Tips Jitu Merawat Jok Elektrik Mobil Agar Tetap Awet

Berita

Meski jarang mengalami kerusakan perawatan pada jok elektrik mobil tetap wajib dilakukan. Umumnya biaya perawatan jok elektrik bisa mencapai Rp 10 Jutaan. Penggantian jok elektrik idealnya dilakukan setiap lima tahun sekali.

Penggunaan jok elektrik mobil kini sudah jamak dilakukan. Jok elektrik adalah jok dengan pengaturan elektrik yang biasanya dipasang pada jok pengemudi dan penumpang depan. Jok elektrik kini lebih diminati karena punya usia lebih panjang dibanding jok konvensional alias lebih awet dan minim kerusakan. Tapi bukan berarti tidak akan mengalami kerusakan sama sekali.

Baca juga: Memilih Warna Jok Mobil yang Tepat Membuat Kabin Terlihat Elegan

Karena itu perawatan yang konsisten perlu dilakukan, terlebih jika jok elektrik mobil yang dimiliki berasal dari pabrikan Jepang dan Eropa yang dikenal mahal karena menggunakan bahan premium.

Biaya Kerusakan Jok Elektrik Mahal

Menurut para ahli setidaknya jok elektrik mobil akan mulai berkurang fungsinya saat memasuki tahun ke-5 penggunaan. Sayangnya pula banyak pemilik mobil yang tidak paham bagaimana penggunaan dan perawatan jok elektrik yang benar. Bahkan mereka sering tidak sadar bahwa jok telah mengalami kerusakan minor.

merawat jok elektrik mobil

Selain karena pemaikaian yang salah, kebersihan juga menjadi factor lain yang menyebabkan jok rusak. Misalnya, remah makanan yang menumpuk pada jok dan tidak dibersihkan ini bisa menjadi sarang serangga yang merusak jok elektrik. Sementara perbaikan untuk jenis jok elektrik ini juga mahal.

Harga perbaikan untuk setiap komponen jok ini berbeda ditiap merek. Rata-rata untuk mobil merek Jepang dan Korea, biaya perbaikan berkisar Rp 200-500 ribu. Sedangkan harga komponen berkisar dari Rp200 ribu sampai Rp1 jutaan. Sedangkan untuk mobil buatan Eropa, biaya ongkos pengecekan jok elektrik berkisar dari Rp500 ribu sampai lebih dari Rp2 juta. Sementara harga spare parts dibanderol antara Rp 2 juta hingga Rp 10 juta, tergantung jenis dan merek mobilnya.

Trik Merawat Jok Elektrik

Jok elektrik kian jadi primadona, sayangnya belum tersedia gerai resminya di Indonesia. Namun kita masih bisa memesannya secara online. Kebanyakan orang Indonesia memilih beli jok listrik bekas pakai dari Singapura. Negara Singa ini ternyata punya banyak model jok yang dibutuhkan setiap jenis mobil.

Namun jika ingin mengganti jok manual Anda, dana yang perlu disiapkan tidaklah sedikit. Misalnya, untuk harga beli jok bekasnya saja bisa menjadi Rp 5 Juta dengan biaya pasang mencapai Rp 2 Juta. Selain itu usia pemakaian jok yang tidak sebentar kadang berpengaruh pada usia atau keawetannya.

Karena itu ketika membeli secara online, ada resiko yang lebih besar karena jok bisa saja sampai sudah dalam keadaan rusak parah. Sedangkan proses perbaikan juga memakan dana tidak sedikit. Usia jok akan berpengaruh pada efektifitas dan kemudahan pemakaian. Setidaknya, jika ingin beli jok model listrik bekas ini, pilihlah yang penggunaannya dibawah lima tahun. Usia jok mobil ini akan berpengaruh ke komponennya, ke sistem kelistrikannya juga. Semakin tua (usia jok) makin rentan rusak komponennya

Merawat jok elektrik susah-susah gampang, yang jelas tidak sesulit jok manual. Terpenting adalah selalu menjaga kebersihan mobil. Namun setidaknya ada dua cara yang direkomendasikan untuk merawat jok elektrik pada mobil:

  • jika ingin mengatur jok, waktu yang tepat adalah saat kendaraan berhenti. Hal ini bertujuan agar tak terjadi malfungsi antar komponen listrik lain dan lebih aman juga dalam berkendara.
  • Remah makanan, debu, dan kotoran lain juga bisa jadi salah satu penyebab electric seat rusak. Bersihkan debu dan remah kotoran dengan silicone spray yang banyak dijual di toko otomotif, caranya cukup pakai sikat dan semprot di sela-sela tombol. Kemudian gunakan semprotan angina untuk mengeringkannya.

4 Pilihan Pelapis Jok Mobil

Alasan orang-orang lebih memilih jok elektrik adalah pengunaannya yang mudah dan juga kenyamanan. Namun tidak semua orang beruntung dapat memilik jok dengan peroperasian listrik ini karena harganya sangat mahal dan belum ada gerai resminya di Indonesia. Namun ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat dudukan jadi lebih nyaman. Yakni mengganti pelapis jok mobil.

Baca juga: Gunakan Sabuk Pengaman Untuk Keselamatan

Pelapis jok mobil adalah bagian terluar dari jok. Terbuat dari berbagai bahan berbeda sesuai pilihan produsen mobil. Tapi, seringkali kulit jok keluaran pabrikan tidak sesuai ekspektasi pelanggan, dan mendorong mereka melakukan modifikasi berupa penggantikan pelapis jok mobil. Jika Anda memutuskan melakukan hal serupa sebaiknya pertimbangkan dulu berbagai bahan untuk pelapis jok mobil, yakni:

Kulit

Bahan kulit asli sering menjadi incaran pembeli karena dianggap punya kualitas paling baik. Pasalnyam material ini selain memperlihatkan kesan mewah dan elegan pada mobil, juga mampu menghadirkan kenyamanan. Karakter jok yang terbuat dari kulit asli ini lembut dan nyaman saat kita duduki.

membersihkan jok elektrik mobil

Tapi karena banyak diburu harganyapun terbilang mahal diatas standar jok biasa, belum lagi perawatannya juga khusus, harus dilakukan oleh ahlinya. Bahkan pembersihan yang terlalu sering dapat meningkatkan resiko kerusakan pada kulit jok.

Semi-kulit

Kalau budget Anda terbatas untuk beli jok berbahan kulit asli, ada alternative lain yang mendekati dalam factor kenyamanannya yakni jok berbahan semi-kulit. Apa yang menjadikan jok berbahan semi-kulit ini jadi buruan? Yakni karena jok ini tidak menyerap panas terutama sama mobil diparkir di areal terbuka.

Sehingga saat mobil kita tingglkan disiang hari dan di aera terbuka, jok tetap nyaman digunakan atau langsung bisa diduduki sesaat setelah pintu mobil dibuka. Namun jangan berharap tingkat kenyamananya sama dengan jok berbahan kulit asli. Karena harganya berada dibawah jok kulit, jok model semu kulit ini jamak dipakai mobil-mobil pabrikan di Indonesia.

Keuntungan lain yang akan Anda rasakan adalah jok ini minim perawatan. Sehingga tak perlu sering-sering mengganti jok atau membawanya ke bengkel.

Nilon

Kenyamanan nilon nyaris sama dengan kulit asli. Tapi, punya bahan dasar lebih kuat sehingga membuatnya lebih tahan lama namun dibanderol dengan harga lebih miring. Hampir semua pabrikan mobil di Indonesia menggunakan nilon sebagai pelapis jok mobil mereka.

Biarpun hampir menyerupai jok dari kulit asli, bukan berari bahan Nilon ini tanpa cacat karena jok berbahan nilon ternyata berpori pori lebar. Imbasnya adalah jok lebih mudah kotor dan memaksa pemilik harus melakukan perawatan lebih sering jika tak ingin jok mobilnya menjadi sarang kotoran dan binatang.

Vinyl

tip merawat jok elektrik mobil

Bahan vinyl tergolong low-maintenance dan cara pembersihannya juga mudah karena bisa dilakukan sendiri. Harganya juga paling murah diantara bahan jok yang lain. Namun bahan ini sangat cepat menyerap panas sehingga sangat menyiksa ketika mobil harus terparkir di area terbuka yang terkena langsung terik matahari.

Baca juga: 5 Cara Terbaik Merawat Jok Mobil Kulit

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.