Jalan Tikus, Solusi Atasi Macet Kota Besar

Berita

Kesal dengan macet Jakarta yang tidak ada habisnya? Gunakan saja jalan tikus yang bisa menuntun Anda menuju tempat yang dituju dengan lebih cepat.

Banyaknya jalan tikus di perkotaan sangat menolong masyarakat di perkotaan. Keberadaannya bisa menjadi salah satu solusi untuk memecah kemacetan. Namun begitu, masyarakat harus mengetahui alur perjalanan supaya tidak mengambil jalur yang salah.

Macet merupakan hal biasa di perkotaan. Penyebabnya juga banyak sekali. Hal ini membuat produktivitas di dunia kerja menjadi terhambat.

Akibat yang ditimbulkan juga cukup fatal. Kalau tidak segera dibenahi, masalah ini akan terus mambayangi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Makanya, perlu solusi terbaik untuk menangani masalah tersebut.

jalan tikus alternatif

Penyebab Kemacetan di Jalanan Raya

Terjebak kemacetan hanya akan membuat kualitas perjalanan terganggu. Semangat untuk melakukan perjalanan akan menurun. Bahkan, ada beberapa yang kehilangan fokus lantaran terlalu lama di dalam kendaraan.

Kemacetan ini sebenarnya bisa ditangani. Tapi membutuhkan waktu. Dan cara yang biasanya ditempuh oleh masyarakat adalah memanfaatkan jalan tikus untuk mencapai tujuan dengan tepat waktu.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemacetan di perkotaan. Salah satu penyebab utamanya adalah meledaknya pertumbuhan kendaraan. Besarnya jumlah kendaraan ini tidak diimbangi dengan perluasan jalan yang memadai.

Perlu diingat bahwa hampir setiap tahun produsen kendaraan merilis kendaraan baru. Entah itu kendaraan roda dua ataupun empat. Parahnya, masyarakat tertarik untuk memilikinya, meskipun telah memiliki satu unit kendaraan.

Contoh paling sederhana di masyarakat adalah satu keluarga bisa saja memiliki kendaraan sendiri-sendiri. Kebutuhan berbeda membuat masing-masing anggota menggunakannya di tiap harinya. Ada yang digunakan untuk bekerja, ada juga yang digunakan untuk pergi ke sekolah.

Masalahnya, perkotaan identik dengan kepadatan penduduk. Jika masing-masing penduduk menggunakan kendaraan sendiri-sendiri, sudah pasti pembangunan jalan tiap tahun masih tetap tidak bisa menampungnya. Dan kondisi ini terjadi sudah terjadi selama puluhan tahun.

Baca juga: Peraturan Lalu Lintas Baru yang Perlu Anda Ketahui

Akibat Dari Macetnya Jalan Raya

Kemacetan lalu lintas ini bisa menimbulkan sejumlah masalah. Masalah ini tentunya memengaruhi kualitas dari masyarakat itu sendiri. Dan ini harusnya dihindari.

Salah satu akibat yang ditimbulkan dari kemacetan adalah menurunnya produktivitas ekonomi. Pertumbuhan ekonomi akan terganggu. Menyebabkan banyak masalah pada orang-orang yang terlibat.

Hal ini sangat beralasan sekali. Kemacetan akan membuat orang-orang yang bekerja kehilangan banyak waktu di perjalanan. Hilangnya waktu menandakan adanya banyak hal yang terlewatkan dalam pekerjaan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kemacetan ini membuat negara rugi sampai triliyunan rupiah per tahun. Kerugian ini didapatkan dari menurunnya produktivitas pekerjaan. Dan ini terus berlangsung lantaran kemacetan masih terus terjadi.

Tidak hanya itu saja, kemacetan juga menimbulkan masalah pada kesehatan seseorang. Lamanya perjalanan membuat seseorang mengalami penurunan stamina. Fokus menurun, dan tak jarang mengalami tekanan yang membuat kualitas hidup seseorang terganggu.

aplikasi jalan tikus

Solusi: Gunakan Jalan Tikus untuk Memecah Kemacetan

Bagi para pekerja, tentunya bekerja secara maksimal akan dilakukan. Salah satunya adalah datang ke kantor dengan tepat waktu. Masalahnya, hal ini sulit dilakukan jika terjebak kemacetan.

Beruntungnya, para pekerja bisa memanfaatkan jalur alternatif yang ada di perkotaan. Jalan pintas ini menjadi solusi terbaik di kala jalanan dipenuhi oleh ribuan kendaraan tiap harinya. Apalagi pada jam-jam kerja.

Meskipun begitu, masyarakat harus memahami karakter jalanan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jalanan kecil yang harus dilewati. Jika tidak memahami jalanan, sudah pasti masyarakat akan kesulitan.

Untungnya, masyarakat berada di era digital. Ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memahami karakter jalan pintas di perkotaan. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengarahkan pengendara dalam menghindari kemacetan di jalanan.

Seseorang cukup menginstal aplikasi penunjuk jalan. Kemudian dari balik layar smartphone, seseorang bisa langsung memanfaatkannya. Yakni mengikuti arahan yang tertera dalam aplikasi tersebut.

Baca juga: Yuk, Kenali Jenis-Jenis Rambu Lalu Lintas di Indonesia

Solusi Tambahan untuk Menangani Kemacetan

Selain menggunakan jalan tikus, tentunya harus ada pembenahan lain yang dilakukan. Pembenahan ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan utama di perkotaan. Dan keterlibatan pemerintah sangat diperlukan.

Ada beberapa solusi yang sebenarnya sudah dan sebaiknya dilakukan pemerintah. Yakni untuk menangani kemacetan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Menyadarkan Masyarakat Akan Transportasi Umum

Pemerintah sebenarnya telah melakukan segala cara untuk menangani kemacetan. Salah satunya adalah dengan melebarkan jalan. Namun solusi ini tampaknya belum mampu membuat isu kemacetan hilang.

Cara lain digunakan dengan membangun MRT. Pemerintah membuat sebuah mode transportasi cepat yang ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat. Moda transportasi ini dipandang sebagai solusi terbaik untuk mendampingi jalur alternatif.

Setelah dibuat, pemerintah hanya perlu membujuk masyarakat untuk menggunakan layanan transportasi tersebut. Tentunya dengan memberikan contoh terlebih dahulu. Ketika masyarakat telah berbondong-bondong untuk menggunakan transportasi tersebut, kemacetan di jalanan setidaknya bisa berkurang.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Terbaru di Kota Jakarta

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Membatasi Pertumbuhan Kendaraan di Perkotaan

Selain meminta masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, ada hal yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah. Tetapi, hal ini perlu dikaji dengan baik. Jika tidak, cara ini bisa menimbulkan masalah ekonomi.

Salah satu caranya adalah membatasi pertumbuhan kendaraan. Perlu diingat bahwa kemacetan ini terjadi lantaran banyaknya kendaraan yang mengaspal di jalanan. Dan kendaraan ini terus dirilis dan diperjualbelikan dengan cara yang mudah.

Mudahnya dalam membeli kendaraan membuat masyarakat tertarik untuk membelinya. Meskipun telah memiliki cukup banyak kendaraan, nyatanya gaya hidup memaksa seseorang untuk membelinya.

Melihat gaya hidup masyarakat, tentunya pemerintah harusnya memperhatikan dengan seksama. Ada kalanya melakukan pembatasan dalam urusan penjualan kendaraan.

Nah, sejauh ini kemacetan di jalan raya masih sangat tinggi. Beberapa solusi yang dibuat masih belum bisa mengurangi isu tersebut. Dan cara terbaik untuk menghindari kemacetan adalah berkendara menyusuri jalan tikus.

Comments are closed.