selama Puasa

Menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa tetap harus dilakukan. Berpuasa bukan berarti tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang bergizi, tetapi hanya jadwal makan dan minumnya yang diubah.

Anda tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi ketika sahur dan berbuka puasa agar tubuh Anda tetap mendapatkan porsi nutrisi yang optimal. Selain menjaga pola makan, kurang lengkap jika kehidupan Anda dan keluarga dilindungi asuransi kesehatan. Futuready menawarkan berbagai produk asuransi kesehatan dari perusahaan-perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Anda bisa langsung bandingkan dan pilih berdasarkan kebutuhan.

Untuk seluruh masyarakat Indonesia, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 2020. Semoga Anda dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankannya.

Comments are closed.